13 Cara Memperbaiki Sidik Jari Tidak Berfungsi Di Android Dan Iphone

Smartphone menyediakan banyak teknik otentikasi untuk melindungi perangkat kamu dari pelanggaran privasi. Metode otentikasi telah berkembang sedemikian rupa sehingga saat ini kamu dapat mengunci atau membuka kunci perangkat hanya dengan menggunakan sidik jari kamu. kamu tidak perlu mengingat dan enter PIN, kata sandi, atau pola apa pun setiap kali kamu membuka kunci ponsel.

Ini membuat frustrasi ketika kamu melihat alat yang berguna seperti itu tidak berfungsi! Mungkin ada berbagai penyebab mengapa sensor sidik jari kamu tidak berfungsi. Memecahkan masalah ini bukanlah masalah besar. kamu dapat mulai memperbaiki masalah dengan sesuatu yang sederhana seperti membersihkan jari kamu hingga menyetel ulang perangkat kamu.

Artikel ini akan membahas berbagai perbaikan yang dapat kamu terapkan ketika sensor sidik jari kamu tidak berfungsi.

Cara Memperbaiki Sidik Jari Tidak Berfungsi

Sensor sidik jari terkadang tidak dapat merespons, merespons dengan lambat, atau malfungsi. Perangkat kamu mungkin juga menampilkan “Terjadi kesalahan dengan sensor sidik jari” kesalahan ketika ada masalah. Ini bisa menjadi kesalahan kamu, atau mungkin ada masalah dengan perangkat lunak/perangkat keras itu sendiri.

Apa pun penyebabnya, Aku akan memandu kamu melalui daftar perbaikan yang dapat kamu terapkan untuk memperbaikinya. Mari selami langsung!

Jadikan Jari kamu Bersih

Membersihkan jari kamu adalah perbaikan pertama yang harus kamu coba. Tangan adalah bagian tubuh yang paling mudah bergerak, dan tangan adalah yang paling cepat menangkap kotoran dan noda.

Jari kamu harus bersih sebelum dapat menggunakan sensor sidik jari. Mencuci tangan dan mengeringkannya dapat membantu mengatasi problem. Jika tidak, coba bersihkan tangan kamu dengan tisu. Tangan yang terlalu kering, terlalu basah, atau berminyak juga buruk untuk sensor sidik jari. Jaga kelembapan tangan kamu.

Tip: kamu dapat menambahkan sidik jari tambahan dari pengaturan sidik jari kamu. Sebagian besar perangkat memungkinkan kamu menambahkan antara 3 hingga 5 sidik jari. Ini akan memudahkan kamu menggunakan jari alternatif jika hanya satu atau dua jari kamu yang kotor.

Tempatkan Jari kamu dengan Benar pada Sensor

Setelah tangan kamu bersih, segala sesuatunya masih bisa salah. kamu mungkin melepaskan jari kamu terlalu cepat dari sensor atau salah meletakkannya. Tempatkan ujung jari kamu sedemikian rupa sehingga seluruh sensor tertutup. Jangan terburu-buru melepas jari kamu.

Tip: kamu dapat mengatur metode otentikasi alternatif jika kamu tidak dapat menggunakan sidik jari kamu. kamu dapat menggunakan kata sandi, PIN, atau kunci pola sebagai alternatif.

Bersihkan Sensornya

Bahkan sensor dapat menangkap kotoran dan partikel asing lainnya. Karena kamu menangani elektronik, kamu harus sangat berhati-hati saat membersihkan sensor. Jangan pernah mencoba membersihkannya dengan kain basah atau cairan lainnya. kamu mungkin akhirnya merusaknya.

Ambil selembar kain kering atau kapas. Jalankan dengan lembut di atas sensor, dan itu harus menyelesaikan masalah kamu problem. Namun, jika kamu memiliki sensor sidik jari dalam layar, kamu dapat membersihkannya dengan kain yang dilembabkan menggunakan alkohol isopropil.

Tingkatkan Sensitivitas Sentuh

Sebagian besar perangkat sekarang hadir dengan sensor sidik jari dalam layar. Jika kamu menggunakan pelindung layar, ini dapat menurunkan kemampuan pengenalan sidik jari pada sensor. Untuk mengatasi masalah ini, kamu dapat meningkatkan sensitivitas sentuh layar kamu. Untuk ini kamu bisa follow langkah-langkah ini:

  1. Buka ponsel kamu Pengaturan
  2. Pilih Menampilkan
  3. Aktifkan Sensitivitas Sentuh.
    sensitivitas sentuhan

kamu dapat melihat perbedaannya setelah kamu mengaktifkan ini.

Lepaskan Kaca Tempered/Pelindung layar

kaca tempered

Jika kamu memiliki pemindai sidik jari dalam layar, pelindung layar terkadang dapat mengganggu sensor sidik jari dan menyebabkan masalah. Pastikan pelindung terpasang dengan benar. Demikian juga, layar kamu mungkin tidak mendukung jenis pelindung tertentu. Dalam hal ini, kamu harus menghapus atau menggantinya dengan yang baru.

Lepaskan Casing Ponsel

casing ponsel

Jika perangkat kamu memiliki sensor sidik jari yang dipasang di belakang atau di samping, casing ponsel kamu mungkin menyebabkan masalah. Jika casing tidak muat di perangkat kamu, casing akan menutupi pinggiran sensor, mencegahnya mengenali sidik jari secara efektif. Periksa dan jika demikian, pastikan kamu menggunakan penutup telepon yang pas dengan perangkat kamu.

Periksa apakah Layar kamu Rusak atau Tergores

Periksa-jika-Layar-Anda-Rusak-atau-Tergores

Perangkat dengan pemindai sidik jari dalam layar lebih rentan terhadap kerusakan. Layar sentuh yang tidak berfungsi atau layar tergores tidak dapat membaca sidik jari dengan benar. Periksa apakah layar rusak kamu yang menyebabkan masalah.

Mulai ulang Perangkat

Restart perangkat memecahkan problem sebagian besar waktu. Ini membantu memecahkan masalah seperti bug dalam perangkat lunak, dan gangguan sementara, dan menyegarkan proses dengan masalah di driver sidik jari kamu. Cobalah.

Tambahkan kembali Sidik Jari

Terkadang kamu mungkin mengalami cedera atau memar di jari kamu. Dalam kasus seperti itu, sensor mungkin tidak mengenali sidik jari. Coba sidik jari lain jika kamu telah menambahkannya, atau gunakan kata sandi/PIN untuk membuka kunci perangkat kamu dan menambahkan sidik jari lain untuk kenyamanan kamu. Untuk ini follow langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka ponsel kamu Pengaturan
  2. Ketuk Biometrik dan Security > sidik jari
    biometrik dan security sidik jari
  3. Enter sandi atau PIN kamu saat ini.
  4. Ketuk Tambahkan Sidik Jari
    tambahkan sidik jari

kamu juga dapat memeriksa sidik jari yang ditambahkan untuk melihat apakah sensor mengenalinya dengan benar atau tidak.

Perbarui Perangkat Lunak kamu

Setiap Updates yang tertunda pada perangkat kamu dapat menyebabkan masalah dengan sensor sidik jari. Mungkin ada Updates yang tersedia untuk driver sidik jari dalam Updates perangkat lunak. Jika bug terkait perangkat lunak yang menyebabkan masalah, Updates akan membantu.

Bersihkan Partisi Cache kamu

Mungkin juga file sementara atau sisa pada perangkat kamu dapat mengganggu sensor sidik jari kamu. kamu dapat menghapus partisi cache kamu dan melihat apakah itu berfungsi. Follow langkah-langkah ini untuk menghapus partisi cache pada perangkat kamu:

  1. Matikan perangkat kamu.
  2. Boot ke mode pemulihan sistem (Biasanya dilakukan dengan menekan tombol Volume Naik+Kunci samping di sebagian besar perangkat Android. Jika tidak, kamu harus menemukannya.)
  3. Navigasi ke hapus partisi cache pilihan dan pilih.
    hapus partisi cache

Ini akan menghapus data yang di-cache, jika ada, dan memulai ulang perangkat kamu. Periksa apakah itu berfungsi.

Setel Ulang Perangkat kamu

Ini adalah perbaikan perangkat lunak terakhir yang dapat kamu terapkan jika salah satu perbaikan di atas tidak berfungsi. Menyetel ulang akan mengembalikan pengaturan pabrik pada perangkat kamu, dan sidik jari kamu akan kembali berfungsi jika masalah terkait perangkat lunak yang menyebabkannya. Jangan lupa untuk menyimpan cadangan file kamu sebelum mengatur ulang perangkat kamu. kamu dapat menggunakan kartu SD eksternal atau komputer untuk itu.

Untuk menyetel ulang perangkat kamu,

  1. Pergi ke Pengaturan
  2. Ketuk Manajemen umum > Mengatur ulang
  3. Pilih Reset data pabrikreset data pabrik
  4. Ketuk Mengatur ulang.

Setelah ponsel kamu berhasil reboot, tambahkan sidik jari dan lihat apakah itu berfungsi.

Perbaiki Sensor Sidik Jari kamu

Jika salah satu perbaikan yang disebutkan di atas tidak berhasil, sensor sidik jari kamu mungkin memiliki masalah perangkat keras. Silakan bawa ke pusat perbaikan resmi dan perbaiki. Jangan mencoba memperbaikinya sendiri jika kamu tidak tahu banyak tentang perangkat kerasnya. Jika kamu masih dalam masa garansi perangkat, kamu dapat memperbaikinya secara gratis.

Itulah Sidik Jari Tidak Berfungsi Di Android Dan Iphone? 13 Cara Untuk Memperbaikinya, semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar