Cara Memperbaiki Laptop Terus Mati

Apakah kamu dalam situasi di mana kamu bekerja, dan laptop kamu mati secara tiba-tiba? Situasi seperti itu bisa sangat menjengkelkan karena kamu terus kehilangan pekerjaan. Lebih buruk ketika kamu tidak tahu apa penyebabnya problem.

Tapi jangan khawatir, kami mencoba yang terbaik untuk memberi kamu penyebab dan perbaikan yang paling mungkin untuk masalah yang mengganggu kamu. Jadi mari kita lompat ke depan dan cari tahu cara memperbaiki laptop kamu yang terus mati secara acak.

Cara Memperbaiki Laptop Terus Mati

Ada berbagai alasan mengapa laptop kamu bertindak sedemikian rupa. Beberapa penyebab paling umum termasuk penyimpanan penuh, laptop terlalu panas, kerusakan baterai CMOS, atau baterai rusak.

Beberapa perbaikan yang tercantum di bawah ini mudah dilakukan, sementara beberapa mungkin perlu kamu menghubungi profesional untuk mendapatkan bantuan.

Periksa Apakah Laptop kamu Terlalu Panas

Salah satu alasan utama laptop mati secara acak, terutama saat digunakan berat, adalah saat terlalu panas. Laptop memiliki mekanisme fail-safe yang mati dengan sendirinya jika komponen menjadi sedikit panas.

Jika laptop kamu sangat panas, meskipun kamu dapat mendengar kipas bekerja dengan kecepatan maksimum, kamu dapat memilih untuk membersihkan ventilasi dan kipas untuk memastikan tidak ada yang menghalangi aliran udara. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan sekaleng udara bertekanan. Tetapi jika hal-hal tampak di luar kendali kamu, kamu dapat menjatuhkan laptop kamu untuk perawatan rutin.

Namun, jika kamu tidak mendengar atau merasakan kipas kamu sama sekali, disarankan untuk membawanya ke profesional dan meminta mereka memperbaiki kipas.

Periksa Kesehatan Baterai

baterai laptop

Baterai yang rusak dapat menyebabkan laptop mati secara acak dalam banyak kasus. Jadi, yang terbaik adalah memantau baterai kamu saat menggunakannya. Jika baterai kamu tidak bertahan lama atau persentasenya turun tiba-tiba, itu berarti baterai dapat menyebabkan laptop kamu mati secara acak.

kamu bisa mendapatkan baterai pengganti, dan semoga dapat mengatasi masalah kamu problem.

Alasan lain baterai mungkin bertindak adalah jika kamu memiliki kabel daya yang rusak. Kabel mungkin tidak mengisi daya baterai kamu dengan benar, atau sambungannya mungkin longgar di suatu tempat. Oleh karena itu, disarankan untuk memeriksa kemungkinan seperti itu juga.

Memperbarui Windows dan Pengemudi

Pernah bertanya-tanya mengapa kita harus terus memperbarui Windows sekarang dan nanti? Jawabannya adalah untuk membantu laptop kita berjalan dengan efisien. Terkadang, OS kamu mungkin lag atau crash secara acak jika kamu belum menginstal Updates terbaru.

Jika demikian halnya dengan kamu, kamu dapat mencoba langkah-langkah berikut untuk memastikan Windows memiliki Updates terbaru yang diinstal. Updates ini mencakup semua driver sistem yang diperlukan untuk sebagian besar perangkat keras juga.

  1. Pergi ke Mencariketik Windows Perbarui Pengaturandan pukul Enter.
  2. Klik pada Periksa Updates tombol.periksa-untuk-pembaruan
  3. Windows akan secara otomatis mencari, mengunduh, dan menginstal Updates terbaru pada OS dan driver kamu.
  4. Mulai ulang PC kamu.

Demikian juga, kamu juga dapat memperbarui driver secara manual untuk perangkat kamu menggunakan Pengelola Perangkat.

  1. Klik kanan pada menu Mulai dan pilih Pengaturan perangkat.
  2. Perluas setiap bagian perangkat keras seperti Adaptor tampilan, baterai, monitordll.
  3. Klik kanan pada komponen dan pilih perbarui driver.update-grafis-driver
  4. Pilih Periksa driver secara otomatis di sembulan window yang mengikuti.

Sebaiknya diingat bahwa memperbarui driver secara manual dapat memakan waktu cukup lama. Sejak Windows Updates juga mengunduh driver untuk semua komponen perangkat keras penting seperti monitor, penyimpanan, dll., kamu hanya dapat memperbarui komponen tertentu.

Komponen tersebut termasuk Adaptor Tampilan, Kamera, Bluetooth, Suara, pengontrol video dan game, dan pengontrol USB.

Matikan Startup Cepat

Beberapa pengguna melaporkan bahwa mematikan startup cepat menghentikan laptop mereka dari mati secara acak. kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mematikan fitur tersebut.

  1. Membuka Panel kendali melalui Pencarian.
  2. temukan Opsi Daya dan buka. Jika kamu tidak menemukannya, tekan tombol panah di sebelah Panel Kontrol di bilah alamat dan pilih Semua Item Panel Kontrol.
  3. Pilih Pilih fungsi tombol daya.pilih-apa-tombol-daya-lakukan
  4. Tekan Ubah pengaturan yang saat ini tidak tersedia untuk mengubah pengaturan shutdown sebagai admin.
  5. Hapus centang Nyalakan Mulai cepat.hapus centang-nyalakan-cepat-startup
  6. tekan Simpan perubahan tombol.

Periksa Virus atau Malware

Kita tidak pernah tahu jenis ancaman apa yang menyerang sistem kita. Mungkin kasus yang sama dengan kamu, dan virus atau malware membuat laptop kamu mati secara acak. kamu dapat menggunakan perangkat lunak antivirus asli apa pun dari pasar, seperti Avast, AVG, atau Kaspersky. Yang terbaik adalah melakukan penelitian kamu dan mencari tahu mana yang cocok untuk kamu.

kamu juga bisa menggunakan Windows Security: bawaan security perangkat lunak yang disertakan dengan Windows. kamu mungkin tidak perlu membeli atau mengunduh yang baru dan menginstalnya jika ada Windows Keamanan karena itu juga melakukan pekerjaan dengan cukup baik.

  1. Pergi ke Mencariketik Windows Securitydan pukul Enter.
  2. Pilih Perlindungan virus & ancaman.
  3. Pergi ke Opsi pemindaianterletak di bawah Scan cepat tombol.opsi pemindaian
  4. Sekarang, pilih Memindai keseluruhan dan tekan tombol Memindai sekarang tombol untuk memastikan Windows Security memindai semua file kamu untuk antivirus.Memindai keseluruhan-windows-pembela
  5. Setelah proses selesai, telusuri kembali langkah kamu hingga langkah 3.
  6. Pilih Microsoft Defender Offline memindai. Ini memindai laptop kamu untuk perangkat lunak berbahaya yang sulit untuk dihapus.
  7. Milikmu sistem akan restart ketika kamu menekan tombol pindai sekarang dan tidak akan dapat digunakan sampai proses selesai.

Selain itu, yang terbaik adalah melihat apakah penyimpanan perangkat kamu penuh atau tidak. Ada sedikit kemungkinan laptop kamu terus mati karena kurangnya penyimpanan. Harap hapus file yang tidak perlu atau pindahkan file ke perangkat penyimpanan eksternal jika penyimpanan kamu penuh. kamu juga dapat memilih untuk menambah penyimpanan laptop jika memungkinkan.

Ganti Baterai CMOS kamu

baterai CMOS

Baterai CMOS adalah bagian penting dari laptop yang bertanggung jawab untuk menyimpan pengaturan BIOS. Jika baterai CMOS kamu mati atau tidak ada, sistem kamu berjalan pada pengaturan BIOS default. Jadi, jika kamu telah menginstal perangkat keras atau perangkat lunak baru di laptop kamu, BIOS mungkin tidak menyimpan informasi yang diperlukan untuk menjalankannya, sehingga laptop kamu mati secara acak.

Untuk mengetahui apakah baterai CMOS kamu berfungsi atau tidak, kamu dapat memeriksa pengaturan tanggal dan waktu sistem saat kamu menyalakannya lagi. Jika tanggal dan waktu tidak benar, itu berarti BIOS kamu mengatur ulang ke pengaturan default dan menampilkan waktu dan tanggal yang diatur pabrik.

kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengganti baterai CMOS kamu.

  1. Matikan laptopmu dan lepaskan semuanya, termasuk kabel daya.
  2. Lepaskan baterai jika dilepas. Jika tidak, lepaskan baterai setelah langkah 3.
  3. Buka panel bawah.
  4. Baterai CMOS (mirip dengan gambar di bawah) adalah biasanya terletak di sebelah hard disk; kamu dapat dengan mudah menemukannya di tempat lain. Mungkin ada pita listrik yang menutupinya dalam beberapa kasus.baterai CMOS
  5. Lepaskan baterai hati-hati agar kamu tidak merusak dudukan baterai atau motherboard.
  6. Pasang baterai baru di tempat, dengan tanda positif (+) menghadap ke atas. Pasang kembali selotip jika itu menutupi baterai.
  7. Hubungkan baterai jika tetap berada di dalam panel belakang. Kemudian, pasang kembali panel dan kencangkan sekrupnya.
  8. Tempatkan baterai utama di jika tidak terhubung, dan hidupkan laptop.
  9. Buka pengaturan BIOS kamu dengan menekan F2 (atau tombol lain tergantung pada pabrikan kamu.
  10. Atur tanggal dan waktu sistem. Simpan perubahan dan mulai ulang laptop kamu.ubah-sistem-tanggal-dan-waktu

Proses mengganti baterai CMOS di laptop, meskipun mudah, bisa sangat menakutkan jika kamu tidak ingin mengotak-atik perangkat keras atau memiliki sedikit pengetahuan tentangnya. kamu dapat membawanya ke profesional dan meminta mereka mengganti baterai jika kamu tidak ingin melakukannya sendiri.

Setel Ulang Laptop kamu

Jika baterai CMOS tidak menjadi masalah, OS kamu mungkin mogok, atau beberapa file sistem hilang. Cara terbaik untuk menghadapi hal seperti itu problem adalah dengan hard reset laptop kamu menggunakan USB bootable atau, jika kamu memiliki CD-Drive, boot disk.

kamu dapat mencolokkan USB yang dapat di-boot atau memasukkan disk, menunggu sistem kamu mengenali periferal, dan mengikuti petunjuk di layar.

Periksa Kerusakan Perangkat Keras

Mirip dengan masalah pemanasan yang disebabkan oleh kipas yang tidak berfungsi, komponen perangkat keras lainnya mungkin gagal beroperasi dengan benar, sehingga laptop mati secara acak. Bagian perangkat keras umum yang menyebabkan masalah, selain dari kipas pendingin, adalah:

  • Alat penyimpanan
  • RAM
  • Kurangnya atau terlalu banyak senyawa termal (hanya jika kamu baru saja melepas kipas prosesor)
  • Sirkuit pendek periferal (seperti port USB atau port daya)
  • Kartu grafik

Jika kamu menduga komponen perangkat keras ini tidak berfungsi, sebaiknya hubungi profesional atau pabrikan kamu dan jelaskan problem dan kekhawatiran. Jika kecurigaan kamu ternyata benar, kamu dapat memilih untuk mengubah bagian ini jika memungkinkan.

Tinggalkan komentar