Cara Memperbaiki Laptop HP Tidak Mau Hidup

Mungkin ada beberapa penyebab laptop HP kamu tidak mau hidup meski sudah menekan tombol power beberapa kali. Saat mem-boot laptop, itu bisa:

  • Tidak merespon sama sekali
  • Muat komponen dan segera matikan
  • Nyalakan keyboard, tetapi layar tidak merespons
  • Muat kipas laptop tetapi cepat panas

Ini bisa membuat frustasi tetapi itu mungkin tidak berarti bahwa sudah waktunya untuk membuang laptop kamu. Itu bisa saja kesalahan kecil yang membutuhkan perbaikan sederhana.

Cara Memperbaiki Laptop HP Tidak Mau Hidup

Sebelum beralih ke penyebab dan perbaikan masalah, yang terbaik adalah memahami bagaimana laptop kamu berperilaku. Laptop kamu mungkin tidak merespons tombol power, atau kamu hanya melihat layar hitam saat menyalakan laptop.

Jadi mari kita lihat cara memperbaiki masalah ini satu per satu:

Periksa Saluran Listrik yang Rusak

Jika laptop kamu tidak merespons tombol daya, kemungkinan kamu mengalami masalah dengan kabel listrik. Cara terbaik adalah untuk melihat apakah kabel laptop kamu rusak atau terbelah. Bata daya kamu mungkin memiliki indikator kecil yang menyala jika kamu menyambungkannya dengan benar. Jika indikator mati, kamu mungkin ingin mengganti kabel kamu.

kamu juga dapat memeriksa apakah soket listrik kamu memasang kabel kamu memiliki daya. Tetapi jika semuanya terlihat baik-baik saja dan kabel daya laptop kamu tampaknya tidak bermasalah, kamu dapat mencoba mencabut baterai kamu (untuk laptop dengan baterai yang dapat dilepas).

Setelah kamu melepas baterai, sambungkan laptop kamu ke kabel daya dan coba nyalakan. Jika ya, maka baterai kamu menyebabkan masalah dengan startup.

Namun, jika masih tidak menyala, yang terbaik adalah melanjutkan ke langkah berikutnya.

Hapus Semua Perangkat Eksternal

hapus-perangkat-eksternal

Ada kasus di mana perangkat eksternal seperti USB, mouse eksternal, keyboard, dll., mengganggu laptop kamu dan menghentikannya untuk menyala. kamu dapat mencoba menghapus semuanya dan coba lagi. kamu dapat menyambungkan perangkat lagi setelah laptop kamu boot jika menyala. kamu kemudian dapat memecahkan masalah perangkat tersebut dan mencari tahu mengapa mereka menyebabkan masalah.

Hard Reset Laptop kamu

Ada proses mudah untuk mengatur ulang laptop kamu yang bekerja seperti sulap bagi kebanyakan orang yang menghadapi hal yang sama problem. kamu juga dapat mencoba mengatur ulang dengan keras menggunakan langkah-langkah berikut dan memeriksa apakah itu berhasil untuk kamu.

  1. Memutuskan kabel daya dari laptop kamu.
  2. Lepaskan baterai. Jika laptop kamu tidak memiliki baterai eksternal, kamu mungkin harus membuka casing bawah untuk melepaskannya.
  3. Memastikan tidak ada periferal tambahan tetap terhubung ke laptop kamu.
  4. Tahan tombol daya selama 30 detik.
  5. Pasang kembali baterai dalam dan kabel listrik.
  6. Coba nyalakan laptop kamu.

Periksa Apakah Ada Perangkat Keras yang Tidak Berfungsi

pembersih-kipas

Kerusakan perangkat keras juga dapat menjadi sumber dari problem. Misalnya, jika laptop kamu merespons tombol daya tetapi tidak menampilkan apa pun di layar, kamu dapat mencoba menghubungkan monitor lain. Jika monitor lain berfungsi, layar laptop kamu rusak. kamu kemudian dapat menggantinya atau memperbaikinya dengan bantuan seorang profesional.

Selain itu, jika laptop kamu memanas segera setelah kamu menekan tombol daya dan kemudian mati secara otomatis, kipas kamu mungkin tidak berfungsi. Kasing seperti itu juga tidak membuat laptop kamu menyala. Jadi, yang terbaik adalah membawa laptop kamu ke profesional dan mendiagnosisnya karena perangkat keras yang rusak dan mengubahnya.

    Ada kemungkinan baterai CMOS laptop kamu mati atau tidak berfungsi dengan baik. Biasanya, baterai CMOS memungkinkan laptop kamu menyimpan pengaturan BIOS dan informasi berguna lainnya di PC kamu.
    kamu dapat mencoba mengganti baterai CMOS dan menyalakan laptop. Jika berhasil, kamu tidak perlu khawatir tentang problem lagi.

Fresh Instal kamu Windows

Menginstal baru Windows di laptop kamu mungkin merupakan taruhan terbaik kamu jika laptop kamu menyala, tetapi kamu tidak dapat melewati layar hitam sejak awal. Menggunakan disk OS bisa menjadi yang paling bermanfaat saat BIOS kamu mogok karena PC mungkin perlu mengakses BIOS terlebih dahulu untuk membaca USB.

kamu juga dapat menggunakan USB yang dapat di-boot untuk fresh Install Windows di laptopmu. Namun, proses ini hanya berlaku jika laptop kamu merespons tombol daya.

Tindakan Pencegahan jika Laptop kamu Tidak Mau Hidup

Ini adalah beberapa proses yang dapat kamu coba untuk menyelesaikan masalah kamu. Sayangnya, jika tidak satu pun dari opsi ini berfungsi, itu bisa berarti sudah waktunya untuk mengucapkan selamat tinggal pada laptop kamu dan mendapatkan yang baru. Tapi hei, lihat sisi baiknya! kamu dapat mengambil tindakan pencegahan dengan laptop baru kamu untuk memastikan ini problem tidak pernah mengganggumu lagi.

kamu dapat mengingat daftar periksa di bawah ini untuk menjaga laptop kamu dalam kondisi baik agar kamu tidak mengalami masalah lagi:

  1. Memperbarui Windows dan Driver Sering: Yang terbaik adalah terus-menerus memeriksa Updates pada kamu Windows dan driver lain sehingga kamu tidak perlu khawatir OS atau perangkat keras kamu mogok.
  2. Perawatan Rutin: Laptop juga memiliki bagian mekanis seperti engsel dan kipas. Disarankan untuk melakukan perawatan dengan membersihkan kipas dan memastikan setiap perangkat keras bekerja secara efisien.
  3. Gunakan Perangkat Lunak Anti-malware dan Antivirus: Ada banyak malware mematikan di luar sana yang dapat membuat laptop kamu benar-benar tidak berguna. Jadi, kami menyarankan kamu menggunakan security perangkat lunak untuk melindungi PC kamu dari ancaman tersebut. kamu dapat menemukan banyak perangkat lunak yang bagus di pasar. Oleh karena itu, kamu dapat melakukan penelitian dan memilih salah satu yang paling cocok untuk kamu.

Semoga salah satu solusi yang disebutkan di atas berhasil untuk kamu, dan kamu tidak perlu repot mengganti laptop kamu.

Tinggalkan komentar