Kipas RGB Tidak Menyala? Coba Lakukan Ini

Gamer biasanya memasang kipas RGB untuk memberikan tampilan futuristik ke PC mereka. Namun, RGB pada kipas kamu diketahui berhenti bekerja setelah digunakan dalam waktu lama, membuat pengaturan kamu terasa tidak sinkron.

Selain itu, masalah dengan kabel internal, pengontrol RGB yang salah hanyalah beberapa alasan mengapa RGB pada kipas kamu tidak berfungsi.

Dalam artikel ini, kami telah membahas beberapa hal yang mungkin menyebabkan RGB pada kipas berhenti bekerja, beserta langkah-langkah yang diperlukan untuk memperbaikinya.

Mengapa Kipas RGB Aku Tidak Menyala?

Hal pertama yang harus kamu periksa ketika RGB pada kipas kamu tidak berfungsi adalah apakah motherboard mendukung RGB. Lampu RGB statis akan berfungsi pada motherboard apa pun, sedangkan lampu RGB Beralamat tidak akan berfungsi pada semua motherboard kecuali jika memiliki header RGB 5V 3-pin.

Selain motherboard yang tidak mendukung RGB, berikut adalah beberapa alasan umum lain mengapa RGB kipas tidak berfungsi.

  • Pengontrol RGB rusak
  • Motherboard tidak mendukung RGB
  • Kabel putus
  • PSU tidak memasok daya yang cukup
  • Konektor kipas RGB tidak terhubung ke header kipas yang benar pada motherboard
  • Kerusakan fisik

Bagaimana Memperbaiki jika Kipas RGB Tidak Menyala?

Hal pertama yang dapat kamu coba ketika RGB kipas kamu tidak berfungsi adalah me-restart komputer kamu. Terkadang, RGB kamu mungkin tidak mendapatkan daya yang cukup untuk menyala karena masalah manajemen daya. Jika memulai ulang tidak menyelesaikan masalah, coba solusi berikut.

Periksa apakah Motherboard Mendukung RGB

Jika kamu memulai sistem kamu untuk pertama kalinya dan melihat bahwa lampu ARGB (Addressable RGB) tidak menyala, itu mungkin karena motherboard. Beberapa motherboard lama mungkin tidak mendukung lampu RGB Beralamat.

Penggemar ARGB akan memiliki dua kabel yang perlu kamu sambungkan ke motherboard. Satu memberi daya pada kipas, dan yang lainnya memberi daya pada RGB. Kabel yang memberi daya pada RGB harus dihubungkan ke header 3-pin 5V RGB pada motherboard. Dan kabel yang memberi daya pada kipas dipasang di SYS_FAN.

Jadi ketika kamu mencolokkan kipas ARGB ke header SYS_FAN di motherboard, kipas mungkin berputar, tetapi lampu RGB tidak akan menyala.

Untuk memeriksa apakah motherboard kamu mendukung lampu ARGB, cari tulisan ADD_HEADER/ JRAINBOW. Jika kamu kesulitan menemukan tulisan ini, silakan merujuk ke manual pengguna motherboard.

Ubah Pengontrol RGB

pengontrol RGB

Kipas RGB statis menggunakan pengontrol untuk terhubung satu sama lain. Ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol kecepatan kipas dan warna RGB. Jika kamu memiliki pengontrol RGB statis yang rusak, itu dapat menghentikan kipas CPU atau RGB kamu.

Coba sambungkan kabel dari kipas RGB langsung ke motherboard untuk memeriksa apakah RGB menyala. Jika menyala, kamu mungkin ingin mengubah pengontrol kipas RGB. Jika tidak menyala, coba solusi lain untuk memperbaiki masalah.

Sambungkan kembali Kipas RGB

Terkadang kabel yang longgar mungkin menjadi alasan RGB pada kipas kamu berhenti bekerja. Coba lepas kabel yang menghubungkan kipas RGB ke motherboard.

Tergantung pada jenis kipas RGB, ada berbagai cara kamu dapat menghubungkannya ke motherboard. Oleh karena itu, saat melepas dan menyambungkan kembali kabel, pastikan kamu memasukkan kabel dengan benar.

Polaritas juga harus cocok saat menghubungkan konektor RGB ke motherboard. Jadi memasukkannya dengan cara yang salah dapat menyebabkan RGB tidak berfungsi.

Gunakan Header RGB yang Berbeda

kamu harus menghubungkan kabel ARGB pada kipas ke header 3-pin 5V pada motherboard. Jika header ini rusak, RGB pada kipas kamu tidak akan berfungsi.

Motherboard kamu mungkin memiliki beberapa header 3-pin 5V. Jika ya, coba sambungkan konektor ARGB ke header yang berbeda.

Namun, jika kamu memiliki kipas RGB statis, coba sambungkan ke header kipas sistem yang berbeda pada motherboard kamu.

Periksa Kawat Kipas Untuk Kerusakan

kabel rgb rusak

Di kipas RGB yang Dapat Dialamatkan, kamu mungkin telah memperhatikan dua kabel yang terhubung ke kipas. Periksa kabel yang terhubung ke 3-pin 5V RGB header pada motherboard kamu dari kerusakan.

Kabel putus atau kerusakan yang terlihat mungkin menjadi alasan RGB kipas kamu mungkin tidak berfungsi. Jika itu masalahnya, kamu mungkin perlu mengganti seluruh kipas RGB.

Periksa Catu Daya

cara-menghubungkan-catu daya-ke-motherboard

Masalah dengan PSU dapat menjadi alasan perangkat keras berhenti berfungsi. Kabel yang longgar dari catu daya, daya yang tidak mencukupi dari PSU, atau PSU yang lama dapat menyebabkan perangkat keras yang terhubung berhenti berfungsi.

Coba pasang kembali kabel 24-pin yang menghubungkan PSU ke motherboard. Jika ini tidak berhasil, gunakan PSU lain untuk memeriksa apakah RGB menyala.

Setel ulang BIOS

Cara Mengatur Ulang BIOS

kamu dapat mengontrol RPM (Rotasi Per Menit) kipas kamu menggunakan BIOS. Jika kamu baru saja mengubah RPM kipas melalui BIOS, RGB mungkin berhenti menyala. Coba kembalikan RPM ke pengaturan sebelumnya.

Jika kamu tidak mengetahui RPM default, kamu dapat mereset BIOS. Mengatur ulang BIOS akan mengembalikan semua pengaturan BIOS ke default.

Ganti Kipas Angin

cara menghubungkan kipas rgb ke motherboard

Terakhir, jika tidak ada yang berhasil, bisa jadi lampu LED pada kipas kamu rusak. Meskipun lampu LED pada kipas RGB jarang rusak, ada kemungkinan rusak. Selain itu, jika kipas RGB baru-baru ini mengalami kerusakan fisik yang parah, itu dapat menghentikan kerja RGB.

Coba ganti kipas RGB untuk memeriksa apakah itu memperbaiki masalah. Namun, pastikan kamu menghubungkan kipas RGB ke header yang tepat.

Tinggalkan komentar