Cara Memperbaiki Kartu Grafis HDMI Tidak Berfungsi

Saat menggunakan kartu grafis khusus, kalian harus mencolokkan monitor atau input langsung ke port HDMI pada kartu. Saat port tersebut tidak berfungsi, kalian mungkin tidak dapat menggunakan kartu grafis – yang merupakan problem jika itu satu-satunya port yang kalian butuhkan.

Untungnya, tidak semua masalah dengan port HDMI GPU berarti ada masalah perangkat keras. Terkadang kalian dapat memperbaikinya dengan sedikit pemecahan masalah perangkat lunak.

Apakah Aku Harus Menggunakan Port HDMI GPU?

kalian dapat menggunakan port apa pun yang terhubung ke kartu grafis kalian. Satu-satunya peringatan adalah kalian harus menggunakan salah satu port pada kartu grafis kalian, bukan input pada motherboard kalian. Itu mungkin melewati kartu grafis.

Jika kalian memiliki grafik terintegrasi, monitor kalian akan menampilkan grafik yang dihasilkan menggunakan kartu yang lebih lemah pada motherboard. kalian tidak akan mendapatkan kinerja yang sama seperti jika kalian menggunakan kartu grafis khusus.

Jika kalian memiliki kartu grafis khusus dan tidak ada grafis terintegrasi, kalian mungkin tidak akan melihat apa pun jika kalian mencolokkan kabel ke motherboard.

Jadi untuk mempersingkat cerita: kalian dapat menggunakan port apa pun yang kalian inginkan, tetapi port tersebut harus ada di kartu grafis. Karena jumlah port terbatas, memperbaiki masalah apa pun dengan HDMI adalah hal yang baik untuk dilakukan meskipun kalian tidak membutuhkannya segera.

kalian mungkin memerlukannya di masa mendatang karena beberapa tampilan hanya kompatibel dengan port tersebut.

Port Apa yang Ada di Kartu Grafis?

Port apa yang ada di GPU kalian bervariasi tergantung pada model yang kalian miliki? Periksa spesifikasi untuk kartu apa pun yang mungkin ingin kalian beli untuk melihat opsi apa yang ditawarkannya sebelum membeli.

Cara Memperbaiki Kartu Grafis HDMI Tidak Berfungsi

Mencoba beberapa kompatibilitas dan perbaikan perangkat lunak adalah cara terbaik untuk mulai memperbaiki koneksi HDMI kalian. kalian juga harus mempertimbangkan kabel fisik dan port itu sendiri jika tidak berfungsi.

Perbarui driver GPU kalian

Driver GPU yang kedaluwarsa dapat menyebabkan segala macam masalah yang tidak terduga. Bahkan mungkin menjadi penyebab koneksi HDMI tidak berfungsi. Menjaga driver kalian diperbarui secara teratur adalah cara terbaik untuk menjaga semua komponen komputer kalian bekerja dengan benar.

kalian memperbarui driver secara berbeda tergantung pada jenis GPU yang kalian gunakan. Misalnya, dengan NVIDIA:

  1. Luncurkan GeForce Experience untuk mengelola kartu grafis kalian. kalian bisa mendapatkannya secara online secara gratis jika kalian belum menginstalnya. Ini bagus untuk mengelola driver, pengaturan, dan berbagai informasi terkait game lainnya.
  2. Memilih Pengemudi tab di bagian atas window.
  3. Periksa untuk Updates driver atau klik Unduh jika sudah terdeteksi. Jika kalian tetap membukanya di latar belakang, Updates mungkin menemukan Updates tanpa kalian sadari dan kemudian memberi tahu kalian tentang Updates tersebut.unduh driver
  4. Memilih Instalasi Ekspres atau Kustom. Instalasi Ekspres mencakup semua yang ada dalam Updates. Kustom adalah yang terbaik jika kalian ingin memilih apa yang akan diinstal.
  5. Follow petunjuk untuk menyelesaikan Updates driver.

AMD menggunakan program yang berbeda untuk Updates driver.

  1. Meluncurkan Pengaturan AMD Radeon. kalian dapat menemukan ini di Windows menu pencarian jika perlu.
  2. Memilih Updates tab di bagian bawah window.
  3. Memilih untuk Periksa Updates, dan pilih Memperbarui sekarang dari menu tarik-turun.
  4. Memilih Melanjutkan, lalu klik Meningkatkan.
  5. Follow petunjuk untuk menginstal Updates kalian. Setelah selesai, kalian dapat menutup Pengaturan AMD Radeon.

Monitor atau layar kalian mungkin berkedip saat kalian memperbarui driver kartu grafis. Ini sepenuhnya normal. Jangan mencoba menggunakan komputer kalian untuk apa pun kecuali Updates sampai selesai.

Setelah selesai, periksa untuk memastikan Windows salinan diperbarui juga. Terakhir, periksa apakah Updates driver membuat port HDMI dapat digunakan.

Ubah Resolusi Layar kalian

Cara lain untuk membuat port HDMI mengenali bahwa itu terhubung ke layar adalah dengan menyesuaikan resolusi layar kalian. Sementara beberapa monitor yang lebih baru dapat memanfaatkan resolusi perubahan cepat dan menampilkan layar pada pengaturan yang berbeda, beberapa tidak. Dalam hal ini, mengubah ke resolusi asli mungkin membuatnya berfungsi.

  1. Klik Windows tombol untuk menampilkan menu mulai.
  2. Memilih Pengaturan ikon.pengaturan
  3. Memilih Sistem.
  4. Klik Menampilkan.
    menampilkan
  5. Pilih monitor yang kalian gunakan dengan port HDMI.
  6. Pilih resolusi tampilan asli dari menu tarik-turun.

Jika komputer tidak mendeteksi monitor, kalian mungkin harus menghubungkannya ke port lain untuk membuat perubahan.

Ubah Sumber Monitor

tombol monitor

Monitor kalian harus memiliki tombol di atasnya yang memungkinkan kalian menyesuaikan properti. Salah satunya adalah tombol input yang memungkinkan kalian memilih sumber apa yang ditampilkan monitor.

Layar tidak akan selalu terhubung secara otomatis ke HDMI. Temukan tombol sumber dan tekan untuk beralih di antara opsi yang berbeda. Berhenti ketika kalian menemukan sumber HDMI yang benar.

Jika ada beberapa port HDMI di monitor kalian, lihat apakah port tersebut diberi label. Itu mungkin membantu kalian mencari tahu ke mana harus beralih.

Periksa Penempatan Daya kalian

GPU kalian memerlukan koneksi yang tepat untuk mendapatkan daya jika kalian ingin bekerja dengan benar. Tanpa catu daya yang stabil, ini mungkin tampak berfungsi. Kipas mungkin berputar, dan GPU mungkin tampak berfungsi. Namun, berkurangnya daya yang diterimanya dapat memengaruhi kinerjanya dengan cara lain.

Periksa kabel kalian. Beberapa kartu grafis memerlukan dua sambungan daya terpisah. Jika kalian hanya memiliki satu yang terpasang, colokkan yang lain. Pastikan kalian menggunakan kabel yang tepat.

Jika menurut kalian kurangnya daya menyebabkan masalah GPU, kalian mungkin juga perlu memecahkan masalah PSU kalian.

Cabut Setiap Koneksi Dari Motherboard

Coba cabut lalu sambungkan kembali GPU kalian dengan motherboard. Selain itu, lepas semua perangkat yang terhubung ke bagian belakang motherboard, terutama layar lainnya.

Setelah selesai, pasang kembali monitor ke GPU kalian dan mulai ulang seluruh sistem.

Matikan Startup Cepat

Startup cepat sangat baik untuk menyalakan komputer kalian sedikit lebih cepat, tetapi dapat memiliki efek samping yang tidak diinginkan dan mencegah bagian lain bekerja. Coba nonaktifkan untuk melihat apakah port HDMI kalian mulai berfungsi.

  1. tekan Windows kunci.
  2. Jenis Pengaturan Daya dan Tidur.
  3. Klik aplikasi yang sesuai untuk meluncurkannya.
  4. Klik Pengaturan Daya Tambahan.pengaturan daya tambahan
  5. Klik Pilih Apa yang Dilakukan Tombol Daya.
  6. Klik “Ubah pengaturan yang saat ini tidak tersedia” jika opsi Fast Startup berwarna abu-abu.
  7. Hapus centang Nyalakan Startup Cepat.
  8. Klik Simpan perubahan.Cara Memperbaiki Kartu Grafis HDMI Tidak Berfungsi
  9. Nyalakan kembali komputer kalian dan periksa untuk melihat apakah HDMI berfungsi kembali.

Jika masih tidak berhasil, kalian dapat mengulangi proses untuk mengaktifkan kembali Fast Startup, jika kalian mau.

Bersihkan Segalanya

Terkadang membersihkan build kalian dapat membantu memperbaiki masalah dengan koneksi HDMI GPU. Pengguna telah menemukan bahwa kurangnya respons dari port HDMI GPU dapat dikaitkan dengan berbagai masalah khusus, termasuk:

  • Soket CPU tidak sepenuhnya terkunci. Satu pengguna harus melalui seluruh bangunan mereka ketika mereka tidak bisa mendapatkan tampilan dari port atau pos HDMI, hanya untuk menemukan itu adalah masalah CPU.
  • Port HDMI adalah kotor atau ada sesuatu yang rusak di dalamnya. Jika port HDMI tidak dapat diakses dan bersih, hal itu dapat mencegah koneksi.
  • Kabel HDMI harus diperiksa. Beberapa pengguna menemukan bahwa kabel itu bukan problem setelah banyak pemecahan masalah dan reposisi bagian. Selalu periksa masalah yang lebih mudah seperti ini sebelum kalian mulai membongkar bangunan kalian.

Pasang kembali Komponen kalian

komponen tempat duduk

Jika komputer kalian masih tidak berfungsi, mencoba memasang kembali komponen kalian adalah kesempatan terakhir dan terbaik kalian untuk membuat port HDMI beroperasi. Memiliki bagian yang tidak terpasang dengan sempurna – atau yang telah bergeser dari waktu ke waktu – akan menimbulkan masalah yang dapat memengaruhi hal-hal seperti port.

Matikan komputer kalian, matikan PSU dan cabut semuanya sebelum kalian mulai melepas komponen. Bekerja perlahan dan aman. Ingatlah untuk mengatur sekrup dan kabel kalian agar mudah dipasang kembali.

Meskipun tampaknya problem adalah dengan GPU, pasang kembali motherboard dan CPU juga. Pastikan CPU terkunci dengan benar dan semua yang terhubung ke motherboard berada di tempat yang tepat. Periksa pendingin untuk setiap penghalang atau koneksi yang buruk juga.

kalian juga harus memasang kembali RAM di motherboard selama kalian memilikinya.

Setelah selesai, coba mulai lagi. Jika port HDMI masih tidak berfungsi, coba setel ulang motherboard kalian dengan mengosongkan CMOS. Jika masih tidak berhasil, pertimbangkan untuk menghubungi teknisi berlisensi tentang perbaikan fisik kartu.

Tinggalkan komentar