Cara Memperbaiki Kamera Laptop MSI Tidak Berfungsi

Karena sebagian besar pekerjaan saat ini dilakukan dari jarak jauh, kemungkinan besar kamu akan menghadapi komplikasi jika kamu tidak memiliki webcam yang berfungsi. Inilah yang terjadi pada sebagian besar pengguna laptop MSI. Artinya, laptop tidak mendeteksi webcam/kamera.

Salah satu penyebab utama namun sederhana adalah, terkadang, kamera MSI dinonaktifkan secara default. Selain itu, alasan lainnya bisa jadi kamu memiliki kamera MSI yang tidak berfungsi.

Di sini, di artikel ini, kami telah membuat daftar beberapa penyebab dan menjelaskan beberapa solusi yang mungkin memperbaiki masalah yang kamu hadapi. Tanpa penundaan lebih lanjut, mari kita langsung ke dalamnya.

Mengapa Kamera MSI Aku Tidak Berfungsi?

Beberapa pengaturan mengaktifkan atau menonaktifkan kamera. PC mungkin tidak mengakses kamera kecuali kamu mengizinkan semua pengaturan.

Berikut adalah beberapa alasan umum lainnya kamera MSI tidak berfungsi.

  • Kamera dinonaktifkan dari MSI Dragon Center
  • Driver kamera usang
  • File driver rusak
  • Kerusakan fisik pada kamera/kabel internal

7 Cara Memperbaiki Kamera Laptop MSI Tidak Berfungsi

Di bawah ini, kami telah menyebutkan tujuh solusi untuk memperbaiki kamera MSI. Karena ada beberapa pengaturan yang perlu kamu aktifkan sebelum laptop dapat mengakses kamera, lakukan semua langkah di bawah ini satu demi satu.

Aktifkan Akses Kamera

Karena masalah privasi, laptop mungkin menonaktifkan akses kamera. Jika demikian, aplikasi kamera, ketika dibuka, akan memberi kamu pemberitahuan yang mengatakan bahwa perlu izin untuk mengakses webcam.

Ikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini untuk menyalakan kamera secara manual.

  1. tekan Windows + Aku kunci untuk buka Pengaturan.
  2. Buka Privasi & security
  3. Gulir ke bawah ke Izin aplikasi dan pilih Kamera.
  4. Di sini, pastikan bahwa akses Kamera diaktifkan.

Jika kamu tidak dapat mengakses kamera pada aplikasi tertentu, mungkin juga komputer telah memblokir kamera untuk aplikasi tersebut. Dalam hal ini, kamu juga perlu mengaktifkan kamera untuk aplikasi ini.

  1. Di bawah Biarkan aplikasi mengakses kamera kamu, cari aplikasi yang memiliki masalah dalam mendeteksi kamera.
  2. Sekarang alihkan tombol radio dari Off ke On.

Aktifkan Kamera dari MSI Dragon Center

Dragon Center MSI adalah aplikasi pra-instal dengan setiap laptop MSI. Aplikasi ini juga memiliki pengaturan yang mengaktifkan atau menonaktifkan kamera dengan tombol. Jika kamu telah mengaktifkan tombol pintas di MSI Dragon Center, ada kemungkinan tombol acak telah mematikan kamera.

Untuk memeriksa ini, buka Pusat Naga MSI dan buka Pengaturan Umum. Di sini, pastikan WebCam diaktifkan.
aktifkan pusat naga kamera

Aktifkan Kamera Menggunakan Tombol Fungsi

Semua, jika tidak sebagian besar, laptop MSI memiliki fitur built-in yang memungkinkan komputer mengakses webcam dengan menekan sebuah tombol. kamu dapat melihat tombol ini, tergantung pada laptop, dapat berupa tombol fungsi apa pun.

Untuk menemukan ini, cari tombol fungsi untuk ikon kecil yang terlihat seperti webcam. Umumnya, kamu akan melihat ikon ini di F4 atau F6.

Tekan Fn dan tombol fungsi ini secara bersamaan untuk mengaktifkan/menonaktifkan kamera kamu.

Pemecahan masalah perangkat keras

Jika mengaktifkan tiga solusi di atas masih tidak memperbaiki masalah dengan kamera, kamu mungkin menghadapi beberapa masalah perangkat keras internal. Untuk memeriksa apakah itu masalahnya, kamu dapat mencoba menjalankan pemecah masalah perangkat keras untuk menentukan dan memperbaiki masalah.

  1. tekan Windows + Tombol R untuk membuka Jalankan.
  2. Jenis msdt.exe -id DeviceDiagnostic dan tekan Enter ke buka Pemecah Masalah Perangkat Keras dan Perangkat.
    Pemecah Masalah Perangkat Keras
  3. Setelah proses selesai, itu akan menunjukkan perangkat keras apa pun yang menyebabkan masalah.
  4. Sekarang, ikuti proses pemecahan masalah.

Perbarui/Kembalikan Driver

Memperbarui driver apa pun membantu perangkat bekerja dengan lancar dengan komputer kamu. Jika driver kamu tidak mutakhir, sebaiknya kamu terus memperbaruinya. Namun, memperbarui driver tidak selalu memperbaiki masalah. Terkadang, Updates juga dapat menyebabkan problem.

Jika kamu mulai mengalami masalah dengan perangkat setelah Updates driver, kamu dapat memutar kembali ke versi sebelumnya untuk memperbaiki masalah tersebut.

  1. tekan Windows + tombol X dan pilih Pengaturan perangkat.
  2. Perluas Kamera dan klik dua kali pada driver yang tercantum di bawah ini.
  3. Pergi ke Pengemudi tab.
  4. Sekarang klik Memperbarui atau Putar Kembali Driver sesuai dengan kebutuhan kamu.perbarui driver kamera

Jika ini tidak berhasil, kamu juga dapat mencoba mencopot pemasangan driver. Setelah dihapus, restart komputer kamu. Ini akan secara otomatis menginstal ulang driver.

Copot Aplikasi yang Baru Diinstal

Jika kamu menghadapi masalah setelah menginstal aplikasi, aplikasi tersebut mungkin menjadi penyebab kamera tidak berfungsi. Coba hapus instalan aplikasi ini untuk melihat apakah itu memperbaiki problem.

  1. Tekan Windows + Tombol R secara bersamaan untuk membuka Run.
  2. Jenis appwiz.cpldan tekan Enter untuk membuka Program dan Fitur Window.
  3. Klik pada aplikasi yang baru saja diinstal dan pilih Copot pemasangan.hapus instalan aplikasi
  4. Setelah proses uninstall selesai, restart komputer kamu.

Hubungi Layanan Pelanggan MSI

Itu problem kamu hadapi mungkin juga karena kerusakan internal pada kamera. Kerusakan ini bisa berupa kerusakan kamera itu sendiri atau kerusakan pada kabel internal. Jika tidak ada solusi yang disebutkan di atas yang berfungsi, hubungi Layanan dan Layanan MSI Resmi.

Mengapa Laptop MSI Aku tidak mendeteksi Webcam?

kamu perlu mengaktifkan beberapa pengaturan pada laptop MSI untuk mendeteksi kamera. Pertama, pastikan kamera diaktifkan dari Pengaturan. Kedua, aktifkan kamera dari MSI Dragon center.

Terakhir, sebagian besar keyboard laptop MSI memiliki tombol khusus untuk menghidupkan atau mematikan kamera. Tombol ini terletak di salah satu tombol fungsi.

Apa itu Kode Kesalahan Kamera 0xa00f4244?

Masalah perangkat keras, kesalahan driver, atau penonaktifan izin adalah beberapa penyebab yang memberikan kode kesalahan 0xa00f4244. Untuk memperbaiki masalah ini, kamu dapat mencoba mengatur ulang aplikasi kamera.

  1. tekan Windows + Aku kunci untuk buka Pengaturan.
  2. Buka Aplikasi > Aplikasi dan Fitur.
  3. Klik pada tiga ikon vertikal pada kamera dan pilih Opsi lanjutan.
  4. Di bawah Reset klik pada Mengatur ulang.

Jika langkah-langkah yang disebutkan di atas tidak berhasil, kami memiliki panduan lengkap tentang Cara Memperbaiki Kode Kesalahan Kamera 0xa00f4344.

Bagaimana Cara Mengunduh Driver Webcam MSI?

Pertama, hapus instalan driver webcam saat ini dari Device Manager. Setelah proses uninstall selesai, laptop kamu tidak akan mendeteksi kamera.

Tergantung pada model laptop, unduh driver webcam MSI untuk perangkat kamu. Setelah kamu mengunduh driver webcam, jalankan file yang dapat dieksekusi (.exe) untuk menginstal driver.

Tinggalkan komentar