Cara Memperbaiki Foto FaceTime Tidak Berfungsi

Apple telah menghapus fitur Live Photos FaceTime di iOS versi 12.1.1 karena alasan terkait privasi. Namun, itu kembali dengan perbaikan bug yang signifikan dan peningkatan di iOS versi 15. Namun, masih ada beberapa masalah dengan fitur Live Photos.

Dari mereka, yang umum adalah foto FaceTime tidak disimpan ke rol kamera dan pembekuan FaceTime. Biasanya, penyebab kesalahan tersebut adalah versi iOS yang ketinggalan zaman, pengaturan yang salah, bug, pembatasan privasi, kurangnya ruang penyimpanan, dan banyak lagi. Sekarang, mari kita telusuri masalah tersebut bersama dengan solusi efektif untuk memperbaikinya.

Bagaimana cara memperbaiki Foto FaceTime Tidak Berfungsi?

Sebelum beralih ke perbaikan lain di bawah ini, mari kita periksa basic kebutuhan. Apakah FaceTime Live Photos aktif dan berjalan di kedua perangkat? Jika tidak, kalian akan melihat pesan kesalahan, seperti “FaceTime Photos harus diaktifkan di kedua perangkat untuk menggunakan fitur ini.” Selain itu, kalian tidak akan dapat mengambil atau menyimpan foto Live.

Jadi, solusi pertama kami adalah mengaktifkan fitur ini di kedua iPhone jika kalian belum mengaktifkannya.

Nyalakan Foto Langsung FaceTime di Kedua Perangkat

kalian dapat mengaktifkan FaceTime Live Photos di iPhone dan Mac dengan cara yang berbeda. Inilah cara kalian dapat melakukannya:

  1. Pergi ke Pengaturan di iPhone/iPad kalian.
  2. Cari dan pilih FaceTime.
  3. Gulir ke bawah dan geser sakelar untuk mengaktifkan Foto Langsung FaceTime.

kalian juga dapat meminta teman kalian untuk follow langkah-langkah di atas untuk mengaktifkan FaceTime Live Photos di ponsel mereka. Kemudian, kalian dapat mencoba mengambil foto langsung di FaceTime kalian lagi.

Jika kalian menggunakan Mac, klik FaceTime dari bilah menu dan buka Preferensi. Klik pada Pengaturan tab dan centang kotak yang mengatakan Izinkan Foto Langsung diambil selama panggilan Video. pengaturan facetime di mac

Saat kalian berhasil mengambil gambar di panggilan FaceTime, kalian dan teman kalian akan mendapatkan notifikasi.

Periksa Foto Langsung di Galeri

Jika kalian tidak yakin iPhone kalian menyimpan Live Photos dari panggilan FaceTime kalian, kalian selalu dapat memeriksa album Live Photos dari Galeri kalian. Cukup buka Galeri dan ketuk buka Foto Langsung album. Ini adalah lokasi default iPhone kalian untuk menyimpan foto FaceTime Live.

Jika kalian menggunakan Mac, buka Foto aplikasi dan klik Foto Langsung dari bilah sisi kiri.

Aktifkan Foto iCloud

Jika kalian tidak dapat menemukan foto kalian di album Live Photos, kalian dapat menyalakan Foto iCloud agar foto Live kalian disimpan ke iCloud. Kamu bisa follow langkah mudah ini untuk menyalakannya:

  1. Membuka Pengaturan dan pergi ke Foto.
  2. Geser sakelar untuk mengaktifkan Foto iCloud.
    foto di icloud

Jika metode ini tidak berhasil, kalian juga dapat mencoba mematikan dan menghidupkan kembali opsi ini. Jika kalian menggunakan Mac, buka aplikasi Foto dan klik Preferensi dari bilah menu. Klik pada tab iCloud dan centang atau hapus centang pada kotak yang bertuliskan Foto iCloud. Sekarang kalian dapat mencoba mengambil Live Photos di FaceTime lagi dan memeriksa foto kalian di iCloud.

Periksa Batasan Privasi

Area lain yang harus diperiksa adalah Pembatasan Privasi. Jika kalian tidak mengizinkan akses ke Kamera atau FaceTime kalian, kalian akan mengalami kesalahan dengan FaceTime Live Photos. Jadi, kami sarankan untuk mengaktifkan akses ke kedua aplikasi melalui pengaturan.

  1. Pergi ke Pengaturan.
  2. Ketuk Layar Waktu.
  3. Lalu, pergi ke Pembatasan Konten & Privasi.
    pembatasan konten dan privasi
  4. Pilih Diizinkan Aplikasi.
    aplikasi yang diizinkan
  5. Aktifkan keduanya FaceTime dan Kamera. facetime dan kamera

Perbarui iOS kalian

Karena Apple hanya mengembalikan fitur FaceTime Live Photos di iOS 15, kalian mungkin masih menghadapi masalah dengan fitur tersebut jika iOS kalian lebih lama dari itu. Meskipun iOS kalian berusia 15 tahun, memperbaruinya ke versi iOS terbaru selalu berguna untuk memperbaiki bug dan gangguan kecil.
pembaruan ios

Pastikan untuk memperbarui versi iOS di iPad dan Mac kalian juga jika kalian menggunakan FaceTime di perangkat tersebut.

Dan jika kalian ingin kembali ke versi sebelumnya, kalian dapat membaca artikel ini.

Nyalakan/Matikan FaceTime

Jika sebagian besar solusi tidak berfungsi, coba matikan FaceTime lalu nyalakan lagi. Ini adalah salah satu cara kalian dapat memulai ulang FaceTime dan memperbaiki kesalahan kecil pada aplikasi.

Tutup aplikasi di ponsel kalian dan buka Pengaturan. Cari dan pilih FaceTime. Geser sakelar untuk mematikannya. Setelah beberapa detik, putar FaceTime kembali.
aktifkan waktu tatap muka

Jika kalian menggunakan Mac, klik FaceTime dari bilah menu dan pergi ke Preferensi. Klik pada Pengaturan tab dan hapus centang pada kotak yang mengatakan Aktifkan Akun Ini. Setelah beberapa detik, centang kotak lagi untuk mengaktifkan FaceTime.

Kosongkan Ruang Penyimpanan

Alasan lain mengapa foto FaceTime Live kalian tidak disimpan adalah karena iPhone kalian kehabisan penyimpanan. Pergi ke Pengaturan dan buka Penyimpanan dan hapus instalan aplikasi yang tidak diinginkan. Atau, kalian juga dapat membongkar aplikasi untuk mengosongkan beberapa ruang sementara.

Setel Ulang Pengaturan Jaringan

Dalam beberapa kasus, pengaturan jaringan kalian, seperti Wi-Fi atau data kalian dapat menyebabkan FaceTime Live Photos tidak berfungsi. Ini karena mungkin ada kelambatan server karena jaringan, mengganggu panggilan kalian. Jadi, ada baiknya mengatur ulang pengaturan jaringan tersebut. Inilah cara kalian dapat melakukannya:

  1. Pergi ke Pengaturan.
  2. Pilih Umum dan kemudian pergi ke Transfer atau Atur Ulang iPhone.
    setel ulang iphone
  3. Sekali lagi, ketuk Mengatur ulang.
  4. Ketuk pada Setel Ulang Pengaturan Jaringan.atur ulang pengaturan jaringan
  5. Pilih Setel Ulang Pengaturan Jaringan lagi untuk mengkonfirmasi.

Mulai ulang iPhone

Jika kalian memiliki model iPhone yang relatif lama, fitur-fitur seperti FaceTime Live Photos tidak berfungsi dapat disebabkan oleh ponsel itu sendiri. Atau, jika kalian memiliki banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, itu bisa membebani ponsel kalian. Jadi, jika ponsel kalian terkadang berjalan lambat atau membeku, yang terbaik adalah memulai ulang.

Kemudian, kalian dapat mencoba mengambil foto di FaceTime lagi.

Ambil Tangkapan Layar

Jika tidak ada perbaikan di atas yang berhasil untuk kalian, opsi terakhir yang dapat kalian coba adalah mengambil tangkapan layar selama panggilan FaceTime. Cukup tahan tombol daya dan tombol volume atas untuk mengambil tangkapan layar. Cara ini mudah dan bisa dilakukan kapan saja.

Di mana Foto FaceTime Disimpan?

kalian dapat menemukan foto langsung FaceTime di Galeri kalian. kalian dapat langsung membuka aplikasi Foto dan membuka album Live Photos dan menemukan foto kalian di sana.

Mengapa Tombol Foto Live FaceTime Berwarna Abu-abu?

Jika kalian melihat bahwa opsi untuk mengambil foto langsung selama panggilan FaceTime berwarna abu-abu, itu berarti orang lain dalam panggilan tersebut telah menonaktifkan fitur FaceTime Live Photos.

Bagaimana Cara Berbagi Layar di FaceTime

Berbagi layar kalian pada panggilan FaceTime cukup mudah. Selama panggilan, ketuk Bagikan Konten. Kemudian, pilih opsi Bagikan Layar Aku.

Tinggalkan komentar