Cara Upgrade CPU Di Laptop

CPU adalah salah satu komponen di sistem kalian yang melakukan seluruh operasi. Jadi, jika kalian merasa PC kalian semakin tua, mengupgrade CPU-nya akan meningkatkan kinerja komputer secara drastis.

Memutakhirkan CPU pada monitor desktop cukup sederhana. kalian hanya perlu melepas panel samping dan pendingin CPU. Dan voila, kalian memiliki akses ke CPU.

Kasusnya cukup berbeda untuk pengguna laptop. Karena portabilitasnya, semua komponen di dalam laptop kompak. Jadi, mengaksesnya bisa sangat merepotkan.

Untuk itulah artikel ini kami hadirkan. Tanpa penundaan lebih lanjut, mari kita langsung ke dalamnya.

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum kalian Meng-upgrade CPU

Sebelum kita masuk ke upgrade CPU pada laptop, ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui. Pertama, tidak semua laptop mendukung peningkatan CPU. Beberapa laptop memiliki CPU yang tertanam di motherboard itu sendiri. Oleh karena itu, selalu teliti apakah PC kalian memiliki chip CPU yang dapat diganti.

Kedua, jika laptop mendukung CPU yang dapat diupgrade, pastikan kalian mendapatkan chip CPU yang benar. Periksa detail soket CPU dan dapatkan chip CPU yang cocok untuk soket tersebut. Untuk memeriksa jenis soket CPU motherboard kalian, dapatkan detail CPU kalian saat ini atau lihat spesifikasi motherboard kalian dari internet.

Periksa Detail CPU

Berikut adalah langkah-langkah untuk memeriksa detail CPU kalian.

  1. tekan Windows + tombol R untuk buka Jalankan.
  2. Jenis msinfo32.exe dan tekan Enter membuka Sistem Informasi.
  3. Di panel kiri, klik pada ringkasan sistem untuk melihat detail prosesor dan semua informasi sistem.

Prasyarat

Untuk mengupgrade CPU laptop, kalian harus melepas beberapa komponen terlebih dahulu. Dan untuk itu, berikut adalah beberapa hal yang mungkin kalian perlukan.

  • Permukaan non-konduktif
  • Obeng Magnetik
  • Pita antistatik
  • pasta termal
  • Kain mikrofiber (atau handuk kertas kering)
  • 99% isopropil alkohol
  • Kaleng udara terkompresi
  • Pinset
  • Pemegang baki magnetik

Setelah kalian melepas sekrup, pastikan memasang sekrup pada dudukan sekrup magnetik agar tidak salah tempat.

Bagaimana Cara Mengganti CPU Pada Laptop?

Tergantung pada laptopnya, kalian mungkin perlu mengeluarkan seluruh keyboard untuk mengakses chip CPU atau hanya panel belakang. Dalam kedua kasus, kalian harus melepas panel belakang. Di sebagian besar laptop modern, kalian dapat dengan mudah mengakses semua internal laptop hanya dengan melepas panel belakang. Jadi, dalam artikel ini, kami hanya membahas pembongkaran laptop yang motherboardnya dapat kalian akses dengan melepas panel belakang.

Namun, sebelum kita mulai, kalian harus tahu bahwa mengganti CPU pada laptop kalian akan membatalkan garansi.

Pastikan kalian memotret setiap komponen sebelum melepaskannya dari laptop. Ini akan membuat pekerjaan kalian jauh lebih mudah ketika kalian merakit kembali komponen-komponen ini.

Lepaskan Baterai

Lepaskan Baterai

Jika kalian ingin mengupgrade laptop lama, kemungkinan besar laptop tersebut memiliki baterai laptop yang dapat dilepas. Untuk melepas baterai yang dapat dilepas, geser kunci yang menahan baterai dan cukup keluarkan dari laptop.

Namun, jika kalian memiliki baterai di dalam laptop, kalian harus melepas panel belakang terlebih dahulu. Lepaskan kabel yang menghubungkan baterai ke motherboard. Keluarkan baterai secara perlahan dari PC. Beberapa baterai laptop ditempatkan di papan, sementara beberapa terhubung melalui kabel.

Harap dicatat bahwa beberapa kabel memiliki kunci yang menahannya ke motherboard. Untuk membukanya, tarik kedua sisi kunci dan tarik perlahan kabelnya.

Setelah kalian melepaskan kabel, lepaskan sekrup yang menahan baterai. Lepaskan sekrup ini dan tarik perlahan baterai dari laptop.

Baterai Internal Laptop

Sekarang, tahan tombol daya selama 15 detik untuk menghilangkan muatan yang tersisa dari kapasitor.

Hapus Panel Belakang

Tergantung pada laptop kalian, penutup belakang kalian mungkin satu unit atau penutup belakang mungkin memiliki kompartemen.

Kompartemen ini ada untuk mengakses RAM dan hard drive tanpa melepas seluruh panel belakang. Jika memiliki dua kompartemen, kalian harus melepasnya terlebih dahulu sebelum dapat melepas panel belakang.

Bagian belakang tersegmentasi

Jika panel belakang memiliki kompartemen, kalian harus melepasnya terlebih dahulu dengan membuka sekrupnya masing-masing. Setelah kalian melepasnya, kalian sekarang dapat mengakses sekrup yang menahan panel belakang.

Untuk melepas panel belakang pada laptop kalian, ambil obeng kecil dan lepaskan semua sekrup yang menahan panel.

Sekarang, lepaskan panel belakang menggunakan obeng pipih. Jika kalian tidak memiliki obeng pipih, apa pun yang keras dengan ujung yang rata dapat digunakan.

Tempelkan obeng pipih di antara casing laptop dan panel belakang. Putar sedikit obeng di sisi mana pun. kalian harus mendengar bunyi klik. kalian harus mengulangi langkah-langkah ini pada semua penguncian belakang untuk melepas panel belakang sepenuhnya.

Hapus Kipas

lepaskan konektor kipas

Setelah melepas panel belakang dan baterai, kalian masih perlu melepas kipas dan unit pendingin. Pertama, lepaskan semua sekrup yang menahan kipas CPU pada tempatnya.

Harus ada kabel yang menghubungkan pendingin ke motherboard. Lepaskan kabel ini dengan hati-hati. Sekarang, pegang kipas dan lepaskan saja dari papan.

Hapus Pendingin

Heat sink adalah struktur tembaga panjang di CPU dan GPU kalian. Melepaskan unit pendingin juga merupakan metode yang cukup mudah. Lepaskan saja semua sekrup yang menghubungkan unit pendingin ke papan. Saat melepas sekrup, pastikan kalian melepasnya secara diagonal.

menghapus pendingin
Dukungan youtube/HP

Setelah kalian melepaskan semua sekrup yang menghubungkan unit pendingin, lepaskan unit pendingin. Unit pendingin dapat macet karena pasta termal yang mengering. Cukup selipkan unit pendingin dan lepaskan.

Unit pendingin tidak akan memiliki kabel yang terhubung ke papan. Jadi, kalian cukup melepasnya begitu kalian melepaskannya.

Beberapa laptop akan memiliki pendingin dan kipas yang terpasang sebagai satu unit. Menghapus satu juga menghapus komponen lainnya.

Bersihkan Pasta Termal

Saat kalian melepas unit pendingin, kalian dapat melihat pasta termal yang mengering di ujung yang berlawanan. Bersihkan pasta kering menggunakan isopropil alkohol.

Setelah ini, kalian juga harus membersihkan pasta termal pada dan di sekitar chip CPU.

Hapus CPU

Tergantung pada laptopnya, ia memegang chip CPU pada soket dengan dua cara. Yang pertama menggunakan tuas yang menahan soket CPU di tempatnya. Dan yang kedua menggunakan sekrup yang menahan chip CPU.

Jika menggunakan tuas, tekan tuas ini dan dorong ke luar. Sekarang, tuas ini harus mundur sepenuhnya, melepaskan dudukan logam kecil yang menahan chip CPU di soket CPU. Setelah kalian benar-benar melihat chip CPU, lepaskan dari soket.

Jika motherboard kalian memegang chip CPU menggunakan obeng, lepaskan sekrup ini dan lepaskan CPU dari motherboard dengan hati-hati.

Masukkan CPU

CPU dan Soket

Memasukkan CPU cukup sederhana. Sejajarkan tanda dari chip CPU ke tempat pada soket CPU. Dan biarkan saja. Jangan paksa chip ke dalam soket.

Setelah CPU bersandar pada soket, tahan di tempatnya menggunakan tuas atau sekrup, tergantung pada laptop

Terapkan Pasta Termal

Pola Pasta Termal Terbaik

Oleskan pasta termal ke chip. Pasta termal dapat bocor dari samping saat kalian memasukkan unit pendingin. Oleh karena itu, kami merekomendasikan penggunaan thermal paste spreader untuk mengoleskan thermal paste pada setiap sudut permukaan.

Merakit kembali Semuanya

Sekarang setelah kalian meningkatkan CPU, sekarang saatnya untuk merakit kembali semuanya. Jika kalian menghadapi masalah saat menyambungkan kembali semuanya, gunakan gambar yang kalian ambil sebelumnya.

Masukkan Heatsink

Pertama, letakkan unit pendingin dan kencangkan di tempatnya. Saat memasang unit pendingin, pastikan kalian mengencangkannya secara diagonal.

Masukkan Pendingin

Setelah unit pendingin terpasang, masukkan pendingin. Saat pendingin keluar dari laptop, ini juga saat yang tepat untuk membersihkan kipas CPU di pendingin kalian. Pertama, tempatkan pendingin secara perlahan di atas unit pendingin untuk memasukkan kipas.

Sekarang sambungkan kabel ke motherboard dari tempat kalian melepasnya sebelumnya. Sekarang, masukkan semua sekrup dan kencangkan.

Masukkan Baterai

Untuk memasukkan baterai, geser ke tempatnya. Baterai pada laptop hanya akan muat satu arah. Jika tidak berhasil, balikkan dan coba lagi.

Sisipkan Panel Belakang

Akhirnya, setelah semuanya terpasang, sekarang saatnya untuk memasukkan kembali panel belakang. Namun, sebelum memasukkannya, nyalakan laptop untuk memeriksa apakah itu menyala dan kipas berputar. Jika tidak, lepaskan dan pasang kembali kabel kipas.

Untuk memasukkan panel belakang, sejajarkan di atas laptop dan tekan. kalian akan mendengar beberapa klik dari keempat sisi laptop kalian. Sekarang, kencangkan menggunakan sekrup yang sebelumnya kalian lepaskan.

Bisakah Aku Meng-upgrade Kartu Grafis Laptop?

Di sebagian besar laptop, kartu grafis tertanam ke motherboard selama pembuatan. Jika kalian memiliki GPU yang disolder di papan, kalian tidak dapat melepas atau memutakhirkan kartu grafisnya.

Bisakah Aku Meng-upgrade RAM Laptop?

Sebagian besar, jika tidak semua, laptop memiliki RAM yang dapat kalian lepaskan dengan mudah dari motherboard. kalian dapat menghapus RAM ini dan memasukkan modul memori yang berkinerja lebih baik dengan kecepatan memori yang lebih baik untuk meningkatkan kinerja sistem kalian.

Namun, jika kalian menambahkan stik RAM, kalian harus memastikan bahwa kecepatannya sesuai dengan modul memori sebelumnya.

Tinggalkan komentar