Cara Mengisi Daya Laptop Tanpa Pengisi Daya 2022

Mengisi daya laptop tanpa pengisi daya terdengar agak konyol. Tapi, sesekali kamu mungkin menghadapi situasi di mana itu bisa berguna.

Mungkin ada kasus ketika pengisi daya laptop kamu rusak atau kamu kehilangan pengisi daya, atau kamu lupa membawa pengisi daya saat bepergian.

Karena laptop merupakan perangkat elektronik, maka untuk menjalankan fungsinya membutuhkan listrik. Tidak masalah dari mana listrik itu berasal. Dan ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mensuplai listrik ke laptop, artinya kamu bisa mengisi daya laptop kamu tanpa charger.

Pada artikel ini, kita akan berbicara tentang metode tersebut.

Cara Mengisi Daya Laptop Tanpa Charger

Lebih baik mengisi daya laptop kamu menggunakan pengisi daya yang disediakan oleh pabrikan. Jika pengisi daya kamu rusak, kamu selalu dapat membeli yang baru dari mereka.

Tetapi jika pengisi daya kamu baik-baik saja dan kamu menghadapi masalah lain, kamu dapat melanjutkan dan mengikuti metode yang disebutkan di bawah ini untuk mengisi daya laptop kamu tanpa pengisi daya.

Catatan: Sebelum mencoba metode alternatif untuk menyalakan laptop kamu, pertama-tama, pastikan tegangan input laptop dan tegangan output perangkat alternatif cocok.

Menggunakan Kabel USB Tipe C

USB Type-C datang sebagai berkah bagi para gamer dan penggemar teknologi. Tidak seperti pendahulunya, USB Tipe C dapat mentransfer data dan daya dengan kecepatan yang jauh lebih cepat. Dan kamu dapat memasangnya pada percobaan pertama; itu bonus.

Type-C secara bertahap menjadi standar untuk pengiriman data dan daya dan diterima secara luas oleh perusahaan teknologi besar di seluruh dunia.

Sebagian besar perangkat pintar saat ini dilengkapi dengan port USB-C bawaan. Jika perangkat kamu juga termasuk dalam kategori ini, kamu dapat mengisi daya laptop menggunakan kabel yang relevan. Yang kamu butuhkan hanyalah kabel USB C dan adaptor untuk itu.

Setelah kamu memiliki semua yang kamu butuhkan:

  1. Hubungkan kabel ke adaptor
  2. Colokkan adaptor ke stopkontak
  3. Sekarang, pasang kabel di port tipe-C di laptop kamu

Sesederhana itu.

Melalui Power Bank

Powerbank ke laptop

Sayangnya, kamu tidak selalu dapat menemukan listrik ke mana pun kamu pergi. Itu sebabnya Power bank dapat menjadi nyaman bagi orang-orang yang sering bepergian tetapi tidak ingin meninggalkan teknologi yang mereka cintai.

Sementara kebanyakan orang menggunakannya untuk mengisi daya ponsel atau perangkat Bluetooth, kamu juga dapat menggunakan bank daya untuk mengisi daya laptop kamu. Tetapi seperti metode di atas, komputer kamu harus memiliki port USB-C bawaan.

Selain itu, sebagian besar bank daya menawarkan hingga 5V, yang cukup untuk mengisi daya perangkat seperti ponsel cerdas, speaker, dll., tetapi itu tidak cukup untuk laptop kamu. Jadi, pastikan kamu memiliki yang sesuai dengan kebutuhan voltase laptop kamu.

Sekarang untuk mengisi daya laptop kamu menggunakan bank daya:

  1. Colokkan port Tipe A atau C (tergantung pada bank daya) ke bank daya kamu
  2. Masukkan konektor Type-C ke laptop kamu

Sebuah bank daya dapat mengisi daya laptop kamu cukup untuk menyelesaikan atau menyimpan pekerjaan kamu. Namun, kamu juga dapat membeli satu dengan kapasitas lebih tinggi untuk mengisi penuh laptop kamu.

Melalui Baterai Eksternal yang Dapat Diisi

Mengisi baterai secara eksternal

Jika port pengisian daya laptop kamu rusak, kamu dapat menggunakan baterai isi ulang eksternal untuk memberi daya pada laptop kamu. Baterai ini dapat diisi ulang tanpa terhubung ke laptop.

kamu juga dapat menggunakan baterai eksternal sebagai sumber daya cadangan untuk laptop kamu saat keadaan darurat.

Tetapi sebelum membeli baterai yang dapat diisi daya eksternal untuk laptop kamu, pastikan untuk memeriksa nomor modelnya. kamu tidak ingin membeli yang tidak kompatibel dengan laptop kamu.

Menggunakan USB Mobil kamu

USB mobil

kamu mungkin tahu mobil kamu memiliki baterai di dalamnya. Artinya bisa digunakan untuk mengisi daya perangkat elektronik, termasuk laptop.

Saat ini, banyak mobil datang dengan konektor USB built-in. Namun, bahkan jika tidak, kamu dapat memasang port USB ke pemantik rokok/port aksesori yang dapat ditemukan di hampir setiap mobil.

Seperti semua metode yang disebutkan di atas, metode ini juga mengharuskan laptop kamu memiliki port Tipe C bawaan dan kabel yang relevan.

Jadi, jika semua persyaratan sudah terpenuhi, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengisi daya laptop kamu menggunakan USB mobil kamu:

  1. Hubungkan konektor USB A ke port USB mobil kamu
  2. Colokkan konektor Tipe C ke laptop kamu.

Itu saja yang perlu kamu lakukan. kamu juga dapat menggunakan power inverter yang masuk ke port pemantik rokok untuk mengisi daya laptop kamu.

Menggunakan Adaptor Universal

Adaptor Universal

Ini bisa menjadi alternatif yang sempurna jika kamu kehilangan atau merusak pengisi daya laptop kamu.

Adaptor Universal mencakup beberapa tip pengisian yang dapat diganti yang dapat mengakomodasi berbagai merek. Oleh karena itu, kamu dapat menggunakannya untuk mengisi daya laptop kamu.

Adaptor universal berfungsi seperti pengisi daya laptop kamu. Satu-satunya perbedaan adalah kamu dapat mengubah pin pengisian daya. Tapi ini tidak berarti kamu harus membeli seluruh set untuk laptop kamu. Sebagai gantinya, kamu hanya dapat memilih salah satu yang sesuai dengan port pengisian daya dan membelinya secara terpisah.

Dari Ponsel kamu

Mengisi daya laptop menggunakan ponsel

Siapa yang mau mengeluarkan biaya baterai ponsel mereka untuk mengisi daya laptop mereka? Juga, telepon tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan pengisian daya laptop.

Tetapi jika kamu berada dalam keadaan darurat yang ekstrem dan mengharuskan laptop kamu bekerja selama beberapa menit lagi, kamu dapat menggunakan ponsel untuk mentransfer muatan ke laptop kamu.

Agar metode ini berfungsi, kamu memerlukan USB tipe C di ponsel dan laptop kamu. kamu juga akan memerlukan kabel konektivitas Tipe C ke Tipe C. Setelah kamu memiliki semuanya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Hubungkan satu port ke laptop kamu dan port lainnya ke ponsel kamu
  2. Sebuah menu akan terbuka memberitahu kamu tentang konektivitas. Klik di atasnya
  3. Pilih “suplai daya ke perangkat lain yang terhubung

Harap diingat bahwa metode ini hanya berfungsi jika ponsel kamu mendukung meminjamkan daya ke perangkat lain.

Pertanyaan Terkait

Bisakah Aku Menggunakan Laptop Aku Tanpa Baterai?

Laptop kamu tidak memerlukan baterai untuk bekerja sama sekali. Seperti komputer desktop, kamu dapat menggunakan laptop kamu dengan terus menerus memasok listrik ke dalamnya. Baterai di laptop adalah demi portabilitas dan kenyamanan.

Tanpa baterai, colokkan adaptor AC kamu dan hidupkan sakelar untuk menggunakan laptop kamu. Tetapi kamu akan membutuhkan listrik untuk menghidupkan laptop kamu mulai sekarang.

Tinggalkan komentar