Cara Menghubungkan Header Kipas CPU Ke Motherboard

Selama pengujian POST (Power-On Self Test), motherboard kalian memastikan bahwa semua komponen perangkat keras utama terhubung dan dalam keadaan berfungsi. Ini termasuk kipas CPU juga.

Kipas CPU adalah yang mendinginkan chip CPU saat suhunya naik. Panas dipindahkan ke unit pendingin. Kipas CPU kemudian mendinginkan unit pendingin. Dan ini adalah basically cara kerja pendingin CPU.

Jika kalian tidak menempatkan header kipas CPU ke pin yang benar pada motherboard, kipas mungkin tidak berputar sama sekali atau akan berputar pada RPM yang lebih rendah. Jika itu terjadi, tidak ada yang bisa mendinginkan unit pendingin. Ini adalah saat kalian menghadapi pelambatan termal. Artinya CPU akan kehilangan kinerjanya.

Hari ini, untuk menghindari masalah yang tepat ini, kami di sini untuk memberi kalian panduan terperinci dan sederhana untuk menghubungkan header kipas CPU ke motherboard.

Pentingkah Lokasi Memasang Kipas CPU?

Jika tidak ada yang terhubung ke header CPU_FAN pada motherboard, itu akan menampilkan beberapa kesalahan selama tes POST. Jika komputer lulus tes POST, kipas CPU mungkin berputar selama terhubung ke header SYS_FAN. Namun, itu akan berputar pada RPM maksimumnya, membuat banyak kebisingan.

Selain itu, tegangan yang disuplai ke header CPU_FAN pada motherboard dikontrol suhunya. Artinya tergantung pada suhu, sistem menaikkan atau menurunkan suhu. kalian tidak akan memiliki fitur ini jika kalian menghubungkan kipas CPU ke header yang berbeda.

Cara Menghubungkan Header Kipas CPU Ke Motherboard

Memasukkan konektor kipas CPU ke motherboard adalah tugas sederhana jika kalian tahu di mana header berada di motherboard. kalian perlu menghubungkan kabel dari kipas CPU ke header bernama CPU_FAN pada motherboard kalian.

Pertama, mari kita lihat di mana tajuk khusus ini berada.

Temukan Header CPU_FAN Di Motherboard

Seperti yang telah kalian perhatikan, kabel dari kipas CPU relatif pendek. Oleh karena itu, header CPU_FAN juga terletak di dekat soket CPU pada motherboard.

Untuk menemukannya, cari header empat pin pada motherboard kalian. kalian mungkin melihat beberapa header empat pin. Pastikan CPU_FAN atau CPU_OPT tertulis di bawahnya. Mungkin ada satu atau beberapa CPU_FAN di motherboard kalian.

Jika memiliki beberapa header CPU_FAN, ini ditunjukkan sebagai CPU_FAN1, CPU_FAN2, dll. Pastikan kalian tidak terhubung ke header bernama SYS_FAN.

Masukkan Kabel Dari Kipas CPU

sambungkan kipas CPU

Setelah kalian menemukan header CPU_FAN, ambil kabel dari kipas CPU. Sejajarkan kabel dan header dan sambungkan perlahan. Kabel ini hanya berjalan satu arah. Jadi, jangan paksa mereka masuk jika kalian tidak bisa memasukkannya. Balikkan kabel dan coba lagi.

header kipas cpu

Setelah menghubungkan kipas CPU ke motherboard, hidupkan komputer untuk memeriksa apakah kipas berputar. Jika motherboard kalian terhubung ke monitor, periksa apakah kalian melihat kesalahan terkait kipas CPU selama pengujian POST.

Pertanyaan Terkait

Apakah Kipas CPU Aku Kompatibel Dengan Motherboard Apa Pun?

Kipas CPU umumnya memiliki konektor empat pin, dan sebagian besar motherboard juga dilengkapi dengan header empat pin. Jadi sebagian besar penggemar CPU kompatibel dengan motherboard apa pun. Namun, kasingnya tidak sama untuk kipas kasing CPU.

Kipas casing CPU memiliki konektor PWM Molex, tiga pin, atau empat pin. Oleh karena itu, motherboard kalian harus memiliki header kipas masing-masing untuk koneksi. kalian mungkin perlu mendapatkan konverter jika tidak memiliki header yang diperlukan.

Bagaimana Menghubungkan Kipas Sistem di Motherboard?

Tergantung pada jenis kipas, kalian dapat menghubungkan kipas casing CPU atau kipas sistem langsung ke motherboard atau catu daya.

Jika kalian memiliki kabel 3-pin atau 4-pin dari kipas casing, kalian dapat langsung menghubungkannya ke motherboard. Namun, jika kipas casing memiliki konektor Molex, kalian harus menyambungkannya ke salah satu kabel dari catu daya.

Kabel 3-pin dan 4-pin masuk ke header bernama SYS_FAN di motherboard kalian. Meskipun SYS_FAN memiliki total empat pin, kalian juga dapat menghubungkannya ke konektor 3-pin.

Bagaimana Mengontrol Kecepatan Kipas CPU?

kalian dapat menggunakan BIOS atau aplikasi pihak ketiga untuk mengontrol kecepatan kipas CPU kalian. BIOS menawarkan cara yang mudah untuk mengontrol kecepatan kipas CPU, tetapi memiliki aplikasi pihak ketiga membuatnya jauh lebih mudah untuk mengontrol kipas CPU dan kipas sistem.

Jika kalian ingin mengontrol kipas CPU menggunakan BIOS, ikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini.

  1. Tekan tombol BIOS berulang kali selama startup untuk enter BIOS motherboard kalian. Kunci BIOS untuk sistem kalian dapat berupa salah satu tombol fungsi atau tombol Hapus.
  2. Sekarang, cari pengaturan seperti Cooling, Hardware, atau Hardware Monitor.
  3. Tergantung pada motherboard, kalian dapat mengontrol kecepatan kipas sepenuhnya atau mengatur mode kontrol kipas tertentu.
  4. Setelah kalian mengubah pengaturan ini, Simpan dan Keluar dari BIOS.

Mengapa Kipas CPU Aku Tidak Berputar?

Hal pertama yang ingin kalian periksa ketika kipas CPU tidak berputar adalah kabel dari kipas CPU. Pastikan kalian memeriksa kabel dari kipas CPU yang terhubung ke header CPU_FAN di motherboard.

Kedua, PSU juga perlu memasok daya yang cukup ke seluruh sistem. Jika kalian memiliki kipas CPU yang tidak berputar, coba gunakan PSU lain yang tegangannya lebih tinggi.

Mengapa Kipas CPU Aku Sangat Keras?

Kipas CPU umumnya berputar pada RPM yang lebih tinggi saat CPU mencapai suhu tinggi. Oleh karena itu, memeriksa penggunaan CPU harus menjadi prioritas pertama kalian ketika kalian memiliki kipas CPU yang berisik.

Selain itu, berikut adalah beberapa hal yang dapat kalian coba untuk menurunkan penggunaan kipas CPU.

  • Akhiri proses latar belakang
  • Bersihkan pendingin CPU
  • Aliran udara casing yang buruk
  • Pastikan kabel dari kipas CPU terhubung ke header CPU_FAN di motherboard

Tinggalkan komentar