Cara Menghapus Kartu Grafis Dengan Mudah

Melepaskan kartu grafis kamu dapat mengosongkan banyak ruang di menara komputer kamu, terutama jika kamu memiliki salah satu yang besar dan modern. Mengeluarkannya dari casing secara perlahan dan hati-hati dapat membantu mencegah masalah dengan kartu karena dapat rusak selama proses.

Pertimbangan lain adalah apa tujuan kamu menghapus GPU. Terkadang, kamu mungkin juga harus melakukan penghapusan perangkat lunak untuk mempersiapkan kartu baru.

Mengapa Harus Menghapus GPU?

Ada beberapa alasan mengapa seseorang mungkin ingin mengeluarkan GPU dari komputer mereka. Tujuan kamu untuk menghapusnya mungkin menentukan dengan tepat bagaimana kamu melakukannya.

  • Jika kamu membuat jalan untuk kartu grafis baru, kamu mungkin ingin menghapus GPU, semua kabel, dan perangkat lunak seluruhnya. kamu akan membutuhkan ruang untuk kartu apa pun yang kamu gunakan untuk menggantinya.
  • Untuk pemecahan masalah, kamu mungkin hanya ingin melepasnya dari tempatnya di casing tetapi membiarkannya tetap terpasang. kamu akan memerlukan kartu untuk mendapatkan daya untuk banyak langkah pemecahan masalah, dan tidak harus terhubung ke casing untuk kerja. Namun, melepas kabel sebelum mengeluarkan GPU dari kasing tetap disarankan.
  • Jika kamu hanya akan membersihkan kartu, kamu dapat mengeluarkannya dari kasing dan melepaskan kabelnya. Namun, kamu dapat membiarkan kabel daya dan konektor motherboard tetap terpasang.

Pertimbangkan alasan kamu untuk menghapus GPU saat kamu mengikuti langkah-langkahnya. kamu tidak ingin mengubah urutannya, tetapi kamu juga hanya harus melakukan langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk mengeluarkannya dari menara.

Cara Menghapus Kartu Grafis

cara-menghapus-kartu grafis

Tergantung pada tujuan kamu, kamu harus melepas kartu fisik, kabel, dan perangkat lunak terkait lainnya.

Mengeluarkan kartu dari menara

Mengambil beberapa langkah untuk memastikan keselamatan kamu dan keamanan komputer kamu sebelum kamu mulai sangat penting untuk kesuksesan.

  1. Matikan PC kamu sepenuhnya. Tunggu beberapa menit sebelum melanjutkan.
  2. Cabut komputer. Matikan sakelar pada PSU jika kamu memilikinya. Umumnya, kamu ingin mencabut semuanya dari bagian belakang menara kamu sebelum kamu melepas bagian internalnya.
  3. Lepaskan sisi menara komputer kamu di sisi kanan untuk mengakses GPU. Beberapa kasing memiliki sisi yang dapat kamu geser tanpa melepas sekrup. Yang lain mengharuskan kamu melepas sekrup atau menekan tombol untuk membukanya.
  4. Lepaskan kabel dari GPU. Tergantung pada modelnya, kamu mungkin perlu menekan kabel agar terlepas dengan benar.
  5. Temukan sekrup yang menghubungkan GPU ke casing komputer. Hapus mereka. kamu mungkin perlu menggunakan obeng, tergantung pada model kartu kamu. Pasang sekrup di suatu tempat di dekat kamu, sehingga mudah ditemukan saat kamu memasang kembali kartu.
  6. Cari level atau slot yang dapat kamu tekan atau tarik untuk melepaskan GPU dari slot PCI di motherboard kamu. Setelah kamu mendorong atau menarik ini, kamu harus dapat mengeluarkan kartu sepenuhnya.

Ada beberapa hal lain yang perlu dipikirkan juga ketika tiba saatnya untuk melepas kartu grafis fisik.

  • Terkadang kamu mungkin perlu lepaskan komponen komputer lain untuk mengakses GPU. Itu semua tergantung pada bagaimana kasus kamu diatur. Jika terlalu sulit untuk menjangkau kartu tanpa melepas bagian lain, maka luangkan waktu untuk menariknya terlebih dahulu.
  • Jika kamu menggunakan pendingin pada GPU, kamu mungkin perlu melepasnya dari kartu atau komputer untuk melepaskan GPU. Itu semua tergantung pada jenis dan model pendingin yang kamu miliki.
  • Pertimbangkan untuk memakai tali pergelangan tangan antistatis saat bekerja di depan komputer kamu. Melakukannya dapat membantu kamu menghindari potensi kerusakan pada GPU dan bagian lainnya.

Cara melepas kabel GPU

Setelah kamu melepaskan kabel dari GPU, kabel tersebut masih terhubung ke bagian lain komputer kamu. Tidak ada salahnya membiarkannya tetap terpasang jika kamu berencana memasang kembali kartu yang sama. Jika kamu akan meletakkan kartu lain di komputer, kabel harus dilepas untuk memberi ruang bagi kartu baru.

  1. Pastikan komputer kamu dimatikan, dan PSU juga dimatikan. Menara itu sendiri harus dicabut.
  2. Temukan di mana kabel terhubung. Tergantung pada model dan pengaturan kamu, kamu mungkin memiliki beberapa sambungan ke berbagai bagian lain.
  3. Tekan ke bawah pada ujung kabel dan geser dari port.
  4. Cari kabel tambahan. Beberapa GPU memiliki beberapa kabel daya. Jika milik kamu salah satunya, hapus juga. Tergantung pada model GPU, mungkin juga ada kabel yang dicolokkan langsung ke slot PCI.

Atur kabel ke samping dan simpan dengan GPU jika kamu berencana untuk menyimpannya. Tidak semua GPU memerlukan kabel yang sama, dan lebih mudah untuk menyatukannya.

Menghapus perangkat lunak GPU

kamu dapat menghapus semua perangkat lunak dari komputer kamu untuk memberi ruang bagi GPU baru kamu dan perangkat lunaknya. Mungkin saja perangkat lunak tersebut bertentangan dengan program yang lebih baru yang dirancang untuk GPU apa pun yang menggantikan yang asli.

  1. tekan Windows kunci.
  2. Jenis Tambah atau Hapus dan klik Tambah atau Hapus Program opsi pengaturan.
    tambah-atau-hapus-program
  3. Cari program yang terkait dengan GPU kamu. Misalnya, kamu mungkin telah menginstal Afterburner MSI dan menyimpan profil yang dirancang untuk itu.
  4. Klik Copot pemasangan.
  5. Klik Ya.
  6. Ikuti petunjuk untuk menghapus program. Tergantung pada program kamu, a window mungkin muncul dengan langkah-langkah yang perlu kamu ambil untuk menyelesaikan penghapusan instalasi.
  7. Restart komputer kamu setelah menghapus semua program.

Sekarang kamu harus memiliki papan tulis yang bersih untuk apa pun yang ingin kamu instal.

Tips dan Saran

Satu problem kamu mungkin mengalami adalah bahwa tidak setiap komputer memiliki GPU khusus. Beberapa memiliki grafis terintegrasi, yang berarti motherboard memiliki modul kartu grafis yang memungkinkannya menangani grafis.

Ini tidak dapat dihapus karena merupakan bagian dari motherboard. kamu harus melepas motherboard untuk melepaskan kartu grafis terintegrasi.

Jika kamu akan menyimpan GPU kamu, dapatkan tas anti-statis untuk menyimpannya. Ini dapat membantu melindunginya dari kerusakan saat disimpan dan memastikan kamu dapat menggunakannya lagi ketika saatnya tiba.

Selalu periksa dengan pabrikan PC kamu sebelum melepas suku cadang jika masih dalam garansi. Terkadang melepas komponen dapat membatalkan garansi apa pun.

Tinggalkan komentar