Cara Menggunakan Laptop Sebagai Monitor Kedua

Apakah kalian memiliki laptop cadangan tergeletak di sekitar? Apakah kalian ingin menggunakannya sebagai monitor kedua untuk komputer utama kalian?

Windows 10 memberi kalian pilihan untuk menghubungkan laptop secara nirkabel untuk menggunakannya sebagai monitor kedua. Pertama, di laptop kalian, buka pengaturan. Kemudian klik sistem dan gulir ke Memproyeksikan ke PC.

Kemudian, follow panduan langkah demi langkah kami tentang bagaimana kalian menggunakan laptop kalian sebagai monitor kedua.

Bagi mereka yang mendapat pesan kesalahan yang mengatakan, “Konten yang dilindungi tidak dapat dilihat di perangkat ini,” ada beberapa poin pemecahan masalah di akhir artikel.

Tanpa basa-basi lagi, mari kita mulai!

Di Laptop yang Ingin kalian Gunakan sebagai Monitor Kedua

Pertama-tama, ada beberapa hal yang harus kalian lakukan di laptop yang akan kalian gunakan sebagai monitor kedua.

Mengizinkan Akses Proyeksi

  1. Pergi ke ‘Awal‘, Tipe ‘Pengaturan proyeksi‘, dan klik di atasnya. Ini akan membuka pengaturan window dengan judul “Memproyeksikan ke PC ini”.
  2. Di menu tarik-turun di mana dikatakan “Beberapa Windows dan perangkat Android dapat memproyeksikan ke PC ini saat kalian mengatakan tidak apa-apa“, Pilih “Tersedia di mana-mana” atau “Tersedia Di Mana Saja di Jaringan Aman”tergantung pada kalian security kekhawatiran.
  3. Di menu tarik-turun di mana dikatakan “Minta untuk memproyeksikan ke PC ini“, Pilih “Setiap kali koneksi diminta” atau “Baru pertama kali”tergantung pada kalian security kekhawatiran.

Catatan Penulis: Jika tidak ada fitur di atas yang tersedia dan layar kalian terlihat seperti ini,

  1. Klik fitur pilihanPasang Layar Nirkabel
  2. Pilih Tambahkan fiturKlik Tambah Fitur
  3. Menemukan Tampilan Nirkabel dan menginstalnya. Temukan Layar Nirkabel Dan Instal

Kemudian kembali dan follow langkah-langkah yang tercantum di atas.

Langkah opsional

Opsional: Untuk keamanan tambahan di menu tarik-turun yang bertuliskan “Memerlukan PIN untuk memasangkan”Pilih “Pertama kali”. (kalian dapat melewati langkah ini dan membiarkan opsi sebagai “Tidak pernah”.)

Opsional: Jika kalian khawatir tentang melestarikan baterai laptop kalian, kalian dapat mengubah Pada, “PC ini hanya dapat ditemukan untuk proyeksi jika dicolokkan ke sumber listrik”.

Catatan: Pastikan kalian memperhatikan nama PC dari laptop kalian.

Di Komputer Utama

Sekarang setelah kalian mengatur pengaturan proyeksi laptop kalian, buka komputer utama kalian dan follow langkah-langkah ini:

  1. Tekan ‘Windows + P’. Sebuah geser window akan muncul dari sisi kanan layar. Di jendela ini kalian akan menemukan tautan bernama ‘Hubungkan ke Layar Nirkabel‘ di dasar. Klik di atasnya.Memproyeksikan laptop sebagai monitor keduaCatatan: Jika PC kalian tidak mendukung Wi-Fi, tautan ‘Connect to a Wireless Display’ tidak akan muncul.
  2. Komputer kalian akan mulai mencari tampilan nirkabel yang tersedia, dan nama PC laptop kalian akan muncul di daftar. Klik untuk terhubung.Catatan: Jika Laptop kalian tidak muncul di hasil pencarian, coba masukkan nama PCnya secara manual di bilah pencarian.

Di Laptop yang Ingin kalian Gunakan sebagai Monitor Kedua

Kembali ke laptop kalian, sebuah kotak dialog kecil akan muncul di sudut kanan bawah layar, meminta kalian untuk memberikan komputer utama kalian akses ke layar laptop. Klik ‘Mengizinkan‘.

Ini akan membuka ‘Connect App’ dan dengan demikian komputer utama kalian akan terhubung ke laptop kalian.

Di Komputer Utama

Sekarang komputer utama kalian terhubung ke laptop kalian dan siap untuk memproyeksikan, kalian perlu memilih jenis proyeksi.

Pertama, tekan ‘Windows + P’. kalian akan menemukan beberapa opsi di Proyek window. Opsi yang menarik bagi kalian adalah ‘Duplikat‘ dan ‘Memperpanjang‘.

Memperpanjang

Memilih opsi ini akan memperlakukan layar laptop kalian sebagai perpanjangan dari monitor utama kalian. Layar laptop akan menjadi seperti ruang ekstra di layar asli kalian.

Gunakan Laptop sebagai Monitor Kedua

Duplikat

Memilih opsi ini akan menduplikasi layar komputer utama kalian seperti pada laptop. Layar laptop kalian akan mencerminkan layar komputer utama kalian apa adanya. Jadi, kalian akan memiliki dua layar yang menampilkan konten yang sama.

Pemecahan masalah: Konten yang dilindungi tidak dapat dilihat di perangkat ini

Sementara langkah-langkah yang tercantum di atas akan bekerja dengan sempurna untuk sebagian besar pengguna, beberapa mungkin mendapatkan pesan kesalahan di laptop mereka yang berbunyi: “Konten yang dilindungi tidak dapat dilihat di perangkat ini.”

Laptop Konten Terlindungi Sebagai Monitor Kedua

Jika kalian mengalami masalah ini, ada beberapa hal yang dapat kalian coba:

Matikan Firewall

Hal pertama yang harus kalian coba adalah mematikan firewall jaringan di laptop yang kalian coba sambungkan. Untuk melakukan ini, follow langkah-langkah ini:

Langkah 1: Klik ‘Awal‘, Tipe ‘Firewall & perlindungan jaringan‘ dan klik di atasnya.

Langkah 2: Dalam Firewall & perlindungan jaringan pengaturan, klik ‘Jaringan Pribadi‘. Belok ‘Mati‘ firewallnya.

Langkah 3: Ulangi langkah 2 untuk ‘Jaringan publik‘.

Matikan firewall Laptop Sebagai Monitor Kedua

Langkah 4: Restart Laptop kalian & coba sambungkan lagi.

Semoga ini akan menyelesaikan masalah kalian. Jika tidak mencoba solusi selanjutnya.

Izinkan Akses Media

Langkah 1: Klik ‘Awal‘, Tipe ‘Panel kendali‘ dan klik di atasnya.

Langkah 2: Dalam ‘Panel kendali‘ klik ‘Jaringan dan Internet‘ > ‘Jaringan dan pusat Berbagi‘.

Langkah 3: Dalam ‘Jaringan dan pusat Berbagi‘, Pilih ‘Opsi streaming media‘ dari daftar di sisi kiri atas.

Langkah 4: Pada dialog yang muncul, klik ‘Nyalakan streaming media‘. kalian mungkin akan diminta untuk mengonfirmasi pilihan kalian.

Opsi Streaming Media Laptop Sebagai Monitor Kedua

Langkah 5: Nyalakan kembali Laptop kalian & coba sambungkan lagi.

Semoga ini akan menyelesaikan masalah kalian. Jika tidak mencoba solusi selanjutnya.

Periksa Ketersediaan Miracast

Jika tidak satu pun dari dua solusi pertama yang berhasil untuk kalian, kalian mungkin harus memeriksa ketersediaan Miracast di laptop kalian. Miracast adalah teknologi yang memungkinkan streaming nirkabel antar perangkat. Dan jika salah satu perangkat kalian (komputer utama atau laptop) tidak memilikinya, kalian tidak akan dapat follow langkah-langkah yang dijelaskan dalam artikel ini.

Follow langkah-langkah ini untuk memeriksa ketersediaan Miracast di komputer kalian:

Langkah 1: Tekan ‘Windows + R‘ untuk membuka Jalankan window. Ketik “dxdiag” dan tekan enter. Jika kalian diminta dengan kotak dialog, klik ‘Ya‘. Ini akan membuka ‘Alat Diagnostik DirectX‘ window.

Langkah 2: Dalam ‘Alat Diagnostik DirectX‘ jendela klik pada ‘Simpan Semua Informasi…‘. Temukan lokasi dan nama yang sesuai untuk file dan simpan.

Langkah 3: Setelah kalian menyimpan file Informasi Diagnostik, buka file tersebut.

Langkah 4: Dalam daftar, cari ‘Miracast‘. Seharusnya mengatakan “Tersedia, dengan HDCP” di sebelahnya. Jika dikatakan “Tidak tersedia”, maka sayangnya kalian tidak akan bisa follow itu tutorial di atas.

Periksa Laptop Miracast Sebagai Monitor Kedua

Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar