Cara Memulihkan Foto yang Dihapus Di Android

Cara termudah untuk memulihkan foto yang dihapus di Android adalah dengan pulihkan menggunakan perangkat atau cadangan cloud. Tentu saja, jika foto-foto tersebut masih ada di folder sampah, kalian juga dapat langsung memulihkannya dari sana. Tapi ini adalah skenario kasus terbaik yang hanya akan berlaku dalam beberapa situasi.

Tetapi bagaimana jika foto telah dihapus secara permanen dari sampah, dan kalian juga tidak memiliki cadangan? Aplikasi Pemulihan Data untuk ponsel kalian dan perangkat lunak pemulihan berbasis PC untuk kartu SD kalian akan menjadi pilihan terbaik kalian dalam skenario ini.

kalian dapat menemukan semua detail tentang cara menerapkan solusi ini dan memulihkan foto yang dihapus di android dalam panduan kami di bawah ini.

Pulihkan Foto yang Dihapus di Android dari Sampah

Saat kalian menghapus foto, sebagian besar waktu, foto itu tidak langsung terhapus. Ini sebenarnya dipindahkan ke tempat sampah, juga disebut folder File Baru Dihapus atau Keranjang Sampah. Foto yang dihapus biasanya tetap berada di sampah selama 30 hari, sebelum itu, kalian dapat memulihkannya dengan mudah dengan langkah-langkah berikut:

  1. Luncurkan Galeri aplikasi dan buka Pengaturan.
  2. Di bawah Pengaturan Tambahan, cari dan buka Bak sampah.
  3. Pada perangkat yang lebih baru, tempat sampah mungkin terletak di Album bagian.
    album-sampah-bagian
  4. Pilih foto yang ingin kalian pulihkan dan tekan Memulihkan tombol.
    tombol-kembalikan-sampah
  5. Mungkin juga perlu memeriksa Tempat sampah dalam Manajer File dan memulihkan foto apa pun dari sana.file-manager-recycle-bin

Pulihkan Foto yang Dihapus di Android dari Cloud

Jika kalian menggunakan segala bentuk penyimpanan cloud untuk menyimpan, menyinkronkan, atau mencadangkan foto, kalian dapat memulihkan foto dari sana. Sebagian besar aplikasi penyimpanan cloud menyimpan foto dan file yang dihapus untuk 30 hari atau lebih. Jadi, untuk foto yang baru saja dihapus di Android, ini mungkin akan membantu.

Google Foto

Foto Google menyimpan foto selama 30 hari di folder sampah. Jika foto atau video kalian dicadangkan ke Google Foto, jumlah ini meningkat menjadi 60 hari!

  1. Luncurkan aplikasi Google Foto.
  2. Pilih Foto yang ingin kalian pulihkan.
  3. Ketuk tombol tiga titik dan pilih Unduh / Simpan ke Perangkat.
    unduh-simpan-ke-perangkat
  4. Jika kalian tidak melihat foto kalian, buka folder Bin dari layar beranda dan periksa di sana.
  5. Pilih yang akan dipulihkan, tekan Pulihkan, lalu pilih lagi dan tekan Unduh.

google Drive

File yang dihapus dari Google Drive tetap berada di tempat sampah selama 30 hari sebelum dihapus secara permanen. Untuk memulihkan foto dari Google Drive:

  1. Luncurkan aplikasi Google Drive.
  2. Pilih Foto yang ingin kalian pulihkan.
  3. Ketuk tombol tiga titik dan pilih Unduh / Simpan ke Perangkat.
  4. Jika kalian tidak melihat foto kalian, tekan ikon tiga baris untuk meluncurkan menu G-Drive.
  5. Di folder Bin, pilih yang akan dipulihkan dan tekan Pulihkan. Kemudian pilih foto lagi dan tekan Unduh.
    google-drive-bin-kembalikan

Microsoft OneDrive

OneDrive biasanya menyimpan file yang dihapus selama 30 hari. Tetapi jika kalian menggunakan akun kantor atau sekolah, file tersebut tetap berada di tempat sampah hingga 93 hari!

  1. Buka aplikasi OneDrive di perangkat Android kalian.
  2. Pilih Foto dari menu bawah.
  3. Pilih foto yang ingin kalian pulihkan.
  4. Ketuk tombol tiga titik dan pilih Menyimpan.
  5. Jika kalian tidak melihat fotonya, buka Aku > Tempat Sampah dan mengembalikan foto terlebih dahulu. Kemudian, coba simpan.

Gunakan Aplikasi Pemulihan Data untuk Memulihkan Foto yang Dihapus di Android

Saat kalian menghapus foto, atau apa pun, bahkan dari tempat sampah, foto itu sebenarnya tidak menghilang menjadi ketiadaan. Ruang yang ditempati file hanya ditandai sebagai kosong, dan OS kalian menimpa data di ruang itu dengan data baru sesuai kebutuhan.

Inilah sebabnya, meskipun kalian merasa telah menghapus foto secara permanen dari galeri atau ponsel, kalian masih dapat memulihkannya menggunakan Aplikasi Pemulihan Data. Beberapa aplikasi populer untuk ini termasuk Disk Digger, Dumpster, Android Data Recovery, FonePaw, dan Dr. Fone.

Langkah-langkah yang tepat akan berbeda sesuai dengan aplikasi tetapi langkah-langkah umum tercantum di bawah ini:

  1. Luncurkan Aplikasi Pemulihan Data dan berikan izin sesuai kebutuhan.
  2. Pilih Foto atau ekstensi yang sesuai (.jpg, .png) sebagai jenis file.
  3. Sebagian besar aplikasi akan memiliki dua opsi pemindaian yang tersedia – Basic dan Pemindaian Penuh. Idealnya, kalian ingin melakukan pemindaian penuh tetapi biasanya kalian harus melakukan root pada perangkat kalian terlebih dahulu. Pilih opsi yang sesuai dan lakukan pemindaian.
    disk-digger-android-foto-pemulihan-aplikasi-basic-Memindai keseluruhan
  4. Setelah pemindaian selesai, pilih foto dari daftar yang dipulihkan dan tekan Pulihkan.

Pulihkan Foto yang Dihapus di Android dari Kartu SD

Jika kalian menggunakan kartu SD untuk menyimpan foto/file di android, kalian dapat menggunakan Perangkat Lunak Pemulihan Data di PC untuk memulihkan foto yang hilang.

Beberapa perangkat lunak populer di Windows untuk memulihkan foto yang terhapus termasuk Recuva, PhotoRec, dan Stellar Photo Recovery.

Pengguna Mac dapat menggunakan versi macOS dari perangkat lunak ini atau sebagai gantinya memilih EaseUS Data Recovery atau Disk Drill.

Sekarang, untuk memulihkan foto dari kartu SD:

  1. Masukkan kartu SD ke dalam Pembaca Kartu dan sambungkan ke PC kalian.
  2. Luncurkan Aplikasi Pemulihan Data pilihan kalian.
  3. carilah Pemulihan Drive yang Dapat Dilepas atau opsi serupa.
  4. Jika diberi pilihan, pilih Memindai dengan seksama untuk memindai lokasi yang paling memungkinkan untuk foto kalian. Demikian pula, pilih beberapa jenis gambar (.jpg, .png, dll.) karena beberapa perangkat lunak pemulihan hanya akan memulihkan gambar mini karena pengaturan default.
  5. Follow petunjuk lain di layar untuk menyelesaikan prosedur pemulihan.recuva-recover

Bawa Perangkat kalian ke Spesialis Pemulihan Data

Jika tidak ada solusi di atas yang membantu, satu-satunya pilihan kalian mungkin adalah menyerahkan ponsel kalian ke pusat perbaikan. Spesialis pemulihan data akan memiliki akses ke alat dan teknik pemulihan data forensik, yang dapat membantu. Bahkan dengan seorang ahli, tidak ada jaminan sekalipun.

Bagaimana Cara Mencadangkan Data dan Foto kalian di Android?

Pada akhirnya, cara terbaik untuk mengatasi kehilangan data adalah bersiap untuk itu dengan pencadangan rutin. Mencadangkan data ponsel kalian (Kontak, Riwayat Panggilan dan Pesan, Data Sistem, Data Aplikasi Pihak Ketiga, dll.) umumnya cukup mudah. Untuk melakukannya:

  1. Luncurkan Pengaturan aplikasi.
  2. Navigasi ke Pengaturan Tambahan / Pengaturan lanjutan > Cadangkan dan Pulihkan.
  3. Pilih item yang ingin kalian cadangkan dan follow petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses.
  4. Perhatikan lokasi cadangan kalian.lokasi-cadangan-perangkat
  5. Arahkan ke lokasi penyimpanan cadangan, salin konten dan simpan di tempat lain juga (di USB atau perangkat lain) untuk penyimpanan yang aman.

Untuk mencadangkan file multimedia seperti foto dan video juga, kalian harus masuk ke Akun Google atau Akun Produsen Perangkat (mis. Akun Samsung). Untuk melakukannya:

  1. Navigasi ke Setelan > Google.
  2. Masuk ke Akun Google kalian jika kalian belum melakukannya.
  3. Buka layar Cadangan, pilih file/jenis file yang ingin kalian cadangkan, dan tekan Cadangkan Sekarang.

Jika kalian ingin mengaktifkan pencadangan otomatis untuk foto saat ini/yang akan datang, aktifkan Sinkronisasi di Akun Google, Google Foto, dan Google Drive kalian.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apakah Ponsel Android Memiliki Recycle Bin/Folder Sampah?

Meskipun ponsel android tidak memiliki Recycle Bin resmi, mereka memiliki folder serupa untuk berbagai tujuan.

Itu Bak sampahyang dapat kalian akses melalui Pengaturan Galeri, menyimpan foto dan video yang dihapus dalam 30 hari terakhir. Itu File yang Baru Dihapus folder di pengelola file juga memiliki tujuan yang sama, kecuali untuk semua jenis file.

Jika kalian menggunakan layanan cloud seperti Google Foto, Google Drive, atau Microsoft OneDrive, mereka juga memiliki Recycle Bins sendiri.

Aku Menghapus Foto Aku Secara Permanen di Android. Bisakah Aku Masih Memulihkannya?

Saat kalian menghapus foto secara permanen, ruang yang ditempati oleh foto tersebut ditandai sebagai ruang kosong. Seiring waktu, sistem kalian akan menulis di atas foto dan menggunakan ruang itu seperlunya.

Inilah sebabnya mengapa disarankan untuk tidak menggunakan perangkat kalian setelah kehilangan data apa pun. Semakin sering kalian menggunakan perangkat, semakin tinggi kemungkinan data berharga ditimpa dan hilang selamanya.

Di sisi lain, jika kalian hanya menghapus foto baru-baru ini dan tidak terlalu sering menggunakan perangkat sejak saat itu, masih ada peluang bagus untuk berhasil menggunakan Perangkat Lunak Pemulihan Data.

Bagaimana Memulihkan Foto yang Dihapus Secara Permanen di iPhone / Mac?

Pengguna iPhone dapat memulihkan foto yang dihapus secara permanen dengan mudah jika mereka memiliki cadangan iTunes atau iCloud. Jika tidak ada cadangan, kalian dapat menggunakan aplikasi pemulihan pihak ketiga seperti TenorShareUlt, iMobie, atau iMyFone.

Selain itu, pengguna Mac juga dapat menggunakan cadangan Time Machine untuk memulihkan foto yang dihapus secara permanen.

Kami memiliki artikel dengan petunjuk langkah demi langkah tentang cara memulihkan foto yang dihapus secara permanen di iPhone untuk bacaan kalian lebih lanjut.

Tinggalkan komentar