Cara Memperbaiki Drive USB Tidak Muncul Di Windows

Jika PC kamu menunjukkan kesalahan “USB drive not Recognized” atau PC kamu tidak merespons sama sekali, itu bisa disebabkan oleh beberapa alasan. Milikmu Windows mungkin tidak kompatibel dengan sistem file drive USB kamu, atau mungkin ada masalah dengan drive USB kamu.

Untungnya, kami akan membahas lebih banyak alasan mengapa drive USB kamu tidak muncul dan cara memperbaikinya.

Mengapa Drive USB Aku Tidak Muncul?

Berikut adalah beberapa alasan drive USB kamu tidak muncul di PC kamu:

  • usang Windows
  • Pengontrol USB rusak
  • Port USB rusak
  • Driver atau perangkat lunak yang kedaluwarsa
  • Masalah dengan Partisi
  • Driver usang di motherboard PC

Pemecahan Masalah Drive USB Tidak Muncul

Sebelum melanjutkan ke perbaikan, periksa apakah Windows dapat mendeteksi drive USB kamu. Tekan Windows dan X tombol pada saat yang sama untuk membuka menu tambahan. Klik Manajemen Disk. Di jendela baru ini kamu dapat melihat semua perangkat yang terhubung.

kamu mungkin dapat melihat drive USB kamu di daftar ini, atau bisa juga memiliki nama seperti Volume yang dapat dilepas. Jika kamu masih tidak dapat melihat drive USB kamu, kami dapat menjelajahi beberapa metode di bawah ini:

Matikan Pengaturan Manajemen Daya

Terkadang saat PC kamu dalam mode hemat daya, perangkat seperti drive USB mungkin akan mati untuk menghemat baterai. Jadi, jika PC kamu dalam mode ini, drive USB kamu mungkin tidak muncul. Untungnya, ada cara untuk mencegahnya terjadi.

  1. Ikuti langkah-langkah kami di atas untuk mengakses Pengaturan perangkat dan klik dua kali pada Pengendali Bus Serial Universal.
  2. Klik dua kali pada Hub Akar USB. kamu sekarang akan melihat pop-up kecil window di mana kamu dapat melihat properti USB kamu.
  3. Dari tab di atas, klik Manajemen daya.
  4. Hapus centang pada kotak yang mengatakan Izinkan komputer mematikan perangkat ini untuk menghemat daya. manajemen daya
  5. Klik Oke.

Catatan: Jika kamu melihat beberapa perangkat USB Root Hub, ulangi langkah-langkah untuk semuanya.

Nonaktifkan USB di Pengaturan Paket Daya

Mirip dengan solusi sebelumnya, langkah ini adalah cara lain untuk mencegah drive USB kamu dinonaktifkan. Berikut cara melakukannya:

  1. Enter Rencana daya di bilah Pencarian. kamu mungkin melihat opsi yang disebut Sunting Rencana Daya di Panel Kontrol.
  2. Di jendela pop-up baru, klik Ubah pengaturan daya lanjutan. kamu akan melihat pop-up lain window bernama Opsi Daya.ubah-maju-daya-pengaturan
  3. Gulir dan klik dua kali pada pengaturan USB lalu klik dua kali lagi pada Pengaturan penangguhan selektif USB. pengaturan usb
  4. Klik Dicolokkan: Diaktifkan. Klik Dengan disabilitas.

Perbarui/Instal Ulang Pengontrol USB

Jika driver USB kamu rusak atau tidak konsisten, mungkin driver tersebut gagal mengenali drive USB kamu. Jadi, satu-satunya metode adalah memperbarui atau menginstal ulang driver USB. Berikut cara melakukannya:

  1. Jenis “Pengaturan perangkat” di bilah pencarian dan buka. Di sini, kamu dapat melihat daftar semua perangkat di PC kamu.
  2. Sekarang, gulir ke bawah dan klik dua kali pada Pengontrol Bus Serial Universal. kamu mungkin melihat dua atau lebih driver dari daftar drop-down.
  3. Klik kanan pada perangkat satu per satu dan klik Perbarui driver.
  4. Jika kamu ingin menghapusnya, klik Hapus instalan driver. update-atau-uninstall-driver
  5. kamu sekarang dapat me-restart PC kamu. Windows akan menginstal driver baru secara otomatis.
  6. kamu juga dapat mengklik Pindai perubahan perangkat keras. Kemudian, coba sambungkan drive USB kamu.pindai-untuk-perangkat keras-perubahan

Jika PC masih gagal mengenali drive USB kamu, pasti ada kerusakan di dalam port USB.

Perbarui Driver Chipset Motherboard

Jika driver Chipset pada motherboard PC kamu sudah usang, PC kamu mungkin gagal mendeteksi drive USB kamu. Untuk mengatasi masalah ini, yang terbaik adalah memperbarui driver ke versi terbaru mereka.

  1. Baca manual PC kamu dan dokumen informasi produk mengenai produsen motherboard.
  2. Buka halaman dukungan online dari pabrikan PC kamu.
  3. Biasanya, semua merek komputer memiliki opsi di situs web resmi mereka untuk menginstal driver. Jadi, kamu dapat memilih driver yang benar dan menginstalnya untuk PC kamu.

Format Drive USB

Jika sebagian besar solusi tidak berfungsi, mungkin ada virus atau file yang rusak di drive USB kamu, yang menyebabkannya tidak muncul. Ini dapat sering terjadi dengan drive USB yang relatif lama dan yang sering kamu bagikan dengan orang lain. Agar drive USB berfungsi dengan baik lagi, kamu harus memformatnya.

Skenario lain di mana langkah ini berguna adalah jika drive dipartisi, tetapi kamu masih tidak dapat menggunakan drive. Jika drive dalam format yang tidak kompatibel dengan Windows dapat menyebabkan drive USB tidak muncul. Yang terbaik untuk diingat itu Windows mendukung drive dengan sistem file, seperti NTFS, FAT32, atau exFAT.

Harap dicatat bahwa meskipun memformat drive mungkin berhasil, itu akan menghapus semua file dan mengosongkan drive USB kamu. Jadi, ada baiknya untuk mencadangkan beberapa file jika kamu memilikinya di platform lain. Sementara itu, berikut ini cara memformat drive USB kamu:

  1. Di bilah pencarian, enter Membuat dan memformat partisi hard disk. Ini akan membawa kamu ke Manajemen Disk window.
  2. Klik kanan pada penyimpanan yang dapat dilepas. Dari menu tambahan, klik Format.disk yang dapat dilepas
  3. Dalam Label volume area, atur nama untuk penyimpanan di File Explorer.
  4. Dari menu tarik-turun dari Berkas sistemklik NTFS.
  5. Dari menu tarik-turun di Ukuran Unit Alokasiklik Bawaan.
  6. Pilih kotak yang bertuliskan Lakukan format cepat.perform-a-quick-format
  7. kamu juga dapat mencentang kotak yang bertuliskan Aktifkan kompresi file dan folder.
  8. Klik Oke.

kamu sekarang dapat mencoba menghubungkan drive USB kamu ke PC kamu.

Periksa Kerusakan Perangkat Keras

Jika solusi terkait perangkat lunak tidak membantu kamu, inilah saatnya untuk memeriksa apakah ada kerusakan fisik. Untuk mengonfirmasi ini, kamu dapat mencoba menghubungkan drive USB ke komputer lain. Jika berhasil, maka problem dengan port USB pada PC kamu. Jika drive USB masih tidak muncul di PC lain, problem adalah dengan drive itu sendiri.

kamu dapat menggunakan senter untuk memeriksa kerusakan di sekitar atau di dalam port USB di desktop atau laptop kamu. Demikian pula, lakukan tes yang sama pada drive USB kamu. Periksa apakah ada bagian yang retak dan patah.

Jika ya, kamu dapat membawa PC kamu ke bengkel elektronik terdekat untuk memperbaiki kerusakan. Jika ada kerusakan parah pada drive USB kamu, mungkin sudah saatnya untuk menggantinya dengan yang baru.

Perbarui kamu Windows

windows    memperbarui

Terakhir, perbarui Windows mungkin hanya melakukan trik. Ini karena melakukan langkah ini akan memperbaiki bug kecil dan memperbarui semua driver dan komponen PC kamu. Cukup buka Updates dan Security dari pengaturan. Pergi ke Windows Perbarui dan klik Updates yang tersedia.

Tinggalkan komentar