Cara Memeriksa Versi BIOS

Cara Memeriksa Versi BIOS – Selain memuat Sistem Operasi dari perangkat penyimpanan ke memori utama, BIOS juga mengawasi semua komponen yang terhubung ke motherboard. Namun, jika Kamu memiliki motherboard yang relatif lebih tua, BIOS mungkin tidak mendeteksi perangkat yang terhubung. Di situlah memperbarui BIOS masuk.

Memperbarui BIOS membuat motherboard lebih kompatibel dengan perangkat baru dan memberikan keamanan yang lebih baik. Namun, untuk memeriksa apakah motherboard Kamu memerlukan Updates BIOS, Kamu harus terlebih dahulu mengetahui versi BIOS Kamu saat ini.

Sekarang, tanpa penundaan lebih lanjut, mari kita masuk ke artikel.

Apakah Updates BIOS Diperlukan?

Updates BIOS tidak selalu diperlukan kecuali jika pabrikan telah membawa beberapa peningkatan besar. Memperbarui BIOS tidak membuat sistem Kamu bekerja lebih cepat. Dan jika komputer menghadapi pemadaman listrik selama Updates BIOS, seluruh motherboard bahkan dapat menjadi tidak berguna.

Meskipun ada risiko saat memperbarui BIOS, ada beberapa keuntungan juga. Jika board mengalami masalah dalam mendeteksi perangkat periferal yang lebih baru, memperbarui BIOS dapat membantu mendeteksi perangkat tersebut.

Alasan lain untuk melakukan Updates BIOS adalah jika pabrikan telah menyediakan Updates besar yang memperbaiki bug utama atau memberikan peningkatan keamanan.

Cara Memeriksa Versi BIOS Di Windows

Di Windows, Kamu dapat memeriksa versi BIOS dengan berbagai cara.

Dari Sistem Informasi

Informasi Sistem berisi semua detail tentang sistem Kamu, seperti CPU yang terpasang, Sistem Operasi, memori utama, dan versi BIOS. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memeriksa versi BIOS dari Informasi Sistem.

  1. Tekan tombol Windows + R untuk Open Run.
  2. Jenis msinfo32.exe membuka Sistem Informasi.
  3. Di panel kiri, klik Sistem Ringkasan.
  4. Sekarang, di panel kanan, Versi/Tanggal BIOS mewakili versi BIOS Kamu saat ini.

Dari Command Prompt

Selain ratusan perintah yang dapat Kamu gunakan untuk mengoperasikan OS, Command Prompt juga memungkinkan Kamu mengakses detail tentang keseluruhan sistem.

  1. Tekan tombol Windows + R untuk Open Run.
  2. Jenis cmd dan tekan Enter.
  3. Jenis wmic bios get manufacturer, smbiosbiosversion dan tekan Enter.Cara Memeriksa Versi BIOS
  4. BIOS motherboard Kamu ditampilkan di bawah Versi SMBIOSBIOS.

Dari Editor Registri

Registry Windows adalah database yang disimpan di hard drive Kamu yang menyimpan pengaturan Windows dan informasi penting. Ini juga berisi data tentang BIOS motherboard.

Pastikan Kamu tidak mengubah pengaturan apa pun di dalam registri. Karena registri berisi pengaturan Windows yang penting, mengubahnya dapat merusak OS secara permanen. Jadi, meskipun Kamu tidak mengubah apa pun di dalam registri, kami sarankan untuk mencadangkan registri.

Untuk mengakses pengaturan registri,

  1. Tekan tombol Windows + R untuk Open Run.
  2. Jenis regedituntuk membuka Registri Editor.
  3. Di panel kiri, navigasikan ke Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\HARDWARE\DESCRIPTION\System\BIOS
  4. Sekarang, periksa data yang sesuai dengan Versi BIOS di panel kanan. Ini adalah versi BIOS Kamu.
    periksa-bios-versi-melalui-registry

Menggunakan Pengaturan BIOS

Karena BIOS memiliki semua detail tentang sistem Kamu, BIOS juga memiliki informasi tentang versi saat ini. Detail tentang sistem Kamu biasanya terletak di dalam Informasi Sistem di pengaturan BIOS Kamu.

Karena ada beberapa produsen motherboard, Kamu perlu mencari pengaturan seperti informasi sistem, detail, dll., untuk memeriksa versi BIOS untuk motherboard spesifik Kamu.

Aplikasi Pihak Ketiga

Cara sederhana lainnya untuk memeriksa versi BIOS Kamu adalah melalui aplikasi pihak ketiga. Namun, akan membantu jika Kamu memastikan bahwa aplikasi tersebut tidak mengandung malware atau virus apa pun yang dapat menyebabkan ancaman keamanan pada PC Kamu.

Bagaimana Cara Memeriksa Versi BIOS Di Linux?

Di sistem Linux, Kamu dapat mengakses informasi BIOS melalui: kode dmide perintah menggunakan terminal. Namun, Kamu harus memiliki akses root untuk melakukannya.

  1. Klik tombol Aplikasi di kiri bawah layar.
  2. Cari Terminal dan klik pada hasil pencarian pertama.
  3. Jenis sudo dmidecode | less dan ketik kata sandi untuk pengguna root.
  4. Di bawah Informasi BIOS, Penjual mewakili produsen motherboard, dan Versi: kapan mewakili BIOS Versi: kapan.

Tinggalkan komentar