Cara Memeriksa Memori Kartu Grafis

Jumlah memori yang dimiliki kartu grafis memengaruhi kinerja dan kemampuannya. Namun, begitu GPU ada di komputer kamu, mungkin sulit untuk mengetahui berapa banyak memori yang dimiliki kartu jika kamu tidak terbiasa dengan proses tersebut.

Ada cara lain untuk memeriksa memori GPU juga. Misalnya, kamu mungkin ingin memeriksa jam memori atau memeriksa apakah berfungsi dengan benar.

Betapa Pentingnya Memori GPU

Untuk memahami mengapa memori GPU sangat penting, akan sangat membantu jika kamu mengetahui dengan tepat apa fungsinya. Memori tidak menjalankan fungsi yang memungkinkan kartu kamu menampilkan grafik yang indah. Sebagai gantinya, ia menyimpan beberapa informasi yang akan ditampilkan GPU kamu dalam apa yang disebut VRAM.

Bila kamu memiliki lebih banyak VRAM atau memori, kartu tersebut dapat menyimpan informasi yang lebih banyak dan lebih besar. Ini, pada gilirannya, diterjemahkan ke gambar yang mencapai layar kamu sehingga pengalaman kamu lancar dan tidak bermasalah. Kartu grafis di komputer kamu akan dapat memproses berbagai hal dengan lebih mudah jika kamu memiliki kelebihan memori.

Jika kamu sedang bermain basic game tanpa grafis yang intens, jumlah VRAM yang dimiliki kartu grafis kamu kurang signifikan. Jika kamu memainkan rilis AAA mutakhir, kamu harus lebih memperhatikan berapa banyak memori yang dimiliki kartu kamu.

Berapa Banyak Memori yang Harus Dimiliki Kartu Grafis Aku

Jumlah memori yang dibutuhkan kartu grafis kamu tergantung pada apa yang akan kamu lakukan dengannya.

Jika kamu ingin bermain game dalam resolusi 4K, pertimbangkan untuk mencari kartu grafis dengan VRAM lebih dari 8 GB. kamu akan memiliki pengalaman yang jauh lebih baik daripada jika kamu memilih kartu dengan memori lebih sedikit. Untuk resolusi 1080p, kamu tidak membutuhkan vRAM sebanyak itu. Namun, kamu mungkin tidak ingin menggunakan VRAM di bawah 6 GB.

Bila kamu tidak berniat untuk bermain game atau menggunakan program yang mengandalkan GPU, memilih kartu dengan banyak VRAM jauh lebih penting.

Cara Menemukan Berapa Banyak Memori Kartu Grafis yang Aku Miliki

Ada beberapa cara untuk mengetahui berapa banyak memori yang dimiliki kartu grafis kamu. kamu selalu dapat mencentang kotak masuknya atau memeriksa spesifikasi yang dipublikasikan untuk komputer kamu. Namun, jika sudah ada di komputer dan kamu tidak memiliki dokumentasinya, kamu mungkin harus melakukan sedikit penyelidikan.

  1. Klik Windows kunci untuk membuka menu mulai.
  2. Ketik Pengaturan tampilan. kamu akan melihat daftar hasil yang muncul. Pilih yang sesuai untuk membuka Pengaturan Tampilan kamu di tempat lain window.
  3. Klik Menampilkan pilihan.
  4. Gulir ke bawah dan pilih Tampilan Lanjutan.
  5. Klik Tampilkan Properti Adaptor untuk tampilan yang berjalan di GPU kamu.properti-adaptor-tampilan
  6. Memilih Menampilkan tab.
  7. Lihatlah jumlah Memori Video Khusus.

Sekarang kamu tahu berapa banyak memori yang dimiliki kartu kamu. kamu juga dapat menggunakan dxdiag perintah untuk melihat informasi tentang komputer kamu, termasuk GPU kamu.

  1. Tekan Windows kunci + R Kotak dialog run akan terbuka.
  2. Jenis “dxdiag” tanpa tanda kutip.dxdiag
  3. Tekan Oke. Menu dxdiag akan muncul.
  4. Pilih tab Tampilan kamu.tab tampilan
  5. Lihat Memori Tampilan untuk melihat berapa banyak memori khusus yang tersedia untuk kartu video kamu.

Keduanya harus memberi kamu informasi yang sama. Ingatlah bahwa kamu harus mengaktifkan GPU yang tepat untuk melihat informasi yang benar.

Akankah Ini Bekerja untuk Setiap Kartu Grafis?

Tidak semua kartu grafis memiliki memori khusus, yang merupakan tipe orang yang tertarik ketika mereka membahas kartu grafis. Jika kamu menggunakan GPU terintegrasi alih-alih GPU khusus, itu tidak akan memiliki vRAM.

Cara Memeriksa Jam Inti Memori

Setelah kamu mengetahui berapa banyak memori yang kamu miliki, pertanyaan terpenting berikutnya adalah seberapa cepat memori itu bekerja. Dua kecepatan penting untuk dipahami untuk setiap kartu.

  • Kecepatan clock inti adalah kecepatan GPU itu sendiri. Ini adalah informasi yang berguna untuk dimiliki, tetapi tidak perlu untuk lebih memahami memori GPU.
  • Jam memori atau jam inti memori adalah angka yang ingin kamu temukan untuk menemukan kecepatan vRAM kamu.

Semakin cepat vRAM kamu, semakin efisien karena informasi dapat ditambahkan atau dihapus pada kecepatan yang lebih tinggi. Namun, sebagian besar RAM pada kartu grafis kelas atas memiliki kecepatan lebih dari cukup.

Unduh program pemantauan GPU seperti Afterburner MSI untuk memeriksa kecepatan memori kamu. Selama itu kompatibel dengan kartu kamu, kamu seharusnya dapat melihat tarifnya segera setelah kamu meluncurkannya.

Bisakah Aku melakukan overclock memori GPU?

kamu dapat meningkatkan kecepatan memori di GPU kamu – selama GPU tersebut kompatibel dengan program yang memungkinkan kamu menyesuaikannya. Tidak setiap kartu dapat mengelola dorongan yang sama. Bahkan dua kartu yang persis sama mungkin dapat mendukung kecepatan memori yang berbeda.

Jika kamu memutuskan untuk meningkatkan kecepatan vRAM kamu, lakukan secara perlahan dan uji stres kartu kamu untuk memastikannya berfungsi dan stabil.

Cara Memeriksa Fungsi Memori GPU

Jika kamu ingin melihat bagaimana kinerja VRAM kamu, kamu dapat menguji GPU dengan program tertentu. Beberapa sebenarnya dimaksudkan untuk menguji vRAM, jadi itu adalah yang terbaik untuk difokuskan.

  1. Pilih tes yang kompatibel dengan kartu kamu. Banyak dari mereka berfungsi untuk berbagai kartu, tetapi membaca dokumentasi akan membantu untuk memastikannya berfungsi sebelum kamu menginstalnya. Tes seperti GPUMemTest, OCCT, dan MSI Kombuster dapat menekankan GPU kamu untuk melihat kinerjanya pada penggunaan yang paling intens.
  2. Install program. Ingatlah untuk meletakkannya di komputer tempat GPU dipasang sehingga menguji kartu yang tepat.
  3. Mengaktifkan kartu grafis khusus kamu jika kamu memiliki grafis yang dapat dialihkan. kamu tidak perlu stress test grafis terintegrasi.
  4. Jalankan tes. Baca instruksi untuk mengetahui modul mana yang harus diaktifkan atau tidak dipilih sehingga kamu menguji GPU. Beberapa program akan memiliki opsi untuk menguji beberapa item.
  5. Baca hasilnya. Periksa dokumentasi GPU kamu untuk melihat apakah vRAM bekerja seperti yang diharapkan.

Selama angka-angkanya sesuai dengan perangkat keras yang kamu pasang, memori harus berfungsi dengan benar.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apa Sebenarnya GPU Vram Itu?

Pikirkan RAM dalam GPU seperti halnya RAM pada motherboard kamu. Ini menyimpan informasi yang akan segera digunakan GPU. Ini adalah memori jangka pendek yang digunakan agar komponen lain dapat dengan cepat mengakses informasi yang diperlukan.

Bagaimana Aku Dapat Mengatasi Kartu Vram Rendah?

Pertimbangkan untuk menolak tekstur kamu dan memainkan game yang menuntut pada resolusi yang lebih rendah jika diperlukan. Kedua hal ini membuat perbedaan besar dalam hal VRAM.

Menurunkan pengaturan tersebut dapat membuat sisa permainan berjalan lebih lancar karena VRAM tidak hanya digunakan untuk menampilkan tekstur dan gambar yang kompleks.

Bisakah Aku Memeriksa Memori di Kartu Video Aku Tanpa Mencolokkannya?

kamu harus menemukan informasi tentang jenis kartu apa itu untuk melihat berapa banyak memori yang dimilikinya. Cari label atau informasi yang tercetak di suatu tempat pada kartu. Setelah kamu mengetahui jenis kartu apa dan siapa yang memproduksinya, kamu dapat melihat spesifikasinya – termasuk jumlah memori.

Apakah Memori 4 Gb Terlalu Kecil untuk Kartu Grafis?

Tidaklah ideal untuk memiliki kartu dengan hanya 4 GB jika kamu menjalankan program seperti video game, pengeditan foto, atau pengeditan video. kamu tidak akan mendapatkan hasil sebaik yang kamu inginkan dengan kartu dengan memori yang lebih sedikit.

kamu tidak perlu mendapatkan GPU dengan 16 GB memori untuk membuat sebagian besar program bekerja – tetapi lebih baik memiliki lebih banyak memori daripada terlalu sedikit.

Tinggalkan komentar