Cara Membersihkan Kartu Grafis

Menjaga komponen komputer kalian tetap bersih dan berfungsi dengan baik adalah salah satu cara untuk memastikannya bertahan lama, dan kalian tidak perlu menggantinya lebih awal. Satu hal yang perlu dipertimbangkan saat kalian bersiap untuk membersihkan kartu grafis adalah seberapa banyak pembersihan yang dibutuhkan.

Pembersihan mendalam yang tidak perlu mungkin lebih berbahaya daripada kebaikan, meskipun kalian juga tidak ingin mengabaikan pembersihan perawatan rutin.

Seberapa Penting Menjaga Kebersihan Kartu Grafis Aku?

Menjaga kartu grafis kalian tetap bersih mungkin bukan prioritas yang signifikan. Bagaimanapun, kasing menjaga bagian-bagian komputer kalian aman dari sebagian besar debu, cairan, dan kotoran lainnya yang dapat mengganggu atau merusak komponen.

Namun, seiring waktu, debu masih masuk dan menempel di GPU. Bobot dan kekacauan itu dapat meningkatkan suhu kartu, membuat kipas menjadi kurang efisien, dan pada akhirnya bahkan merusak elektronik yang rapuh. Ini juga menyebabkan masalah overheating.

Jaga kebersihan kartu grafis kalian setidaknya dengan basic pembersihan pemeliharaan secara teratur.

Jenis Pembersihan Apa yang Perlu Aku Lakukan?

membersihkan kartu grafis

Ada tiga jenis pembersihan yang mungkin perlu kalian lakukan.

  • Kamu seharusnya melakukan basic pembersihan pemeliharaan setiap kali debu menumpuk di komputer kalian. Yang kamu butuhkan adalah udara terkompresi dan mungkin, jika debunya sangat buruk, kain bersih dan kering.
  • Pembersihan lebih dalam dapat dilakukan saat kalian melepas kartu grafis komputer. Ini juga saat yang tepat untuk fokus pada kipas dan heatsink dan memeriksa untuk memastikan semua koneksi bersih.
  • Pembersihan yang sangat dalam dapat dilakukan pada kartu yang mungkin tidak berfungsi tanpanya. Jika kalian pernah melihat gambar kartu grafis setelah banjir, kerusakan seperti itulah yang digunakan untuk memperbaikinya. kalian berisiko melakukan lebih banyak kerusakan pada GPU dengan metode pembersihan yang ekstrem. Yang ini harus disimpan untuk skenario terburuk.

kalian akan memerlukan alat dan pendekatan yang berbeda untuk masing-masing opsi ini.

Seberapa Sering Aku Perlu Membersihkan Kartu Grafis Aku?

Seberapa sering saya perlu membersihkan kartu grafis saya?

Sayangnya, tidak ada satu jawaban yang cocok untuk semua tentang seberapa sering kalian perlu membersihkan kartu grafis kalian.

Untuk perawatan penting, awasi komputer kalian dan coba tentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk terlihat berdebu. Setelah kalian menyadarinya, lakukan pembersihan perawatan cepat. Tidak perlu waktu lama jika komputer kalian mudah diakses, dan akan lebih mudah untuk menjaga semuanya tetap rapi jika kalian membersihkannya secara teratur.

kalian dapat melakukan pembersihan yang lebih dalam pada kartu saat kalian mengeluarkannya dari kasing karena alasan apa pun. Karena tidak terpasang dan terhubung, lebih mudah untuk membersihkan area yang sensitif dan sulit dijangkau.

Pembersihan ekstensif yang diperlukan untuk membuat kartu berfungsi setelah bencana hanya boleh dilakukan jika benar-benar diperlukan.

Cara Membersihkan Kartu Grafis

Tentukan metode mana yang dibutuhkan kartu kalian dan kumpulkan apa yang kalian butuhkan sebelum kalian mulai. Tidak ada yang lebih membuat frustrasi selama perawatan komputer daripada menyadari bahwa kalian kehilangan alat penting dan tidak dapat menyelesaikan proyek.

Basic Pembersihan Pemeliharaan

Pembersihan Kartu Grafis

Sebelum kalian mulai, kumpulkan sekaleng udara bertekanan dan kain lembut yang tidak berbulu.

  1. Matikan komputer dan tunggu sebentar sebelum sebelumnya. Meskipun kalian dapat membuka kasing dengan komputer menyala, sebaiknya tidak, kecuali kalian memiliki alasan yang kuat untuk melakukannya.
  2. Matikan sakelar daya pada PSU jika kalian memiliki satu. Cabut komputer dari dinding.
  3. Buka bagian samping komputer untuk mendapatkan akses ke GPU. kalian mungkin bisa menggeser pintunya. Beberapa model mengharuskan kalian untuk tekan tombol atau lepaskan sekrup untuk mencapai bagian dalam komputer.
  4. Lepaskan periferal lain yang kalian perlukan untuk memiliki pandangan dan akses yang jelas ke kartu grafis kalian. Sementara beberapa kasus memudahkan untuk membersihkan kartu, beberapa pengaturan mungkin menempatkan komponen lain di jalan.
  5. Arahkan nozzle udara terkompresi ke kipas pada kartu grafis. Semprotkan udara ke mereka dalam waktu singkat untuk menghilangkan debu. Bekerja dengan cara kalian dari atas kartu ke bawah untuk menghilangkan debu.
  6. Gosok perlahan semua kotoran yang membandel dengan kain lembut. Seharusnya tidak ada apa-apa lengket atau persisten pada kartu untuk tingkat pembersihan ini, jadi pelepasannya harus sederhana.
  7. Gunakan udara terkompresi untuk meniup debu kain pembersih dilonggarkan.
  8. Arahkan udara terkompresi sehingga kalian dapat meniupkan debu yang jatuh ke komputer atau komponen lain dari casing. Bekerja dari atas ke bawah lagi akan membantu kalian menyelesaikannya lebih cepat tanpa menyebarkannya dari satu tempat ke tempat lain.
  9. Tutup menara komputer.
  10. Colokkan komputer, hidupkan sakelar PSU, lalu hidupkan PC.

Ini cukup sederhana dan non-invasif sehingga kalian dapat melakukannya cukup sering, terutama jika komputer kalian berada di area lalu lintas tinggi yang banyak debunya.

Pembersihan Lebih Dalam

pembukaan-PC-Case

Jika kalian melepaskan kartu dari komputer untuk memperbaiki koneksi atau mengganti pasta termal, misalnya, kalian dapat melakukan sedikit pembersihan lebih dalam daripada yang dapat kalian lakukan saat kartu berada di dalam casing.

Dapatkan sebotol kecil 99 persen isopropil alkohol murni, beberapa putaran atau penyeka kapas bebas serat, sikat berbulu sangat lembut, dan udara bertekanan sebelum memulai.

  1. Hapus GPU dari komputer sama sekali. Itu harus dicabut dan tidak terhubung ke motherboard sebelum kalian mulai.
  2. Bahkan jika kalian berencana untuk membongkar kartu tersebut, mulailah dengan membersihkan bagian luarnya. Tiup udara terkompresi di satu sisi kartu untuk menghilangkan debu.
  3. Balikkan kartu dan tiupkan udara terkompresi ke sisi yang lain. Udara terkompresi paling efektif dengan kontak langsung, jadi luangkan waktu kalian dan fokuslah pada area dengan debu yang terlihat.
  4. Gunakan udara terkompresi di bagian atas dan bawah kartu. Jangan abaikan sisi-sisinya. Sebelum kalian membukanya, kalian ingin menghilangkan debu yang dapat kalian temukan.
  5. Gunakan sikat berbulu lembut untuk meluncur perlahan di antara sirip heatsink. kalian ingin mencoba menghilangkan debu yang bersembunyi di ruang kecil, tetapi jangan gunakan tenaga untuk mengeluarkannya. Itu harus keluar dengan cepat.
  6. Celupkan kapas atau bulat ke dalam alkohol. Jangan sampai terlalu basah. kalian ingin hampir lembab dan tidak menetes.
  7. Gunakan kapas untuk membersihkan kotoran membandel yang tidak dapat diatasi oleh udara terkompresi. Cari area di luar kartu yang perlu dibersihkan.
  8. Jika kalian membuka kartu, gunakan udara terkompresi untuk meniup bagian dalam dan singkirkan debu sisa yang bersembunyi di balik penghalang GPU.
  9. Jika kalian perlu mengganti pasta termal, kalian dapat menggunakan kapas atau bulatan dan alkohol untuk menghapus pasta termal lama dengan lembut.
  10. Biarkan kartu benar-benar kering sebelum dipasang kembali dan dipasang kembali.

Jangan pernah menggunakan air untuk membersihkan kartu grafis kalian, dan jangan membongkarnya lebih dari yang diperlukan.

Membersihkan Kartu Yang Mungkin Tidak Berfungsi Lagi

kartu grafis yang rusak

Jika kekacauan pada kartu sangat kotor sehingga menurut kalian kartu tidak akan berfungsi – yang sering terjadi saat membeli kartu bekas – maka kalian tidak perlu berhati-hati seperti biasanya. Terkadang pembersihan yang mendalam dan mendalam benar-benar akan membantu menghidupkan kembali GPU ketika semua harapan lain tampaknya hilang.

kalian harus mendapatkan bak yang cukup besar untuk GPU, alkohol isopropil yang cukup untuk merendamnya, sikat berbulu lembut, dan kapas.

  1. Tuangkan alkohol isopropil ke dalam bak mandi. kalian juga dapat menyimpan sedikit dan menyisihkannya untuk membersihkan sekrup dan perangkat keras lainnya.
  2. Bongkar GPU, atur sekrup atau komponen kecil lainnya.
  3. Masukkan GPU ke dalam bak alkohol.
  4. Biarkan GPU terendam selama satu jam. Sementara itu, kalian dapat mencelupkan perangkat keras yang lebih kecil seperti sekrup ke dalam alkohol yang kalian simpan. Gunakan sikat untuk membersihkannya, bilas dengan alkohol, dan sisihkan hingga kering.
  5. Lepaskan GPU dari bak isopropil. Menggunakan sikat lembut atau alat kapas untuk menghilangkan kotoran atau kotoran pada kartu dengan lembut. kalian dapat membilasnya dengan alkohol bila diperlukan untuk menghilangkan kotoran. Setelah selesai, bilas kartu dengan isopropil secara menyeluruh.
  6. Buang alkohol kotor dan bersihkan bak mandi. Keringkan lalu ganti alkohol dengan isopropil bersih.
  7. Rendam kartu dalam isopropil selama satu jam atau semalam, tergantung seberapa berantakannya kartu itu.
  8. Bersihkan kartu dengan tangan sekali lagi, menggunakan sikat untuk masuk ke kipas dan panggangan heatsink.
  9. Bilas kartu dengan isopropil.
  10. Biarkan kartu mengering setidaknya selama 48 jam. Banyak orang akan mengatakan bahwa itu aman lebih cepat, dan mereka mungkin benar – tetapi berbuat salah di sisi hati-hati bukanlah hal yang buruk.
  11. Pasang kembali kartu.
  12. Uji GPU di komputer yang aman.

Jika ada kerusakan air pada kartu dalam dua minggu terakhir, biarkan mengering selama seminggu, bukan selama 48 jam. Menyalakannya dengan air yang masih ada di komponen bisa menjadi matinya kartu.

Tinggalkan komentar