Cara Melepas Baterai CMOS

Baterai CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor) memberi daya pada chip CMOS saat PC dimatikan. Chip ini menyimpan informasi dan pengaturan BIOS. Jadi, jika kita perlu mengatur ulang pengaturan BIOS, kita dapat melepas baterai CMOS.

Melepaskan baterai CMOS cukup sederhana. Namun, menemukan mereka bisa sangat sulit, terutama untuk pembuat PC pemula. Pada artikel ini, kami di sini untuk menunjukkan kepada kamu cara mengidentifikasi dan menghapusnya.

Tapi pertama-tama, mari kita lihat mengapa kita perlu melepas baterai CMOS.

Mengapa Kita Perlu Melepas Baterai CMOS?

Melepaskan baterai CMOS akan mengatur ulang semua pengaturan BIOS ke default. Jadi, jika kita memiliki PC yang tidak bisa boot karena kesalahan dalam pengaturan BIOS, kita dapat mencoba melepas baterai CMOS untuk memperbaiki masalah tersebut.

Alasan lain kita perlu melepas baterai CMOS adalah karena baterai sudah mati. BIOS komputer akan terus mengatur ulang setiap kali kamu mematikan komputer saat baterai CMOS kamu mati.

Jenis Baterai CMOS

Tergantung pada jenis motherboard, ada dua cara memasang baterai CMOS padanya. Untuk motherboard dengan ukuran ATX, baterai CMOS terhubung langsung ke motherboard tanpa kabel.

Namun, pada motherboard mini-ITX, CMOS dibungkus oleh plastik isolasi berwarna yang terhubung ke header pada motherboard dengan kabel merah dan hitam.

Bagaimana Cara Melepas Baterai CMOS?

Melepaskan baterai CMOS cukup sederhana karena kamu hanya perlu menekan tuas logam kecil yang mengeluarkannya. Namun, pembuat PC pemula mungkin mengalami masalah dalam menemukan CMOS karena lokasinya di motherboard akan bervariasi menurut pabrikan.

Kami telah menyebutkan langkah-langkah berikut untuk mempermudah proses melepas baterai CMOS. Silakan ikuti mereka satu demi satu.

Sebelum memulai, ikuti langkah-langkah ini untuk melepaskan motherboard.

  1. Matikan sistem dan lepaskan kabel dari stopkontak; yang terhubung ke komputer.
  2. Tekan tombol daya empat hingga lima kali untuk lepaskan kapasitor apa pun pada motherboard kamu.

Sekarang, ikuti proses ini untuk melepas baterai CMOS.

Lepaskan Panel Samping

Pertama-tama kita perlu mengakses motherboard dengan melepas panel samping. Ikuti langkah-langkah ini untuk melepas panel samping.

  1. Lepaskan semua sekrup di punggung atau sampingnya. Sebagian besar motherboard memiliki panel samping yang dapat dilepas di sisi kiri casing CPU.
  2. Dengan lembut geser panel keluar dari kasus CPU.
  3. Sekarang kamu juga dapat melihat kartu grafis, prosesor, RAM, dan PSU (Unit Catu Daya).

Menemukan Baterai CMOS

Struktur fisik baterai CMOS seperti baterai jam tangan, pipih dan silindris, persis seperti koin. Untuk menemukannya, analisis motherboard untuk komponen yang terlihat seperti koin perak, untuk lebih spesifik.

Untuk Papan ATX

Untuk motherboard menengah hingga besar, periksa di sekitar PCIe express atau slot DIMM (slot RAM), karena chip ini umumnya terletak di sekitar area ini.

Hanya ada satu komponen lingkaran datar di motherboard, sehingga sulit untuk dilewatkan. Setelah ditemukan, periksa tandanya di bagian atas baterai. Itu harus memiliki + tanda.

baterai CMOS

Kita harus ingat ini, memasukkan baterai CMOS secara tidak benar tidak akan berhasil. Oleh karena itu, BIOS akan terus melakukan reset setiap kali kamu mematikan komputer.

Untuk Mini-ITX

Untuk motherboard yang lebih kecil seperti mini-ITX, periksa papan untuk a bungkus plastik isolasi berwarna. Plastik ini membungkus baterai CMOS. Plastik berwarna ini bisa hitam, kuning, merah, biru atau plastik isolasi apa pun.

baterai CMOS m-atx

Jika ada beberapa masalah dengan lokasi baterai CMOS, kamu selalu dapat merujuk ke manual pengguna motherboard.

Melepaskan Baterai CMOS

Tergantung pada ukuran motherboard kamu, ikuti langkah-langkah yang sesuai.

Untuk papan utama ATX

Untuk motherboard yang lebih besar yang memiliki slot terpisah untuk baterai CMOS, ikuti langkah-langkah ini untuk melepas CMOS.

  1. Lepaskan baterai CMOS dengan menekan kunci pada slot baterai CMOS pada motherboard. pin CMOS
  2. Baterai akan mudah keluar begitu kamu mendorongnya ke samping.

Jika kamu kesulitan menggunakan kunci, menggunakan pin tipis kecil untuk melepas baterai CMOS juga merupakan opsi yang layak. Namun, pastikan pin ini tidak konduktif, seperti tusuk gigi.

Untuk Mini-ATX atau M-ITX,

Pada motherboard yang lebih kecil, kabel terpasang ke baterai CMOS. Secara sederhana lepaskan kabel yang menghubungkan baterai CMOS ke motherboard.

Namun, sebelum melepaskan kabel ini, cek header nya untuk melihat bagaimana menghubungkan ke motherboard. Hal ini dilakukan agar kamu dapat dengan mudah memasukkan kembali CMOS kembali ke motherboard.

Pertanyaan-pertanyaan Terkait

Bagaimana Cara Memasang Kembali Baterai CMOS?

Untuk memasang kembali baterai CMOS, pastikan tanda positif (+) pada baterai menghadap ke atas. Sekarang, masukkan baterai CMOS ke slot CMOS dengan menekannya secara perlahan. kamu akan mendengarnya klik jika diamankan.

Apakah Menghapus CMOS Menyetel Ulang OS?

Menghapus CMOS tidak akan mengatur ulang OS apa pun yang diinstal pada sistem kamu. Menghapus CMOS hanya akan mengatur ulang pengaturan BIOS seperti RAM dan kecepatan Prosesor (MHz) atau kecepatan kipas (RPM).

Apakah Aman Melepas Baterai CMOS?

Ya, melepas baterai CMOS benar-benar aman selama kita melepasnya setelah mematikan sistem.

Tinggalkan komentar