Cara Melampirkan File Di Email

Seperti kata pepatah “Sebuah gambar bernilai seribu kata”, itu juga berlaku untuk email. Daripada hanya writing pesan biasa, ketika kamu melampirkan foto atau video ke dalamnya, email kamu dapat mengirimkan lebih banyak informasi kepada penerima.

Namun, ada peringatan. kamu harus mengikuti pendekatan yang sedikit berbeda untuk melampirkan file besar seperti audio dan video dibandingkan dengan file kecil seperti dokumen word dan PDF. Selain itu, menyesuaikan pengaturan lampiran dapat bervariasi dari satu layanan email ke layanan email lainnya.

Jadi, tanpa basa-basi lagi, mari kita langsung ke artikel untuk mempelajari cara melampirkan file ke email untuk beberapa penyedia layanan email.

Cara Melampirkan File di Gmail

Ada dua cara khusus untuk melampirkan file di Gmail. Salah satunya melalui lampiran langsung, dan yang lainnya melalui lampiran drive. kamu dapat mempelajari keduanya di bagian di bawah ini.

Menggunakan Lampiran Langsung

kamu dapat menggunakan metode ini jika ukuran file kamu relatif lebih kecil, seperti pdf, file teks, atau dokumen Word. Untuk file yang lebih besar seperti video, kamu dapat langsung melompat ke metode berikutnya. Jadi tanpa penundaan lagi, mari pelajari bagaimana kamu dapat menggunakan metode ini baik di PC maupun perangkat seluler.

Di Desktop

  1. Buka browser dan masuk ke Gmail Akun.
  2. Di pojok kiri atas, klik Menyusun.
  3. Sekarang, isi semua bidang sesuai dengan preferensi kamu.
  4. Selanjutnya, klik pada yang kecil klip kertas ikon di bagian bawah.
  5. Kemudian, navigasikan ke file yang ingin kamu lampirkan dan klik dua kali di atasnya. Atau, kamu bisa seret dan lepas file langsung di kolom pesan dari PC kamu.
  6. Terakhir, klik Kirim tombol.

Di Android

  1. Buka Gmail aplikasi di ponsel kamu.
  2. Di pojok kanan bawah layar, ketuk Menyusun tombol.
  3. Selanjutnya, isi semua kolom sesuai dengan preferensi kamu.
  4. Sekarang, ketuk yang kecil klip kertas ikon untuk melampirkan file yang terletak di sudut kanan atas.lampirkan-file-ke-email---penjepit kertas
  5. Kemudian, ketuk pada Lampirkan file pilihan.
    lampirkan-file-ke-email--android-
  6. Jelajahi file di penyimpanan ponsel kamu.
  7. Terakhir, ketuk Kirim tombol.

Tidak seperti di Android, di mana aplikasi Gmail sudah terpasang sebelumnya, kamu harus mengunduh aplikasi terlebih dahulu dari App store. Setelah kamu mengunduhnya, buka dan ikuti langkah-langkah di atas di bawah Android.

Menggunakan Lampiran Drive

kamu tidak dapat melampirkan file lebih besar dari 25 MB di Gmail. Jadi, metode ini sangat berguna ketika kamu ingin mengirim file yang lebih besar seperti video, file audio, foto, dll. Metode ini termasuk menggunakan Drive Attachment.

Di Desktop

  1. Buka browser dan login ke akun gmail.
  2. Dari pojok kiri atas, klik Menyusun.
  3. Sekarang, klik pada yang kecil “ikon Google Drive”.
    lampirkan-file-email--gmail-direct-attachment
  4. Jika kamu sudah mengunggah file ke google drive kamu, telusuri dan pilih file. Jika tidak, unggah file ke google drive terlebih dahulu.
  5. Juga, untuk mempermudah pencarian, kamu dapat pergi ke Terkini tab jika kamu baru saja mengunggah file itu.file-terbaru-google-drive-dipotong
  6. Sebelum file dikirim, Google drive akan meminta kamu untuk memberikan izin yang diperlukan. kamu dapat memberikan izin sesuai dengan preferensi kamu.
  7. Terakhir, klik Kirim.

Di Android

  1. Buka Gmail aplikasi.
  2. Di sudut kanan bawah layar, ketuk Menyusun.
  3. Isi semua bidang yang diperlukan dan ketuk yang kecil ikon klip kertas dari pojok kanan atas.
  4. Sekarang, ketuk Sisipkan dari Drive pilihan.
    lampirkan-file-ke-email--android-dari-drive
  5. Pilih file yang ingin kamu lampirkan ke email dan ketuk di atasnya.
  6. Ketuk pada Kirim tombol.

Catatan:
Untuk menghapus lampiran, kamu dapat mengklik ikon ‘x’ di sebelahnya yang muncul setelah kamu mengunggah file ke kolom pesan.

Cara Melampirkan File dalam Email di Outlook

Melampirkan file di email Outlook sedikit berbeda dan bergantung pada apakah kamu menggunakan versi web atau versi desktop dari aplikasi Outlook. kamu dapat mempelajari lebih lanjut tentang keduanya secara rinci di bawah ini.

Di Aplikasi Web

  1. Buka browser apa saja dan masuk ke kamu Pandangan Akun.
  2. Di sudut kiri atas jendela, klik pada Pesan baru tombol.
  3. Sekarang, di panel kanan, isi bidang yang diperlukan.
  4. Selanjutnya, klik Menempel dari menu atas dan klik salah satu dari berikut ini:
    • Jelajahi komputer ini: Gunakan ini untuk mencari file di dalam PC kamu.
    • Jelajahi lokasi cloud: Gunakan opsi ini untuk mencari file yang akan dilampirkan yang sudah ada di dalam penyimpanan OneDrive kamu.
    • Unggah dan bagikan: Gunakan opsi ini terlebih dahulu untuk mengunggah file ke OneDrive dan melampirkan file ke email.lampirkan-file-ke-email--outlook-web-Atau, kamu dapat menarik dan melepas file langsung ke bidang pesan.
  5. Terakhir, klik Kirim tombol untuk mengirim email dengan lampiran.

Di Aplikasi Desktop

  1. Buka Pandangan aplikasi.
  2. Tulis pesan baru atau pilih pesan dari kotak masuk.
  3. Kemudian, di bawah Pesan tab, pilih Lampirkan file.lampirkan-file-email---desktop--
  4. Jelajahi file di PC atau penyimpanan cloud kamu tergantung pada preferensi kamu. Atau, kamu dapat menarik dan melepas file langsung ke bidang pesan.
  5. Terakhir, klik Kirim tombol untuk mengirim email dengan lampiran.

Catatan:
Pengaturan di atas dapat bervariasi sesuai dengan versi Outlook yang kamu gunakan. Namun, kamu dapat mencari pengaturan serupa.

Cara Melampirkan File di Email di iPhone

Apple menyediakan aplikasi Mail yang mirip dengan aplikasi Gmail di Android. kamu dapat melampirkan file seperti video, foto, audio, dan lainnya ke email yang menggunakannya. Berikut cara melampirkan file di aplikasi Mail di iPhone kamu.

  1. Buka Surat aplikasi di iPhone kamu.
  2. Di pojok kanan bawah, ketuk pada ikon pensil untuk membuat email.
  3. Isi kolom sesuai dengan preferensi kamu.
  4. Kemudian, ketuk dan tahan ruang kosong di badan email.
  5. Memilih Lampirkan file opsi dan unggah file dari perangkat kamu. Atau, pilih Sisipkan Foto atau Video opsi untuk mengunggah file besar.lampirkan-file-ke-email---mail

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Mengapa Aku Tidak Diizinkan Mengirim File Aku di Gmail Meskipun Ukurannya Di Bawah 25 Mb?

Nah, jika kamu mencoba melampirkan file yang dapat dieksekusi, maka Gmail membatasi kamu untuk melakukannya. Gmail melakukan ini untuk security alasan dan untuk mencegah virus menyebar melalui file kamu.

Bagaimana Cara Melampirkan Folder di Gmail?

Tidak ada cara langsung untuk melampirkan seluruh folder di Gmail. Namun sebaliknya, kamu dapat mengonversinya menjadi file zip/kompresi, lalu mengunggahnya sebagai lampiran.

Aku Tidak Ingin Orang Lain Membagikan Lampiran Aku. Bagaimana Aku Melakukannya di Gmail?

Jika kamu ingin mencegah berbagi lampiran tanpa izin, kamu dapat menggunakan fitur Gmail yang disebut “Mode rahasia”. Ini memungkinkan kamu mengatur tanggal kedaluwarsa dan kode sandi jika kamu mau. Dan, kamu dapat mengaktifkannya saat menulis pesan dengan mengklik ikon kunci kecil (Beralih mode rahasia).

Tinggalkan komentar