Cara Masuk ke BIOS Pada Motherboard MSI

BIOS komputer kamu menampilkan konfigurasi perangkat keras kamu saat ini dan informasi terkait lainnya. kamu juga dapat mengubah pengaturan tersebut di BIOS.

PC kamu menyimpan BIOS (Basic Input Output System) pada chip BIOS EEPROM. Itu dimuat sebelum Sistem Operasi. Jadi, BIOS juga menawarkan cara yang efektif untuk memecahkan masalah sistem tanpa masuk ke akun apa pun.

kamu hanya dapat mengakses BIOS pada perangkat keras lama. Tetapi semua motherboard MSI modern memiliki UEFI (Unified Extensible Firmware Interface), bukan BIOS.

Ada dua cara untuk mengakses BIOS/UEFI pada motherboard MSI. Sebelum Windows 8, kamu hanya bisa masuk ke BIOS menggunakan kunci tersebut. Tetapi sekarang, kamu dapat menggunakan kunci BIOS atau mengakses BIOS dari Startup Lanjutan.

Cara Masuk ke BIOS Pada Motherboard MSI

Metode paling nyaman untuk mengakses BIOS pada PC MSI kamu adalah dengan menekan tombol BIOS saat startup.

Jika kamu menggunakan keyboard USB, port USB yang terhubung mungkin tidak mengizinkan pemuatan BIOS dengan menekan tombol BIOS. Hanya port tertentu yang mengizinkan pintasan ini di PC. Jadi, sambungkan kembali keyboard ke port lain dan coba lagi dalam skenario seperti itu.

Langkah-langkah yang diperlukan untuk mengakses BIOS menggunakan kunci BIOS adalah sebagai berikut:

  1. Nyalakan atau mulai ulang PC kamu.
  2. Segera, mulailah memukul Dari atau Menghapus kunci terus menerus.

Di beberapa PC, kunci BIOS adalah F2, bukan Del, tetapi jarang.

Cara Masuk ke BIOS Dari Windows Lingkungan Pemulihan

kamu juga dapat mengakses UEFI/BIOS pada motherboard MSI dari Advanced Startup atau Windows Lingkungan Pemulihan. Ini adalah lingkungan diagnostik yang dapat kamu ubah pengaturan startup kamu. kamu juga dapat memperbaiki kesalahan sistem tanpa masuk ke akun pengguna dari lingkungan ini.

Akses WinRE

Pertama, kamu perlu mengakses Windows Lingkungan Pemulihan (WinRE). Ada banyak cara untuk melakukannya, seperti:

Dengan Shutdown Paksa

Matikan paksa PC kamu tiga kali berturut-turut. kamu dapat melakukan pematian paksa dengan menekan tombol Daya selama beberapa detik hingga kamu mendengar suara. Kipas angin harus dimatikan, dan semua lampu LED harus padam. Juga, jangan lupa untuk menyalakan komputer sebelum melakukan shutdown berikutnya.

Pada boot ketiga, kamu akan menemukan diri kamu di layar Startup Repair. Klik Opsi lanjutan untuk mengakses WinRE.

Dari Windows Pengaturan

Untuk pergi ke Advanced Startup atau WinRE dari Pengaturan kamu,

  1. Setelah masuk ke akun kamu, Tekan Win + I untuk membuka Pengaturan.
  2. Pergi ke Sistem > Pemulihan atau Memperbarui & Security > Pemulihan.
  3. Klik Restart sekarang di bawah Startup lanjutan.Pemulihan-mulai ulang-sekarang

Menggunakan Shift + Restart Pintasan

kamu juga dapat menekan tombol Shift sambil mengklik tombol Restart pada opsi menu daya untuk mengakses WinRE. kamu dapat menggunakan tombol Restart dari opsi daya Start Menu, security layar, atau layar kunci.

Menggunakan Perintah CLI

Perintah CLI shutdown /r /o /f /t 00 atau shutdown /r /o juga memungkinkan kamu untuk me-restart PC kamu ke WinRE. Bendera menunjukkan hal-hal berikut:

  • /r – restart setelah shutdown
  • /o – buka opsi boot lanjutan setelah restart
  • /f – memaksa aplikasi yang sedang berjalan untuk ditutup
  • /t 00 – shutdown setelah waktu 00 detik, yaitu segera. Nilai default untuk /t adalah 30 detik.

kamu dapat menggunakan perintah ini di Command Prompt, PowerShell, Run (Win + R). Atau kamu dapat membuat pintasan dan menggunakan perintah sebagai lokasi.

Menggunakan Dapat Di-boot Windows Menyetir

Menggunakan drive yang dapat di-boot adalah pilihan terbaik untuk mengakses WinRE jika kamu mengalami kesalahan sistem atau boot yang parah. Jika sistem kamu berfungsi penuh, metode sebelumnya lebih nyaman. Berikut adalah langkah-langkah yang diperlukan:

  1. Boot menggunakan Windows pemulihan atau drive instalasi.
  2. Pilih bahasa kamu dan preferensi lainnya dan klik Lanjut.
  3. Pada layar Instal, klik pada Memperbaiki atau Perbaiki komputer kamu.perbaiki-komputer-Anda

Akses Pengaturan UEFI

Setelah mengakses Windows Recovery Environment, saatnya masuk ke pengaturan UEFI. Follow petunjuk di bawah ini untuk melakukannya:

  1. Klik Memecahkan masalah dan pergi ke Opsi lanjutan.
  2. Pilih Pengaturan Firmware UEFI dan klik Mengulang kembali.
    uefi-firmware-setting

Apa yang Dapat Aku Lakukan Dari BIOS

Ada banyak perubahan yang dapat kamu lakukan dari pengaturan BIOS/UEFI. Pengaturan BIOS menentukan bagaimana sistem kamu mengontrol dan mengelola komponen perangkat keras. Beberapa konfigurasi penting yang dapat kamu ubah adalah sebagai berikut:

Jika kamu sembarangan mengubah pengaturan BIOS, sistem kamu mungkin mengalami masalah tertentu. Pada saat seperti itu, lebih baik untuk mengatur ulang BIOS kamu ke pengaturan default. Pada BIOS MSI, tekan F9 dan pilih Ya untuk melakukannya.

Setelah mengubah pengaturan BIOS, tekan F10 dan pilih Ya untuk menyimpan perubahan dan restart PC kamu.

Tidak Dapat Masuk ke BIOS/UEFI di Motherboard MSI

Jika kamu tidak dapat masuk ke pengaturan BIOS menggunakan salah satu metode yang kami sediakan, coba yang lain. kamu harus selalu dapat mencapai BIOS dari Advanced Startup selama OS kamu berfungsi penuh. Tetapi jika kamu ingin menggunakan pintasan tombol tetapi tidak bisa, ada beberapa hal yang dapat kamu coba.

Percobaan pertama mengubah port USB jika kamu menggunakan keyboard USB seperti yang kami sebutkan sebelumnya.

Kamu juga harus nonaktifkan boot cepat pada PC kamu. Fast boot secara signifikan mengurangi waktu startup, sehingga kamu mungkin melewatkan batas waktu untuk menekan tombol BIOS. kamu harus mematikannya untuk pengaturan OS dan BIOS MSI. Untuk yang pertama, kami memiliki artikel khusus tentang Cara Menonaktifkan Fast Startup di Windows. Lihat untuk mempelajari langkah-langkah yang diperlukan.

Dan cara termudah untuk menonaktifkan boot cepat MSI adalah dengan mereset BIOS kamu. kamu dapat melakukannya dengan melepas dan memasang kembali baterai CMOS.

Tinggalkan komentar