Cara Memperbaiki Tombol Samping Tidak Berfungsi Di iPhone

Tombol Samping, sebelumnya dikenal sebagai tombol Daya, adalah pembangkit tenaga listrik yang berguna untuk lebih dari sekadar mengunci atau membangunkan perangkat. Ini dapat membantu kamu mengaktifkan Siri, mengambil tangkapan layar, dan melakukan banyak tugas. Namun, akan ada kalanya tombol samping kamu mungkin tidak berfungsi dengan baik di iPhone kamu. Tidak dapat menggunakan fungsi-fungsi tersebut tidak akan membuahkan hasil bagi sebagian besar pengguna iPhone.

Tombol samping kamu mungkin tidak berfungsi dengan baik karena penyebab sederhana seperti meletakkan casing ponsel yang keras atau kegagalan perangkat keras. Jika tidak berfungsi, kamu dapat mengaktifkan sentuhan bantu, atau hanya memulai ulang perangkat dapat memperbaiki masalah seperti itu.

Artikel ini akan menjelaskan kemungkinan penyebab dan metode untuk memperbaikinya problem.

Mengapa Tombol Samping Aku Tidak Berfungsi?

Tombol samping tidak akan berfungsi jika perangkat kamu mengalami problem berkaitan dengan perangkat keras dan perangkat lunak. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab yang dapat memengaruhi tombol Samping kamu.

  • Pelindung Handphone: Sebagian besar waktu, tombol Sisi iPhone dan tombol volume kamu tidak akan berfungsi atau hampir tidak merespons. Itu karena kamu telah memakai kasus yang sulit. Hard case seperti itu akan menyulitkan untuk menekan tombol itu.
  • Kerusakan Air: Meski iPhone terbaru sudah bersertifikat IP68 yang tahan air, pasir, dan debu, hal ini tetap menjadi kemungkinan penyebab tombol samping tidak berfungsi. Jika kamu menjatuhkan iPhone ke air selama lebih dari 30 menit atau di bawah 1,5 m di bawah air, itu mungkin tidak berfungsi.
  • Kotoran di dalam iPhone kamu: Ini adalah alasan umum lainnya mengapa tombol samping kamu tidak berfungsi dengan baik. Jika kamu menjatuhkan perangkat kamu ke kotoran atau mengumpulkan kotoran itu sendiri, itu dapat menghambat komponen internal yang menyebabkan masalah ini.
  • Kerusakan Perangkat Keras: Apple memproduksi jutaan iPhone setiap tahun. Ada kemungkinan mereka juga memproduksi beberapa perangkat yang rusak, yang sangat jarang terjadi. Namun, ada kemungkinan perangkat tersebut lulus uji kontrol kualitas secara keliru, dan sayangnya kamu mendapatkan perangkat tersebut.

Cara Memperbaiki jika Tombol Samping Tidak Berfungsi

Setelah kamu mengetahui penyebab di balik masalah seperti itu, sekarang kami dapat memeriksa bagian perbaikan, yang dapat kamu coba untuk membuat tombol samping kamu berfungsi kembali secara normal.

Lepaskan Casing Ponsel

Casing ponsel adalah pilihan tepat untuk melindungi perangkat kamu dari kerusakan fisik saat terjatuh di permukaan yang keras atau air. Namun, menempatkan kasing yang salah akan membuat perangkat kamu stres dan menghambat kerja tombol fisiknya seperti Tombol Samping atau Tombol Volume.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah melepas casing ponsel kamu. Setelah melepas penutup, periksa apakah tombol samping berfungsi kembali. Jika berfungsi, maka kamu harus mengganti penutup itu dengan yang baru yang sesuai dengan perangkat kamu tanpa terlalu menekan tombol fisik.

Bersihkan Tombol Samping

Jika tombol samping kamu penuh dengan kotoran, maka itu tidak akan berfungsi dengan baik. kamu perlu membersihkannya dengan cara ditiup angin atau dibersihkan dengan kain lembut agar kotorannya bisa hilang. Setelah kotoran hilang, kamu dapat mengetuk tombol samping untuk merasakan apakah kamu akan mendapatkan umpan balik sentuhan yang bagus atau tidak, yang dapat menandakan bahwa tombol samping kamu mungkin sudah mulai bekerja secara normal.

Sesuaikan Kecepatan Tombol Samping kamu

kamu dapat menyesuaikan kecepatan tombol samping dari pengaturan perangkat kamu. kamu mungkin salah mengubah pengaturan ini, membuat kamu merasa tombol samping kamu tidak berfungsi. Jika kamu mengubah pengaturan default menjadi lambat atau paling lambat, tombol samping kamu akan merespons sesuai dengan itu. Untuk masuk ke pengaturan tombol samping, follow langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka Pengaturan.
  2. Gulir ke bawah dan Pergi ke Aksesibilitas.
  3. Ketuk Tombol Samping.
    Ketuk Tombol Samping
  4. Di bawah kecepatan klik. Klik default jika dalam Lambat atau Paling Lambat.
    Di bawah kecepatan klik.  Klik default jika dalam Lambat atau Paling Lambat.

Aktifkan Sentuhan Bantu

Apple memiliki fitur yang sangat diremehkan yang disebut Sentuhan bantu. Selain itu, ini bisa sangat fungsional dalam situasi seperti ini ketika tombol fisik kamu tidak berfungsi. Assistive Touch dapat menjadi tombol samping virtual untuk mengunci, mematikan, atau bahkan memulai ulang perangkat kamu. Ini bukan solusi permanen. Namun, kamu dapat menggunakan fitur ini untuk melakukan hampir semua tugas untuk sementara waktu.

Untuk mengaktifkan sentuhan bantu, follow instruksi yang diberikan.

  1. Buka Pengaturan.
  2. Gulir ke bawah dan Pergi ke Aksesibilitas.
  3. Ketuk Sentuh.
    Ketuk Sentuh
  4. Ketuk Sentuhan Bantu untuk mengaktifkannya.
    Ketuk pada Assistive Touch untuk mengaktifkannya
  5. Sekarang kamu dapat menyesuaikan fungsi berdasarkan preferensi kamu.

Nyalakan Ulang Ponsel kamu

Jika kamu telah menggunakan perangkat kamu untuk waktu yang lama tanpa mematikan atau memulai ulang, maka memori perangkat kamu akan terisi penuh dan dapat menyebabkan masalah seperti ini. Memulai ulang perangkat dapat menyelesaikan sebagian besar gangguan normal.

Namun, jika iPhone kamu mengalami kerusakan fisik, maka tidak akan diperbaiki dengan memulai ulang. Tetapi kamu masih dapat mencoba dan memulai ulang perangkat kamu. Assistive Touch dapat berguna untuk memulai ulang tanpa menggunakan tombol samping. Jadi, jika kamu belum mengaktifkannya, baca di atas mengaktifkan Sentuhan bantu untuk mengaktifkannya.

  1. Ketuk Sentuhan Bantu.
  2. Pergi ke Perangkat.
    Pergi ke Perangkat
  3. Ketuk Lagi.
    Ketuk Lainnya
  4. Ketuk Mengulang kembali.
    Ketuk Mulai Ulang
  5. Klik Restart untuk mengonfirmasinya.

Perbarui Perangkat kamu

Tombol samping tidak berfungsi juga dapat disebabkan oleh bug perangkat lunak. Jika kamu menjalankan ios versi lama, lebih baik memperbaruinya ke versi terbaru. Apple memperbaiki bug lama dan menambahkan fitur baru ke Updates perangkat lunak terbaru. Jadi, memperbarui perangkat kamu dapat memperbaiki masalah tersebut jika terkait dengan perangkat lunak.

  1. Buka Pengaturan.
  2. Ketuk Umum.
  3. Ketuk Updates perangkat lunak.
    Ketuk Pembaruan Perangkat Lunak
  4. Gulir ke bawah dan klik Unduh dan pasang. Gulir ke bawah dan klik Unduh dan Instal

Kunjungi Pusat Layanan Apple

Jika kamu telah mengikuti semua metode tersebut dan masih tidak dapat memperbaiki tombol kamu, maka tombol samping kamu mungkin telah rusak secara fisik. Jangan membongkar perangkat kamu kecuali kamu adalah ahli perbaikan profesional, karena dapat membatalkan garansi.

Jadi, ini bisa menjadi pilihan terakhir kamu untuk membawa iPhone kamu ke Apple Service Center. Mereka akan memperbaiki iPhone kamu tanpa biaya jika kamu masih dalam garansi. Namun, jika garansi kamu telah kedaluwarsa, kamu harus membayar antara $50 hingga $500, tergantung pada model perangkat.

Tinggalkan komentar