Apakah CPU Mempengaruhi FPS? Ini Penjelasanya

Setiap tugas di komputer kamu, mulai dari kalkulator hingga game dengan grafis yang intensif, diproses oleh CPU. Meskipun komputasi grafis yang intens sebagian besar mengandalkan GPU, CPU juga melakukan sejumlah tugas yang wajar untuk menjalankan game ini. Oleh karena itu, CPU biasanya hanya memengaruhi Frame Per Second (FPS).

Ada banyak aspek dalam hal CPU dan itu mempengaruhi FPS. Ini terutama tergantung pada komponen lain seperti kecepatan RAM dan kartu grafis.

Artikel ini memberikan panduan terperinci tentang bagaimana CPU memengaruhi FPS dalam game kamu.

Apa yang Dilakukan GPU Saat Bermain Game?

Sebelum kita membahas apa yang dilakukan CPU yang memengaruhi FPS, mari kita bahas GPU terlebih dahulu.

GPU pada sistem kamu menghasilkan semua visual objek saat kamu menjalankan game. Tidak hanya itu, GPU menangani fisika, hit-box, shader, posisi objek, efek pencahayaan, tekstur, refleksi, efek visual, dan banyak lagi untuk objek yang dibuatnya.

GPU berperforma lebih baik berarti dapat membuat banyak objek, menangani poligonnya, membuat fisika, dan melakukan semua tugas yang disebutkan di atas dengan mudah. Dan oleh karena itu, kamu akan melihat peningkatan kinerja yang besar saat memutakhirkan GPU.

Jenis GPU yang kamu miliki juga sangat memengaruhi FPS yang kamu dapatkan dalam game. Jika komputer kamu berjalan pada GPU terintegrasi, ia dapat bekerja seefisien yang khusus.

Apa yang Dilakukan CPU Saat Bermain Game?

apa yang dilakukan CPU?

Sekarang kamu mungkin berpikir, jika GPU menangani semua tugas ini, apa yang dilakukan CPU yang memengaruhi FPS. Nah, CPU menangani pergerakan objek grafis ini.

Setiap objek terbuat dari tepi dan simpul. Ketika sebuah objek bergerak, CPU mengubah lokasi simpul. Dan karenanya kamu melihat objek bergerak di layar kamu. Selain itu, CPU juga memproses logika dalam game, yang berarti menangani logika “Jika ini, maka itu” di dalam game.

Misalnya, jika kamu menekan tombol W, karakter kamu dalam game akan bergerak maju. Selanjutnya, jika kamu enter wilayah tertentu di dunia game kamu, sebuah cutscene akan dimulai. CPU menangani semua jenis logika ini.

Ketika CPU memproses logika permainan ini, ia mengirimkan data ke GPU untuk menghasilkan objek yang diinginkan beserta posisinya, fisika, pencahayaan, tekstur, refleksi, dan banyak lagi.

Inilah sebabnya mengapa CPU dan GPU memainkan peran penting dalam FPS game kamu. CPU menangani sisi logis dari sebuah game, sedangkan GPU menangani bagian grafis. Oleh karena itu, CPU dan GPU kamu harus berkinerja sama agar game kamu mencapai frekuensi gambar yang diinginkan.

Apakah CPU Mempengaruhi FPS?

game dan fps

Sekarang kembali ke pertanyaan sebenarnya, apakah CPU mempengaruhi FPS? Karena CPU memproses semua logika dalam game kamu, kekuatan pemrosesan CPU memang memengaruhi FPS. Dan memutakhirkan ke CPU modern dapat memberi kamu sedikit peningkatan kinerja dalam game.

Selain itu, jawaban dari pertanyaan juga tergantung pada game yang kamu mainkan. Game seperti ARMA 3, GTA 5 Online, Far Cry 5, Microsoft’s Flight Simulator 2020, dll., sangat bergantung pada CPU. Jadi, bahkan jika kamu menggunakan GPU kelas atas, kamu tidak akan mendapatkan banyak bingkai kecuali kamu memiliki CPU yang berkinerja lebih baik. Dalam hal ini, CPU sangat mempengaruhi FPS.

Namun, beberapa game mengandalkan kekuatan pemrosesan GPU. Jika itu masalahnya, kamu bisa mendapatkan FPS yang wajar dengan CPU berperforma lebih rendah.

Apakah Memutakhirkan CPU Meningkatkan FPS?

Namun, ada banyak faktor yang menentukan apakah peningkatan CPU meningkatkan kinerja. Kemacetan adalah salah satu faktor utama yang menentukan apakah pemutakhiran CPU memengaruhi FPS.

Kemacetan terjadi ketika beberapa komponen berkinerja lebih cepat daripada yang lain. Ini menghasilkan bagian pemrosesan yang lebih cepat menunggu bagian yang kinerjanya lebih lambat.

Kemacetan GPU

contoh kemacetan GPU

Dalam hal GPU, jika kamu memiliki CPU generasi yang lebih baru dan GPU yang lebih lama, atau lebih lambat, itu akan mengalami kemacetan GPU. Ini berarti bahwa CPU harus menunggu GPU menyelesaikan prosesnya sebelum dapat mengirim lebih banyak data. Ketika ini terjadi, CPU kamu tidak akan bekerja secara efisien seperti yang seharusnya.

Saat PC kamu mengalami kemacetan GPU, kamu akan terus-menerus melihat penggunaan CPU naik dan turun setelah interval tertentu. Ini berarti bahwa CPU sedang menunggu GPU untuk menyelesaikan tugasnya. Dan berbicara tentang GPU, itu akan terus menggunakan sumber daya penuhnya saat kamu bermain game.

Jika komputer kamu mengalami kemacetan GPU, memutakhirkan CPU tidak akan memengaruhi FPS.

Kemacetan CPU

contoh kemacetan cpu

Sebagai alternatif, jika kamu menggunakan RTX 3090 (GPU Generasi Baru) yang dikombinasikan dengan Intel i3 gen ke-6 (CPU Generasi Lama), komputer akan mengalami kemacetan CPU. Artinya CPU akan melakukan tugas lebih lambat dibandingkan dengan GPU. Dan karenanya, GPU akan memiliki banyak waktu idle, membuat semua kekuatan itu tidak berguna.

Ketika PC mengalami kemacetan CPU, penggunaan GPU kamu akan meningkat dan menurun dalam interval, yang berarti bahwa GPU sedang menunggu di CPU. Di sini, kamu juga akan melihat bahwa penggunaan CPU selalu tinggi.

Jadi, jika kamu menghadapi hambatan CPU, memutakhirkan CPU kamu ke versi yang lebih baru akan memberi kamu peningkatan FPS. Untuk mengikuti GPU kamu, CPU kamu harus lebih cepat untuk frame yang lebih baik.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, CPU memengaruhi FPS dalam game kamu dan CPU generasi yang lebih baru akan memberi kamu kinerja yang lebih baik dalam game daripada yang lebih lama. Namun, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutakhirkan CPU untuk meningkatkan FPS.

Jika komputer kamu mengalami hambatan GPU, memutakhirkan ke CPU terbaru tidak akan berpengaruh pada FPS. Namun, jika PC mengalami hambatan CPU yang parah, memutakhirkan CPU akan meningkatkan FPS dalam game kamu.

Itulah Apakah CPU Mempengaruhi FPS? (Panduan Lengkap), semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar