7 Cara Meningkatkan Kinerja CPU

Chip CPU, seiring berjalannya waktu, tidak akan dapat melakukan tugas seefisien dulu. Chip yang lebih tua akan mengalami kesulitan memproses data karena perangkat lunak dan aplikasi modern yang menuntut lebih banyak daya komputasi, atau OS mengambil banyak sumber daya.

Selain itu, prosesor yang terlalu panas, heat sink yang berdebu, atau beberapa aplikasi berat yang berjalan di latar belakang juga merupakan beberapa alasan mengapa CPU kalian tidak memberikan kinerja yang diinginkan.

Pada artikel ini, kami telah mengumpulkan beberapa teknik untuk meningkatkan kinerja CPU kalian. Namun, mari kita lihat mengapa CPU kalian berkinerja buruk.

Apa Penyebab Kinerja CPU yang Buruk?

Salah satu alasan khusus kalian mungkin melihat penurunan kinerja secara bertahap adalah karena debu menempel di unit pendingin. Pendingin CPU bertanggung jawab untuk menyerap panas yang dihasilkan dari CPU. Pendingin CPU kemudian mendinginkan unit pendingin dengan meniupkan udara ke kompartemennya.

Oleh karena itu, jika kalian melihat ada penurunan kinerja, periksa apakah heatsink kalian telah mengumpulkan debu. Selain itu, berikut adalah beberapa alasan mengapa kinerja CPU kalian menurun.

  • Penggunaan CPU yang tinggi
  • Pasta Termal Kering
  • Debu Menetap di unit pendingin
  • RPM kipas CPU rendah
  • Kapasitas CPU rendah
  • Komputer tanpa GPU khusus

Bagaimana Cara Meningkatkan Kinerja CPU?

Bergantung pada penyebab yang disebutkan di atas, mari kita bahas bagaimana kalian dapat meningkatkan kinerja CPU kalian.

Aktifkan Mode Performa Tinggi

Di komputer tanpa GPU khusus, CPU kalian menangani tugas pemrosesan grafis yang tidak perlu, seperti animasi, ikon thumbnail, dan menghaluskan gambar. windowtepi. Menonaktifkan efek visual ini akan memberikan sedikit peningkatan kinerja ke sistem kalian.

Dalam hal bermain game, kalian juga akan mendapatkan FPS Boost saat kalian menyesuaikan PC untuk kinerja tinggi.

  1. tekan Windows + Aku kunci untuk buka Pengaturan.
  2. Pergi ke Sistem > Tentang.
  3. Di sini, klik Pengaturan Sistem Lanjutan.
  4. Pastikan kalian berada di tab Lanjutan. Dibawah Pertunjukanklik Pengaturan.
  5. pada Efek visual tab, klik Sesuaikan untuk kinerja terbaik. Untuk beberapa pengguna, UI komputer kalian mungkin terasa sedikit tidak aktif. Jika demikian, kalian dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur sesuai pilihan kalian.pilihan kinerja
  6. Klik Terapkan, lalu OK.

Ubah Pengaturan Manajemen Daya Prosesor

Jika kalian menjalankan chip Intel, menurunkan status prosesor daya maksimum ke 99% dapat meningkatkan kinerja CPU kalian pada suhu yang lebih rendah. Ketika kalian telah mengatur prosesor daya maksimum ke 100%, prosesor akan menggunakan semua sumber dayanya, menghabiskan lebih banyak daya dan menyebabkan suhu CPU naik. Dan dengan demikian, prosesor akan memulai pelambatan termal, menurunkan kinerjanya.

Pada 99%, kipas CPU tidak akan berputar pada RPM tinggi dan tidak akan memiliki suhu yang ekstrim. Jadi, CPU akan bekerja lebih baik dengan suhu yang lebih rendah.

  1. tekan Windows + tombol R untuk buka Jalankan.
  2. Jenis powercfg.cpldan tekan Enter ke buka Opsi Daya.
  3. Klik Ubah pengaturan paket pada rencana yang dipilih.
  4. Klik Ubah pengaturan daya lanjutan.
  5. Mengembangkan Manajemen daya prosesordan kemudian memperluas Status Prosesor Maksimum.
  6. Atur Baterai dan Dicolokkan pada 99%.
    status prosesor maksimum

Akhiri Latar Belakang Dan Aplikasi Startup

Beberapa aplikasi dapat berjalan di latar belakang sejak awal saat kalian menghidupkan komputer. Aplikasi ini akan memakan sumber daya, sehingga kinerja komputer menjadi rendah. Oleh karena itu, sebaiknya kalian mengakhiri aplikasi latar belakang yang tidak perlu dan menonaktifkan aplikasi yang dimulai secara otomatis saat memulai menggunakan Pengelola Tugas.

Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk mengakhiri proses latar belakang dan menonaktifkan aplikasi startup.

  1. Tekan Ctrl + Shift + Esc secara bersamaan untuk buka Pengelola Tugas.
  2. Klik Keterangan lebih lanjut jika window hanya menunjukkan daftar aplikasi yang sedang berjalan.
  3. Di bawah proses Latar Belakang, klik aplikasi yang membutuhkan banyak sumber daya CPU. Sekarang, klik Tugas akhir.
    Tugas akhir
  4. Sekarang, Pergi ke Memulai tab.
  5. Klik kanan pada aplikasi dengan Dampak startup tinggi atau rendah, dan nonaktifkan.Nonaktifkan Startup Berdampak Tinggi

Ubah Pasta Termal

Ubah Pasta Termal

CPU dengan pasta termal kering melakukan pekerjaan yang buruk dalam membuang panas ke unit pendingin. Hal ini menyebabkan kenaikan suhu CPU.

Setelah suhu CPU mencapai suhu tertentu, ia menurunkan kinerja untuk mencegah dirinya dari kerusakan akibat panas yang ekstrem. Ini disebut pelambatan termal. Jadi, jika kalian menemukan bahwa CPU kalian tidak berfungsi seperti dulu, coba ubah pasta termal.

Bersihkan Heat Sink Dan Kipas Angin

Bersihkan heatsink & kipas CPU

Debu yang menempel di unit pendingin memerangkap panas, dan kipas pendingin tidak akan bisa mendinginkannya. Selain itu, saat RPM kipas pendingin CPU juga berkurang saat debu menempel pada bilahnya.

Setelah debu masuk ke kompartemen unit pendingin dan kipas, ia tidak akan mendinginkan PC dengan baik. Dan seperti yang dibahas di atas, CPU akan mulai throttle termal.

Gunakan sekaleng udara bertekanan untuk membersihkan unit pendingin CPU dan kipas pendingin.

Overclock CPU

overclock CPU

Overclocking CPU meningkatkan kecepatan clock dan membuatnya berjalan pada kecepatan yang lebih tinggi dari yang dimaksudkan semula. Ini akan menghasilkan peningkatan kinerja komputer secara keseluruhan dan peningkatan FPS dalam game.

Saat kalian melakukan overclock CPU, kalian secara bersamaan meningkatkan kecepatan clock, dan voltase dipasok ke CPU hingga sistem menjadi tidak stabil. Mari kita sebut ini titik yang tidak stabil. Setelah tidak stabil, itu mati. Dan sekarang kalian mengatur kecepatan dan tegangan jam di bawah titik tidak stabil ini.

Namun, satu kelemahan overclocking adalah CPU akan bekerja lebih panas dan kipas CPU akan berputar pada RPM yang lebih tinggi sehingga menimbulkan kebisingan.

Tingkatkan Komponen PC

Jika kalian memiliki CPU kelas atas yang dipasangkan dengan komponen perangkat keras berperforma buruk seperti RAM atau GPU, kalian tidak akan dapat memanfaatkan seluruh kinerja CPU. Ini disebut kemacetan.

Ketika CPU kalian mengalami kemacetan, ia tidak dapat mencapai potensinya karena komponen perangkat keras yang berkinerja buruk. Memutakhirkan komponen ini akan membuat CPU kalian bekerja lebih baik jika mengalami kemacetan.

Tinggalkan komentar