5 Motherboard Intel Terbaik Di Pasar

Ketika datang ke motherboard, kalian memiliki banyak pilihan untuk dibuat. Namun, jika kalian di sini, kalian mungkin sudah membuat setidaknya satu dari mereka: kalian telah memilih Intel daripada AMD. Jika kalian ingin menghemat lebih banyak pilihan dan penelitian, bertahanlah. Kami telah mengumpulkan motherboard Intel terbaik tersedia tahun ini.

Tergantung pada kebutuhan kalian, salah satu dari motherboard ini bisa menjadi sempurna untuk PC build kalian…jadi mari kita langsung ke dalamnya!

Motherboard Intel Terbaik

MSI B360M PRO-VH – Motherboard Intel Anggaran Terbaik

Yang pertama adalah pilihan kami untuk motherboard Intel anggaran terbaikMSI B360M PRO-VH. B360M PRO-VH adalah salah satu dari motherboard Intel termurah di pasaran, tetapi untungnya, itu tidak mengorbankan kualitas dan keandalan bangunan.

Sejauh tambahannya, tidak banyak yang perlu disebutkan di sini tetapi tidak seperti beberapa motherboard entry-level, motherboard ini dikirimkan dengan slot Turbo M.2 SSD. Ini berarti akan menggunakan bandwidth PCI Express saat digunakan, memungkinkannya mencapai kecepatan yang lebih tinggi daripada yang mungkin dengan SSD SATA selama kalian menggunakan SSD NVMe, tentu saja.

Selain dukungan SSD berkecepatan tinggi, yang tersisa adalah pengalaman yang agak sederhana. Untungnya, kontrol kualitas MSI berarti bahwa pengalaman ini masih lebih dari cukup untuk basic PC desktop atau PC gaming tingkat pemula.

Kelebihan:

  • Harga rendah
  • Dukungan M.2 berkecepatan tinggi
  • Kualitas bangunan bagus
Kontra:

  • Tidak ada fitur tambahan untuk dibicarakan

Tangkapan

Benar-benar tidak ada masalah dengan motherboard ini, tidak ada tambahan untuk dibicarakan. Jika kalian beroperasi dengan anggaran terbatas, ini jelas merupakan salah satu opsi terbaik. Ini juga Micro ATX, yang membantu jika kalian menginginkan PC yang lebih kecil.

ASUS TUF Z390-Plus Gaming – Motherboard Intel Gaming Terbaik

ASUS TUF Z390-Plus Gaming – Motherboard Intel Gaming TerbaikSelanjutnya adalah ASUS TUF Z390-Plus Gaming, pilihan kami untuk motherboard Intel gaming terbaik. Kami hanya akan menyebutnya “ASUS TUF” mulai sekarang, dan sekarang kami akan menjelaskan bagaimana ia mendapatkan gelar ini.

Apa yang membuat ASUS TUF sebagai motherboard gaming yang ideal adalah fakta bahwa motherboard ini dibuat secara khusus untuk tujuan tersebut. Papan ini tidak dibangun di sekitar pencahayaan RGB atau ukuran kecil: semua yang difokuskan adalah kinerja, yang berarti chipset Z390, beberapa slot M.2 berkecepatan tinggi, dan bahkan Wi-Fi untuk gamer saat bepergian.

Selain dukungan overclocking dan fitur lain yang telah kami sebutkan, papan ini juga cukup kokoh dan dibangun dengan baik secara umum. Moniker “TUF” (diucapkan “tangguh”) diterima dengan baik di sini, yang berarti motherboard ini harus memiliki masa pakai yang lama.

Kelebihan:

  • Kualitas bangunan yang bagus
  • Dukungan overclocking
  • Dukungan M.2 yang luar biasa
  • Wi-Fi bawaan
Kontra:

Tangkapan

Satu-satunya masalah nyata dengan motherboard ini adalah harganya yang relatif tinggi, tetapi tidak khususnya buruk bila ditempatkan berdampingan dengan motherboard Z390 lainnya. Meskipun harga ini tidak masuk akal jika dibandingkan dengan motherboard pesaing di pasar, kami tahu bahwa titik harga ~$170 akan sulit diterima oleh banyak gamer, terutama mereka yang memiliki anggaran terbatas.

ASRock Z370M-ITX/AC – Motherboard Intel Mini ITX Terbaik

ASRock Z370M-ITX/AC – Motherboard Intel Mini ITX TerbaikPilihan kami untuk motherboard Mini ITX Intel terbaik adalah ASRock Z370M-ITX/AC. Meskipun namanya sangat membosankan, ini adalah penawaran yang cukup lengkap.

Pertama dan terpenting, kalian memiliki 6 port SATA penuh yang tersedia meskipun ini adalah papan ITX. Selain itu, kalian juga memiliki satu slot M.2, yang diatur untuk berjalan dengan dukungan penuh PCI Express, memungkinkan penggunaan SSD NVMe.

Fitur lain yang ditawarkan termasuk port dual Intel Ethernet, built-in Wi-Fi dan Bluetooth dengan antena yang disertakan, dan tata letak ramah pembangun yang mengejutkan. Motherboard ITX biasanya jauh lebih sulit untuk dibangun, tetapi izin M.2 dan GPU keduanya cukup jelas, dan port SATA tambahan tidak menghalangi apa pun.

Jika kalian ingin membangun PC SFF, papan ini sangat cocok untuk memulai. Plus, biasanya dijual seharga sekitar $ 130… yang tidak buruk untuk papan ITX, terutama yang memiliki chipset Z370 yang akan mendukung overclocking CPU.

Kelebihan:

  • Kualitas bangunan yang bagus
  • Dukungan overclocking
  • dukungan M.2
  • Wi-Fi bawaan
  • Ukuran terkecil
Kontra:

  • Slot RAM lebih sedikit, kelemahan ITX lainnya

Tangkapan

Satu-satunya kelemahan nyata di sini terkait dengan kompromi yang disebabkan oleh ITX secara umum (yaitu, lebih sedikit slot RAM). Karena kebanyakan orang tidak menjalankan konfigurasi quad-channel, kalian mungkin akan baik-baik saja.

MSI MPG Z390 Gaming Edge AC – Motherboard Intel RGB Terbaik

MSI MPG Z390 Gaming Edge AC Pilihan kami untuk motherboard Intel RGB terbaik juga merupakan pesaing kuat untuk motherboard Intel keseluruhan terbaik. Perkenalkan MSI MPG Z390 Gaming Edge AC (coba ucapkan tiga kali lebih cepat), yang akan kami sebut MPG MSI mulai sekarang.

Pertama dan terpenting, mari kita bicara tentang RGB. Yang terpancar dari bagian belakang motherboard ini adalah lampu latar RGB yang akan menerangi bagian dalam casing kalian. Lampu latar ini dapat disinkronkan dengan periferal dan komponen RGB lain di sistem kalian melalui MSI Mystic Light, yang memiliki dukungan jangkauan paling luas untuk komponen RGB di pasar.

Selain pencahayaan dan perangkat lunak RGB onboard, kalian juga memiliki kelimpahan dari header RGB onboard.

Di luar RGB, board ini juga dikemas dengan cukup baik secara umum, dari perspektif fitur. kalian memiliki banyak slot ekspansi, dukungan overclocking, Wi-Fi internal, USB 3.1 Gen2, dan 2 slot turbo M.2.

Berusaha sekuat tenaga, kami benar-benar tidak dapat menemukan apa pun yang hilang di sini.

Kelebihan:

  • Kualitas bangunan yang bagus
  • Dukungan overclocking
  • Dukungan M.2 yang bagus
  • Wi-Fi bawaan
  • Dukungan dan pencahayaan RGB yang luar biasa
Kontra:

Tangkapan

Satu-satunya masalah nyata yang dimiliki motherboard ini adalah harganya, tetapi meskipun demikian, harganya tidak terlalu mahal dibandingkan motherboard Z370 dan Z390 lainnya. Jika kalian seorang fanatik RGB atau hanya menginginkan papan permainan yang bagus, sulit untuk salah memilihnya.

MSI X299 Gaming PRO Carbon AC – Motherboard Intel X299 Terbaik

MSI X299 Gaming PRO Karbon ACLast but not least adalah MSI X299 Gaming Pro Carbon AC, yang akan kami sebut sebagai MSI Carbon mulai sekarang. Ini adalah pilihan kami untuk motherboard Intel X299 terbaik, dan bahkan pandangan sekilas mungkin akan mengungkapkan alasannya.

Lihat monster ini!

Ini memiliki empat slot PCI Express x16, yang semuanya dinilai untuk berjalan pada bandwidth penuh secara bersamaan. Ini memiliki dua dudukan M.2 berpelindung, yang juga mendukung bandwidth PCI E. Dan memiliki 8 slot RAM, yang merupakan mimpi untuk konfigurasi Quad Channel RAM.

MSI Carbon bahkan dilengkapi dengan antena untuk Wi-Fi internal dan pencahayaan RGB onboard!

Sejauh motherboard X299 pergi, kami benar-benar kesulitan untuk menemukan papan yang lebih lengkap fitur dari yang satu ini.

Kelebihan:

  • Kualitas bangunan bintang
  • Dukungan overclocking
  • Dukungan M.2 yang luar biasa
  • Pencahayaan dan dukungan RGB yang luar biasa
  • Satu ton slot PCI Express
Kontra:

Tangkapan

Satu-satunya downside nyata dari papan ini adalah titik harga, yang terlalu tinggi. Tapi begitu juga prosesor yang kompatibel yang kalian perlukan, dan motherboard Intel X299 secara umum jika kalian mempertimbangkan yang satu ini, kemungkinan kalian sudah memiliki uang.

Apa yang membuat motherboard Intel berbeda dari motherboard AMD?

Motherboard Intel jauh lebih ketat tentang dukungan overclocking. Jika kalian ingin melakukan overclock pada motherboard Intel, kalian memerlukan chipset seri Z atau X yang kompatibel dan prosesor Intel seri -K atau -X yang kompatibel.

AMD lebih lemah dalam hal ini, hanya membutuhkan chipset yang mendukung OC.

Apa yang membuat prosesor Intel berbeda dari prosesor AMD?

Ini adalah pertanyaan yang lebih signifikan.

Secara umum, berikut ini benar.

Prosesor Intel adalah:

  • Lebih kuat dalam performa single-core, menjadikannya ideal untuk sebagian besar game
  • Tidak sekuat dalam aplikasi multi-utas, seperti streaming langsung atau rendering video
  • Tidak cocok untuk bermain game dengan grafis terintegrasi
  • Lebih mahal

Prosesor AMD adalah:

  • Lebih kuat dalam aplikasi multi-utas, menjadikannya ideal untuk streaming langsung dan rendering video
  • Tidak sekuat dalam aplikasi inti tunggal, yang dapat menurunkan framerate di beberapa game
  • Memiliki grafis terintegrasi yang jauh lebih unggul (saat menggunakan APU)
  • Lebih murah

Salah satu platform adalah pilihan yang bagus, tetapi kebutuhan kalian mungkin cocok dengan yang lain. Jangan ragu untuk membaca dengan teliti panduan kami yang lain jika kalian ingin naik kereta AMD.

Panduan Chipset Intel

Chipset dapat sedikit membingungkan untuk dinavigasi, terutama untuk pendatang baru, jadi kami akan memberikan semua informasi yang perlu kalian ketahui di sini.

Intel Seri B dan H (B360 dan H170)

  • Cukup murah
  • Beberapa fitur tambahan dan dukungan M.2/multi-GPU terbatas
  • Tidak ada dukungan overclocking

Chipset seri B dan H adalah penawaran anggaran Intel. Chipset ini ditargetkan untuk pengguna umum dan anggaran, dan kehilangan banyak fitur yang berfokus pada game.

Intel Seri Z (Z370 dan Z390)

  • Agak mahal
  • Banyak fitur tambahan, termasuk pengaturan multi-M.2 dan multi-GPU
  • Dukungan overclocking
  • USB 3.1 Gen2 (hanya Z390)

Chipset Seri Z ideal untuk sebagian besar gamer, berkat dukungan overclocking dan bandwidth yang lebih besar untuk pengaturan multi-GPU dan multi-M.2. Meskipun ini adalah peningkatan harga yang mencolok dibandingkan dengan chipset Seri B dan H, ini adalah satu-satunya pilihan kalian jika kalian berencana untuk melakukan overclock pada CPU Intel K-Series.

Intel Seri X (X299)

  • Sangat mahal
  • Semua fitur, termasuk dukungan overclocking
  • Satu-satunya pilihan jika kalian menggunakan prosesor X-Series

Terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah chipset X299 atau chipset Intel X Series. Ini dicadangkan secara eksklusif untuk prosesor Intel Core i9, yang biasanya dianggap berlebihan untuk tujuan game. Ini adalah tingkat tertinggi dalam segala hal, jadi jauhi ini kecuali kalian tahu persis apa yang kalian lakukan.

FAQ

Apakah Aku memerlukan dukungan overclocking pada motherboard Aku?

Tidak membutuhkan overclocking dengan imajinasi apa pun.

Namun, overclocking sangat bagus untuk dimiliki. Jika kalian seorang penggemar yang ingin mendorong perangkat keras kalian ke potensi maksimalnya, maka motherboard yang mendukung overclocking jelas merupakan cara yang tepat. Bahkan jika kalian tidak berencana melakukannya pada hari pertama, peningkatan di masa mendatang untuk pengaturan pendinginan kalian dan overclock yang besar dan kuat dapat membantu PC kalian tetap terdepan hanya untuk sedikit lebih lama.

Manfaat motherboard yang mendukung overclocking berarti kalian akan dapat memeras lebih banyak kinerja dari perangkat keras kalian. Ini berarti waktu render yang lebih cepat, kinerja yang lebih baik dalam game, dan lain-lain. Namun, keuntungan ini umumnya akan sedikit.

Apakah motherboard Aku akan mempengaruhi kinerja game?

Jawaban singkat: tidak.

Jawaban yang lebih panjang: ya, tetapi hanya dalam satu skenario tertentu.

Skenario khusus itu terkait dengan – kalian dapat menebaknya – overclocking. Overclocking CPU kalian akan meningkatkan kinerja dalam game kalian dengan margin yang cukup baik di sebagian besar skenario, tetapi hanya jika CPU dan motherboard kalian mendukungnya. Namun, ini adalah satu-satunya masalah terkait kinerja yang nyata dalam hal motherboard, dan ini bukan a besar sekali perbedaan oleh setiap imajinasi.

Dapatkah Aku menggunakan CPU yang dapat di-overclock pada motherboard yang tidak mendukung overclocking atau sebaliknya?

Ya, tetapi kalian tidak dapat melakukan overclock CPU.

Apakah ukuran motherboard penting?

Dalam hal fungsionalitas dan kinerja, tidak.

Dalam hal kemudahan penggunaan dan perluasan, ya, sedikit bagus.

Papan ATX standar adalah yang terbesar dan menawarkan ekspansi paling banyak, menjadikannya ideal untuk pembuat pertama kali dan mereka yang ingin menyiapkan multi-hard disk. Papan Mini ITX hanya memiliki ekspansi minimal dengan imbalan faktor bentuk yang kecil, dan Micro ATX menempati ruang di antara keduanya.

Pada akhirnya, ukuran akan menjadi masalah preferensi pribadi, kecuali jika kalian berencana menjalankan pengaturan multi-GPU atau multi-drive. Dalam kasus tersebut, lebih besar lebih baik, dan lebih besar adalah ATX.

Tinggalkan komentar